Comscore Tracker

Wako Eva Kerahkan 9 Alat Berat Gerebek Sungai

Program normalisasi sungai untuk antisipasi banjir

Bandar Lampung, IDN Times - Wali Kota (Wako) Bandar Lampung, Eva Dwiana, menjalankan program normalisasi sungai sejak 18 Maret 2021 lalu. Orang nomor satu di Bandar Lampung ini mengusung 'Gerebek Sungai' sebagai jargon. 

Normalisasi dilakukan dengan mengeruk sedimen-sedimen yang membuat sungai mendangkal. Dari hasil pengerukan, tampak tanah lumpur mengendap dan bercampur dengan sampah.

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandar Lampung bersama masyarakat setempat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Rencananya, puluhan sungai yang ada di Kota Tapis Berseri bakal digerebek secara bertahap. 

1. Kerahkan sembilan alat berat

Wako Eva Kerahkan 9 Alat Berat Gerebek SungaiProses pengerukan sungai di Way Awi, Jagabaya I, Way Halim, Bandar Lampung (IDN Times/Silviana)

Eva menyampaikan, gerebek sungai digelar setiap Jumat. Hinggi kini, sungai yang sudah digerebek antara lain Sungai Way Awi di Kelurahan Jagabaya I, Kecamatan Way Halim. Kegiatan serupa digelar di Perumahan Bumi Arinda Permai, Kelurahan Pematang Wangi, Kecamatan Tanjung Senang. Lalu di Kecamatan Kedamaian dan Rajabasa.

"Insya Allah semua sesuai target ya. Kalau musim hujan kan air sering naik, nanti kita tinggikan dinding pembatasnya biar gak masuk ke perumahan, kan kasihan juga," papar Eva, Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, gerebek sungai menjadi program unggulan mengatasi banjir di Kota Bandar Lampung. Perempuan yang akrab disapa Bunda Eva itu mengatakan, sembilan alat berat dikerahkan untuk mengeruk sungai-sungai dan membersihkan gorong-gorong.

"Oh iya, nanti mau minta bantuan alat berat lagi, siapa tahu ditambah lagi," katanya.

Baca Juga: Eva Dwiana Grebek Sungai, Lima Sungai Bandar Lampung akan Dikeruk    

2. Ajak masyarakat menjaga sungai

Wako Eva Kerahkan 9 Alat Berat Gerebek SungaiEva Dwiana Meninjau pengerukan sungai di Kota Bandar Lampung (IDN Times/Istimewa)

Eva mengajak masyarakat Kota Bandar Lampung agar sama-sama menjaga kebersihan sungai.

"Bersihnya kita, bagusnya kita. Banjir ini karena kita sama-sama. Gak usah berpikir banjir ini kiriman dari mana, tapi kita jaga wilayah kita aja," terangnya. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan menambahkan, setiap kecamatan secara berkala akan dikunjungi Wako dalam program gerebek sungai. 

3. Survei sungai untuk pembuatan talut

Wako Eva Kerahkan 9 Alat Berat Gerebek SungaiIDN Times/Istimewa

Iwan mengatakan, Dinas PU terus melakukan survei sungai-sungai. Pihaknya bakal mengeruk sungai hingga sedalam 1,5 meter. Sementara sungai lain tak terkalahkan dengan kondisinya.

Ia menambahkan, pihaknya berencana membuat talut pada sungai-sungai yang sudah diperdalam tahun depan.

Baca Juga: Cerita Warga Bandar Lampung Tangkap Buaya di Sungai Kaliawi

Topic:

  • Silviana
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya