7.050 Calhaj Lampung Berangkat ke Tanah Suci, Termuda Usia 18 Tahun

Jemaah tertua 97 tahun dan termuda 18 tahun

Bandar Lampung, IDN Times - Jemaah haji asal Provinsi Lampung mulai diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah, Rabu (24/5/2023). Total seluruh jemaah calon haji 2023 asal Lampung sebanyak 7.050 orang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung, Puji Raharjo mengatakan, seluruh jemaah calon haji itu akan didampingi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter berjumlah 90 orang, Petugas Haji Daerah 44 orang, dan Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) 12 orang.

"Untuk jamaah haji tertua dari Lampung berusia 97 tahun atas nama Bapak Sunjani asal Kota Bandar Lampung dan jamaah haji termuda usia 18 tahun atas nama Rahmat Nur Beni asal Kabupaten Lampung Tengah," ujarnya, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: Bandara Radin Inten Embarkasi Haji Antara, Siap Layani 6.975 Jemaah

1. Pemerintah daerah subsidi keberangkatan dan kepulauan jemaah

7.050 Calhaj Lampung Berangkat ke Tanah Suci, Termuda Usia 18 TahunJemaah haji asal Provinsi Lampung mulai diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah, Rabu (24/5/2023).

Selaku Kepala Staf Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Antara 2023/1444 Hijriah, Puji mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah telah banyak memberikan arahan dan dukungan, guna memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji.

Termasuk urusan dukungan subsidi keberangkatan jemaah dari Bandara Radin Inten II - Soekarno Hatta dan sebaliknya saat kepulangan.

"Alhamdulillah semua dapat subsidi dari bapak gubernur baik keberangkatan dan juga kepulangan," katanya.

2. Kloter pertama Provinsi Lampung tergabung dalam Kloter 2 JKG

7.050 Calhaj Lampung Berangkat ke Tanah Suci, Termuda Usia 18 TahunJemaah haji asal Provinsi Lampung mulai diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah, Rabu (24/5/2023).

Dalam proses keberangkatan jemaah calon haji 2023, pemerintah daerah juga telah melepas jemaah kloter pertama Provinsi Lampung yang tergabung dalam Kloter 2 JKG.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi turut berpesan kepada seluruh jemaah, untuk selalu menaati berbagai peraturan, selalu tertib, dan khidmat dalam melaksanakan ibadah haji. Diharapkan seluruh jemaah calon haji dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah dengan sebaik- baiknya.

"Mudah-mudahan seluruh jemaah Lampung dapat memperoleh haji yang mabrur dan kembali ke Tanah Air berada dalam keadaan sehat," katanya.

3. Gubernur minta doa agar Lampung terhindar fitnah

7.050 Calhaj Lampung Berangkat ke Tanah Suci, Termuda Usia 18 TahunJemaah haji asal Provinsi Lampung mulai diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah, Rabu (24/5/2023).

Lebih lanjut Arinal juga meminta kepada para jemaah haji untuk mendoakan Provinsi Lampung senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, sehingga dapat tetap tentram, aman dan terhindar dari semua fitnah maupun bencana.

Ia menyebutkan Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen, untuk terus mendukung dan memfasilitasi kebutuhan kebutuhan jemaah calon haji. Termasuk bekerja sama dengan stakeholder untuk memastikan segala persiapan dan pengaturan telah terpenuhi dengan baik.

"Kepada para pembimbing dan petugas haji, untuk melakukan tugasnya dalam membimbing jemaah dengan baik, sehingga dapat tertib dan sukses dalam melaksanakan ibadahnya," tandas gubernur.

Baca Juga: Berangkat Haji Usia 97 Tahun, Ini Rahasia Sehat Kakek Sunjani

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya