Viral Ikoy-Ikoyan Arief Muhammad, Selebgram Lampung Pro dan Kontra 

Bagikan beragam hadiah untuk netizen

Bandar Lampung, IDN Times - Beberapa hari ini, netizen dihebohkan dengan game bernama Ikoy-Ikoyan yang dibuat youtuber Arief Muhammad.

Game itu meminta netizen menyebutkan keinginannya melalui DM instagram. Jika beruntung, Arief akan memposting permintaan tersebut di insta story lalu meminta rekannya mengabulkan permintaan netizen. Syaratnya cukup mudah, hanya follow akun-akun yang sudah direkomendasikan. 

Tren tersebut ternyata menjadi kesempatan netizen meminta artis mau pun selebgram lain bermain ikoy-ikoyan.

Tak terkecuali netizen di Lampung. Beberapa selebgram pun menuruti permintaan netizen dan membagikan hadiah berupa uang tunai, makanan hingga barang-barang yang dibutuhkan netizen.

1. Jika ingin sesuatu berusaha

Viral Ikoy-Ikoyan Arief Muhammad, Selebgram Lampung Pro dan Kontra ikoy-ikoyan Arief Muhammad (instagram.com/ariefmuhammad)

Di tengah gemparnya game ikoy-ikoyan di media sosial instagram itu, ternyata menuai pro dan kontra. Beberapa selebgram atau artis menganggap netizen salah mengartikan permainan hingga memaksa orang lain untuk ikut bermain.

Seperti diungkapkan oleh selebgram Lampung Restika Oktavia yang merasa terganggu dengan banyaknya DM netizen supaya mengikuti game ikoy-ikoyan.

"Aku gak main ikoy-ikoyan jadi stop DM aku nyuruh main. Ambil baiknya buang buruknya. Yang main ikoy-ikoy pasti niatnya baik untuk bagi-bagi rezeki tapi jangan sampai jadi bar-bar DM semua orang minta main," ungkap MUA Lampung itu.

Restika mengatakan, prinsipnya adalah jika menginginkan sesuatu harus bekerja bukan berharap dari orang yang main ikoy-ikoyan apalagi nyuruh orang main.

"Maaf yang gak sependapat. Mudah-mudahan rezeki kalian kalo dapet, kalo enggak dapet ya jangan kecewa namanya juga seru-seruan," terangnya.

Baca Juga: Viral Video Warga akan Ditangkap Miliki Sabu, Polisi Tepis Rekayasa

2. Sebagai lucu-lucuan dan berbagi kebahagiaan

Viral Ikoy-Ikoyan Arief Muhammad, Selebgram Lampung Pro dan Kontra Instagram.com/yuliapurba

Sementara itu pemilik toko baju Lady Fame di Bandar Lampung, Yulia Purba Sari yang mengawali game itu hadir di Lampung mengaku tak masalah dengan banyaknya permintaan netizen hingga memenuhi DM instagramnya.

Ia tidak setuju jika netizen yang meminta hadiah di game ikoy-ikoyan disebut pengemis online.

"Tinggal gimana kita nyikapinnya. Temen-temen yang DM juga santuy dan lucu-lucu kok. Menurutku ini lebih baik ketimbang maksa minjem duit atau minta transfer buat beli beras tapi embel-embelnya menekan kita jangan dishare," ujarnya.

Menurutnya ini hanya untuk lucu-lucuan tapi sekaligus berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang telah mengapresiasi usahanya.

3. Kebanjiran sponsor

Viral Ikoy-Ikoyan Arief Muhammad, Selebgram Lampung Pro dan Kontra Pexels.com/Pixabay

Perempuan akrab disapa Bunda Iyak itu memilih secara random netizen yang menyebutkan permintaan melalui DM. Mulai dari camilan, minuman, perlengkapan bayi, pakaian hingga uang tunai.

Ia bahkan mendapat banyak sponsor dari pemilik usaha lainnya supaya dibagikan ke netizen. Yulia sampai bingung hingga tidak semua sponsor bisa ia terima.

"Aku ucapin makasih banyak udah sayang sama temen-temen online aku. Tapi gak semua bisa aku terima karna akunya bingung ngaturnya. Sehari paling bisa satu atau dua sponsor aja," terangnya.

4. Harus follow akun terkait

Viral Ikoy-Ikoyan Arief Muhammad, Selebgram Lampung Pro dan Kontra Instagram.com/_andhitairianto

Selain Yulia Purba, pengusaha lain yang turut serta dalam permainan bagi-bagi rezeki ini adalah fruit salad Lampung yang membagikan salad gratis serta uang tunai untuk pelanggan setia mereka.

Selebgram sekaligus MUA Lampung Andhita Mega Puspita turut serta dalam bermain ikoy-ikoyan dan mendapat banyak sponsor produk kecantikan dari rekan-rekannya untuk dibagikan.

"Ada 10-20 olshop yang mau gabung ikoy-ikoyan jadi netizen harus follow akun-akun itu dulu," ujarnya.

Baca Juga: Sempat Viral Tak Dapat BLT, Nenek Asal Lamtim Kini Tersenyum

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya