Alhamdulillah! Jemaah Haji Asal Lampung Hilang di Tanah Suci Ditemukan

Dijadwalkan tiba di Tanah Air 24 Juli 2024

Bandar Lampung, IDN Times - Jemaah haji asal Lampung Utara, Endang Yunita Suryani (41) sempat dinyatakan hilang di Tanah Suci telah ditemukan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia, Jumat (21/7/2023) malam Waktu Arab Saudi (WAS).

Endang Yunita Suryani merupakan jemaah tergabung kelompok terbang (Kloter) JKG 41, dengan nomor paspor E 0763288. Ia sempat terpisah dari rombongan saat hendak bertolak ke Tanah Air.

"Alhamdulillah, jemaah atas nama Endang Yunita Suryani dengan ini kami informasikan, bahwa semalam yang bersangkutan telah ditemukan oleh petugas," ujar Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo, Sabtu (22/7/2023).

Baca Juga: Hendak Cari Sinyal, Jemaah Haji Lampung Utara Hilang di Tanah Suci

1. Jemaah ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat

Alhamdulillah! Jemaah Haji Asal Lampung Hilang di Tanah Suci DitemukanKakanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo. (Dok. Kemenag Lampung).

Atas kembalinya jemaah Endang Yunita Suryani, Puji menyampaikan rasa terima kasih terhadap petugas PPIH Indonesia di Arab Saudi dan segenap masyarakat Provinsi Lampung, telah mendoakan upaya pencarian.

Termasuk memberikan dukungan moril terhadap pihak keluarga di Provinsi Lampung, hingga akhirnya jemaah Endang Yunita Suryani bisa ditemukan.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, sehingga akhirnya yang bersangkutan bisa ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat," pungkasnya.

2. Jemaah Endang dijadwalkan tiba di Lampung 24 Juli 2024

Alhamdulillah! Jemaah Haji Asal Lampung Hilang di Tanah Suci DitemukanIlustrasi jemaah haji (dok. Angkasa Pura I)

Lebih lanjut Puji menyampaikan, jemaah Endang Yunita Suryani rencananya akan diterbangkan dan dipulangkan ke Tanah Air menuju Provinsi Lampung bergabung dengan kloter JKG 49.

"InsyaAllah yang bersangkutan akan mendarat dan tiba di Asrama Haji Lampung pada 24 Juli 2023 sekira pukul 14.40 WIB," ucap kakanwil.

Ia pun berharap proses pemulangan tersebut dapat berjalan lancar dan sesuai rencana. "Mudah-mudahan proses pengulangan ini tidak terkendala apapun dan yang bersangkutan bisa segera berkumpul kembali dengan keluarga di Tanah air," sambung Puji.

3. Motif dan penyebab hilangnya jemaah belum diketahui

Alhamdulillah! Jemaah Haji Asal Lampung Hilang di Tanah Suci DitemukanSuasana Jemaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Ihwal motif atau penyebab menghilang jemaah Endang Yunita Suryani, Puji belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Kendati demikian, jemaah asal Lampung Utara tersebut dipastikan dalam keadaan sehat dan selamat.

"Belum ada keterangan resmi dari Daker atau sektor maupun yang bersangkutan. Tapi yang pasti, saat ini yang bersangkutan dalam pengamanan dan penjagaan sektor 8 dan juga bagian perlindungan jamaah (Linjam) 8," tandas kakanwil.

Baca Juga: Jemaah Haji Asal Lampung Hilang di Tanah Suci Sempat Unggah Status WA

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya