Comscore Tracker

Bandar Lampung PPKM Level IV, Polda Lampung Patroli Skala Besar

Upaya memberi rasa aman dan tenang di masa PPKM Level 4

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung dan Polres jajaran melaksanakan Patroli Skala Besar di tengah penerapan kebijakan PPKM Level 4 di Kota Bandar Lampung. Dalam instruksi Kapolri tersebut, kepolisian ikut membagikan ratusan paket bantuan sosial (bansos) ke masyarakat terdampak PPKM.

Patroli skala besar ini melibatkan ratusan personel gabungan terdiri dari TNI-Polri dan instansi terkait. Person terbagi menjadi dua tim dan bertugas menyusuri jalan-jalan protokol Kota Bandar Lampung.

Terlihat iring-iringan kendaraan sambil membunyikan sirine dan menghidupkan rotator, terus-menerus mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan sesekali berhenti. Itu guna memberikan paket bansos kepada masyarakat di tepi jalan raya.

Baca Juga: Duh! Pemprov Lampung Akui Kekurangan 13.515.937 Dosis Vaksin

1. Memberikan rasa aman dan tenang pada masyarakat

Bandar Lampung PPKM Level IV, Polda Lampung Patroli Skala BesarPatroli skala besar Polda Lampung dan Polres jajaran (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, pelaksanakan kegiatan ini bukan ajang penindakan, melainkan sebatas seruan untuk mematuhi prokes lebih ketat di masa PPKM Level 4.

Selain itu, kepolisian juga membagikan paket bansos terhadap warga terdampak COVID-19, seraya memberikan rasa aman dan tenang kepada masyarakat di tengah pandemikdemi COVID-19.

“Ini bukti bahwa negara hadir ditengah masyarakat. Bansos disalurkan pemerintah melalui TNI-Polri ini bertujuan untuk membantu, serta meringankan beban masyarakat di tengah pemberlakuan PPKM Level 4 saat ini,” ujar Pandra, Jumat (23/7/2021) malam.

2. Warga belum menerima paket bansos, segera lapor Bhabinkamtibmas

Bandar Lampung PPKM Level IV, Polda Lampung Patroli Skala BesarPatroli skala besar Polda Lampung dan Polres jajaran (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Patroli skala besar ini juga merupakan salah satu bentuk upaya kepolisian, untuk menjaga keselamatan bagi seluruh masyarakat Lampung, khusus Kota Bandar Lampung.

Pandra menyampaikan, tentunya semua pihak berharap laju pertumbuhan COVID-19 dapat cepat menurun, sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas normal kembali.

“Sesuai arahan bapak Kapolri, kami dari Polda Lampung dan Polres jajaran akan kembali mengirimkan bantuan sosial baik diberikan dari pemerintah ataupun Polri. Warga juga bisa menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas apabila ada tetangganya, yang belum mendapatkan bantuan sosial,” pungkas dia.

3. PKL akui baru menerima bantuan

Bandar Lampung PPKM Level IV, Polda Lampung Patroli Skala BesarPatroli skala besar Polda Lampung dan Polres jajaran (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Joko, salah satu Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Lampung Elephant Park mengatakan, sama sekali belum menerima bantuan dari pemerintah kota setempat. Oleh karena itu, ia sangat bersyukur mendapatkan dari Polri ini.

"Sama sekali belum pernah mendapat dari Pemkot. Terimakasih banyak bantuannya dari bapak Polri, ini sangat membantu untuk saya dan istri," katanya.

Menurut Joko, bantuan tersebut sangat berarti. Terlebih usahanya sebagai penjual telor gulung kini tidak lagi seramai sebelum PPKM Darurat ataupun PPKM Level 4.

"Kita buka biasa dari sore sampai jam 9 malam, tapi ya tetap saja sepi. Maka itu kita sangat membutuhkan perhatian, mudah-mudahan juga COVID-19 bisa segera hilang dan bisa hidup normal lagi," tandas dia.

Baca Juga: Beli Oksigen di Bandar Lampung Harus Ada Surat Kepala Puskesmas?

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya