Comscore Tracker

775 Personel Polisi Bersiap Amankan Apeksi 2022 di Bandar Lampung

Pengamanan mulai dari kedatangan hingga kepulangan tamuu

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 775 personel Polda Lampung bersama Polresta Bandarlampung siap mengamankan kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-22. Kegiatan itu dijadwalkan berlangsung selama 27-29 Mei 2022 mendatang.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, para anggota kepolisian tersebut nantinya akan ditempatkan di setiap kegiatan pelaksanaan Apeksi.

"Kurang lebih 775 personel, kegiatan PAM Apeksi di bawah kendali Polresta Bandar Lampung. Polda dalam hal ini sifatnya hanya penebalan personel Polresta, demi keamanan jalannya kegiatan," ujarnya, saat dimintai keterangan, Kamis (26/5/2022).

1. Pengamanan tamu langsung diberikan sejak kedatangan ke Lampung

775 Personel Polisi Bersiap Amankan Apeksi 2022 di Bandar LampungKabidhumas Polda Lampung, Zahwani Pandra Arsyad. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pandra menambahkan, kegiatan PAM sendiri langsung dilaksanakan mulai dari kedatangan para peserta di Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan hingga menuju hotel tempat para peserta menginap.

Selain itu, PAM juga akan dilaksanakan di lokasi kegiatan gowes sepeda santai, kunjungan destinasi wisata, dan sentra UMKM, serta workshop nasional.

"Giat gowes sepeda diikuti oleh para wali kota beserta jajarannya yang dimulai dari kantor wali kota melewati taman UMKM Bung Karno, dan akan diakhiri di rumah dinas wali kota," terangnya.

Baca Juga: HUT APEKSI 2022 akan Gandeng Muli Mekhanai jadi Tour Guide Wali Kota

2. Para wali kota dijadwalkan mengunjungi destinasi wisata hingga sentra UMKM

775 Personel Polisi Bersiap Amankan Apeksi 2022 di Bandar LampungTaman Wisata Bumi Kedaton beralamatkan di Jalan WA Rahman, Nomor 1-2-3, Batu Putu, Telukbetung Utara, Bandar Lampung, Provinsi Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Menurut Pandra, para wali kota beserta jajaran diketahui nantinya akan melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata dan sentra UMKM keripik, kopi, sulam tapis, dan sulam usus.

"Terakhir workshop nasional bekerja sama dengan CSEAS akan diikuti oleh para Kadis Perindustrian dan Perdagangan dari 98 Pemerintah Kota anggota Apeksi," katanya.

3. Polresta Bandar Lampung siapkan seluruh personel

775 Personel Polisi Bersiap Amankan Apeksi 2022 di Bandar LampungKapolresta Bandar Lampung, Ino Harianto. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kapolresta Polresta Bandar Lampung, Kombes Pol Ino Harianto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan seluruh personel dalam kegiatan pengamanan Apeksi ke-22 tersebut. Tujuannya, tentu guna menjamin keamanan, kelancaran, dan ketertiban.

"Kami tentunya akan mengerahkan seluruh personel untuk melakukan pengamanan dalam HUT APEKSI ke-22 nanti. Kami pastikan kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan tertib," katanya.

Menurut Ino, kepolisian setempat juga sudah menyiapkan langkah-langkah pengamanan dan pengawalan mulai dari kedatangan, kunjungan, hingga kepulangan para tamu undangan. "Sudah kami susun semua rencana pengamanan ini, kami jug akan menempatkan anggota-anggota di titik-titik lokasi kegiatan," lanjut dia.

4. Posko pengamanan juga didirikan di hotel tamu menginap

775 Personel Polisi Bersiap Amankan Apeksi 2022 di Bandar LampungHotel Horison (Instagram/@horisonlampung)

Lebih lanjut Ino mengungkapkan, anggota TNI-Polri juga akan menempatkan dan mendirikan posko-posko pengamanan di hotel-hotel tempat para tamu menginap.

"Anggota TNI-POLRI akan berjaga 1 kali 24 jam di posko tempat menginap atau hotel para tamu. Kami pastikan kegiatan akan berjalan lancar," tandas dia.

Baca Juga: Pemkot Balam Klarifikasi Mobil Alphard untuk Wali Kota Medan Bobby

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya