Bapenda Lampung Jamin Razia Pajak di SPBU Sebatas Edukasi dan Imbauan

Kegiatan tidak dimaksudkan penegakan hukum

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung angkat bicara ihwal rencana penerapan kebijakan razia kendaraan menunggak pajak di area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bakal diumumkan melalui alat pengeras suara.

Sekretaris Bapenda Lampung, Jon Novri mengatakan, penerapan kebijakan itu bukan dimaksudkan sebagai kegiatan razia maupun penegakan hukum, melainkan sebatas mengingatkan sekaligus mengedukasi masyarakat.

"Tidak dalam bentuk penindakan, tapi lebih daripada memberikan edukasi kepada masyarakat yang menunggak pajak kendaraan, supaya taat membayar pajak," ujarnya di Pemprov Lampung, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: Razia Pajak Kendaraan di SPBU, Pemprov Lampung: Bukan Buka Aib Orang

1. Sebatas pendataan dan imbauan

Bapenda Lampung Jamin Razia Pajak di SPBU Sebatas Edukasi dan ImbauanSekretaris Bapenda Lampung, Jon Novri saat dimintai keterangan di Pemprov Lampung soal penerapan razia pajak kendaraan di SPBU. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menurut Novri, penerapan kebijakan tersebut hampir serupa dengan beberapa kegiatan sosialisasi taat pajak telah digalakkan Pemprov Lampung di sejumlah fasilitas publik lainnya di beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan lokasi sosialisasi tersebut berpindah di sejumlah fasilitas SPBU, dengan mengerahkan petugas melakukan pendataan dan memberikan imbauan kepada penunggak pajak.

"Dalam kegiatan ini kita melakukan imbauan dan edukasi, bukan melakukan penindakan ataupun penegakan hukum. Jadi lebih kepada mengedukasi jika kendaraan dia mati pajak," jelasnya.

2. Berharap gugah hati masyarakat lebih taat pajak

Bapenda Lampung Jamin Razia Pajak di SPBU Sebatas Edukasi dan ImbauanIlustrasi Pajak (IDN Times/Arief Rahmat)

Novri mengklaim, pihaknya selama ini telah memberikan kemudahan layanan menyangkut pembayaran pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat pedesaan hingga perkotaan di Lampung. Misalnya, menghadirkan akses layanan digital.

Oleh karena itu, kegiatan pendataan kendaraan menunggak pajak di area SPBU ini, pihaknya berharap mampu menggugah hati untuk taat urusan membayar pajak.

"Jadi harapan kita, kegiatan di SPBU ini bisa mengedukasi masyarakat ternyata bayar pajak itu sudah banyak pilihannya," harap dia.

3. Pelaksanaan dipastikan secara humanis

Bapenda Lampung Jamin Razia Pajak di SPBU Sebatas Edukasi dan ImbauanIlustrasi SPBU di Provinsi Lampung. IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Novri menegaskan, pelaksanaan pendataan kendaraan menunggak pajak di area SPBU bakal dilakukan petugas dengan cara-cara ataupun mekanisme humanis.

"Saya garis bawahi insyaAllah pelaksanaannya pasti akan dilakukan secara baik, secara santun dan humanis dari petugas di lapangan," tandasnya.

Baca Juga: Akademisi Nilai Kebijakan Razia Pajak di SPBU Lampung Imbas Buntu Akal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya