3 DNA Mayat Tanpa Kepala di Lampung Dipastikan Korban Kecelakaan Kapal

Hasil pencocokan dengan sampel DNA warga Indramayu

Bandar Lampung, IDN Times - Hasil tes DNA 3 dari 4 mayat tanpa kepala ditemukan di perairan pesisir pantai Kabupaten Lampung Selatan dan Tanggamus dinyatakan cocok dengan keluarga para korban kecelakaan kapal nelayan Bintang Mutiara Jaya di perairan laut Jawa pada akhir Agustus 2023.

Kabid Dokkes Polda Lampung, Kombes Pol Mardi Sudarman mengatakan, pencocokan terhadap DNA empat mayat tersebut dilakukan dengan pembanding terhadap 7 sampel DNA warga asal Indramayu, Jawa Barat.

"Hasil kesimpulan saat ini yang didapat, dari 4 mayat dilakukan pemeriksaan 3 mayat cocok dengan 7 sampel pembanding, dan 1 mayat tidak cocok atau belum teridentifikasi," ujarnya saat konferensi pers di Siger Louge Polda Lampung, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga: Mahfud MD Cawapres Ganjar, PDIP Bandar Lampung: Ini Paket Lengkap

1. Satu mayat ditemukan di Tanggamus tidak ditemukan kecocokan DNA

3 DNA Mayat Tanpa Kepala di Lampung Dipastikan Korban Kecelakaan KapalKonferensi pers pencocokan DNA 4 mayat tanpa kepala ditemukan di perairan Lampung Selatan dan Tanggamus. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Arman, hasil pencocokan sampel DNA itu meliputi mayat disebut Mr X1 dari Polres Lampung Selatan. Mayat itu teridentifikasi sebagai Kasdi atau Tarsoni merupakan kakak adik kandung dari anak biologis dari orang tua atas nama Kayim.

Kemudian mayat disebut Mr X2 dari Polres Lampung Selatan teridentifikasi sebagai Agus Sudarto merupakan ayah biologis dari Sri Anisa. Lalu mayat Mr X1 dari Polres Tanggamus, teridentifikasi sebagai Kasdi atau Tarsoni yakni, kakak adik kandung merupakan anak biologis dari Kayim.

"Terakhir profil DNA Mr X2, dari Polres Tanggamus ini belum dapat teridentifikasi karena tidak ditemukan kecocokan sampel DNA antara Mr X2 dengan sampel pembanding yang ada," papar kabid dokkes.

2. Organ tubuh terputus akibat pembusukan normatif air laut

3 DNA Mayat Tanpa Kepala di Lampung Dipastikan Korban Kecelakaan KapalTemuan mayat tanpa kepala di Tanggamus. (Dok. Polres Tanggamus).

Ihwal kondisi mayat ditemukan tanpa kepala, Arman menjelaskan, organ khusus bagian kepala keempat korban mengalami proses pembusukan normatif yang diakibatkan air laut, hingga akhirnya sejumlah anggota tubuh terpisah alias hilang dari badan.

"Itu akibat pembusukan normatif di air laut hingga membuat organ-organ tubuh terputus. Jadi bukan pembunuhan atau mutilasi," tegasnya.

3. Masih ada 2 pihak keluarga korban kecelakaan kapal belum diambil sampel DNA

3 DNA Mayat Tanpa Kepala di Lampung Dipastikan Korban Kecelakaan KapalTemuan jenazah tanpa kepala di Tanggamus. (Dok. Polres Tanggamus).

Arman menambahkan, pihaknya masih akan menelusuri identitas satu mayat lainnya alias Mr X2 ditemukan di perairan pesisir pantai Kabupaten Tanggamus. Caranya, berkoordinasi bersama Polda Jawa Barat untuk meminta anggota keluarga korban kecelakaan kapal melapor hingga dapat diambil pembandingan sampel DNA.

"Sampai hari ini, dari 9 korban kecelakaan laut tersebut baru ada 7 sampel pembanding DNA yang diambil. Kami sangat meminta kepada 2 anggota keluarga lainnya bisa segera melapor ke polda atau polres setempat," imbuhnya.

Arman menyatakan, 2 mayat ditemukan di perairan Lampung Selatan kini dimakamkan di pemakaman RSUD Bob Bazar Kalianda, sedangkan 2 mayat ditemukan di perairan Tanggamus dimakamkan di RSUD Batin Mangunang. "Balum ada konfirmasi dari pihak keluarga untuk memindahkan makan keempat mayat," tandas Arman.

Baca Juga: Kepala BNN RI: Lampung Peringkat 3 Kawasan Rawan Narkoba se-Indonesia

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya