UIN Raden Intan Raih Penghargaan Tertinggi PTN Islam

Penghargaan ini Berdasarkan UI GreenMetric World University

Bandar Lampung, IDN Times -Jadi kampus hijau terbaik pertama di luar Pulau Jawa, UIN Raden Intan Lampung (RIL) terima penghargaan Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS) sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dengan Skor Green Campus Tertinggi. Penghargaan ini Berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings Network tahun 2020.

Sebelumnya, UIN Raden Intan Lampung berhasil meraih peringkat 10 kampus hijau berkelanjutan penilaian UI GreenMetric tahun 2020. Penilaian ini naik dari tahun sebelumnya yakni peringkat 11 sekaligus mengukuhkan UIN Raden Intan sebagai kampus hijau terbaik pertama di luar Pulau Jawa.

Selain masuk ke dalam 10 besar, UIN RIL juga mendapat penghargaan lain yakni The Most Sustainably Innovative University in Indonesia atau sebagai kampus inovatif dalam pengembangan kampus hijau berkelanjutan. 

1. Penghargaan tertinggi untuk PTN Islam

UIN Raden Intan Raih Penghargaan Tertinggi PTN IslamRektor UIN Lampung Prof Dr Moh Mukri (IDN Times/Istimewa)

ADIKTIS merupakan penghargaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama terhadap capaian tertinggi pada beberapa aspek tertentu yang diraih oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Ada 15 kategori penghargaan yang diberikan pada acara tersebut.

Penghargaan yang berlangsung di Jakarta, Rabu (30/12/2020) tersebut di berikan langsung oleh Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga: Cerita UIN Raden Intan Lampung Bikin Podcast untuk Moderasi Beragama

2.Diharapkan menjadi inspirasi bagi PTKI

UIN Raden Intan Raih Penghargaan Tertinggi PTN IslamRektor UIN Raden Intan Lampung bersama Pemerintah Kabupaten Pringsewu saat sosialisasi Al-Quran Terjemahan Bahasa Lampung (Web/UIN Raden Intan Lampung)

Rektor UIN Lampung, Prof Moh Mukri, yang langsung menerima penghargaan ini mengucapkan rasa syukur khususnya kepada sivitas akademika UIN. Menurutnya, tanpa dukungan dan kerja sama dari warga kampus, penghargaan tersebut tidak akan tercapai.

“Kami juga bersyukur karena Kemenag memberi penghargaan kepada UIN Raden Intan Lampung sebagai kampus hijau. Harapannya green campus ini menjadi inspirasi khususnya seluruh satker dan PTKI di lingkungan Kemenag,” jelasnya.

Menag Yaqut mengatakan, adanya penghargaan ini diharapkan mampu memotivasi PTKI untuk dapat lebih baik.

3. Menumbuhkan daya saing dan akreditasi

UIN Raden Intan Raih Penghargaan Tertinggi PTN IslamIDN Times/Sukma Shakti

Menurut Yaqut, Kemenag terus meningkatkan akses diikuti dengan peningkatan mutu dan daya saing, serta tata kelola yang baik. Termasuk PTKI yang menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas

Gus Yaqut, sapaan dari Menag ini menyampaikan, melalui penghargaan ini menunjukkan PTKI terus melalukan perbaikan dibidang akademik seperti penambahan guru besar dan peningkatan karya-karya intelektual.

“Dibidang mutu dan daya saing ditunjukkan dengan prestasi akreditasi prodi baik nasional maupun internasional. Juga dalam bidang kemahasiswaan ditunjukkan oleh prestasi internasional serta tempat bersemainya domahasiswa asing di Indonesia,” imbuhnya.

4. Mahasiswa harus menjadi aktor penting dalam melawan narasi radikal

UIN Raden Intan Raih Penghargaan Tertinggi PTN Islamhellosehat.com

Pada acara ini juga terdapat rangkaian penutupan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan Nasional (Diklatpimnas) yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa PTKI selama 10 hari.

Menag berpesan kepada mahasiswa untuk dapat menjadi aktor penting dalam meng-counter narasi keagamaan yang intoleran dan radikal.

“Mahasiswa harus menjadi agen moderasi beragama dengan daya kepemimpinan yang dimiliki, seperti kepemimpinan wacana, literasi, dan diimbangi dengan kemampuan data," paparnya.

Baca Juga: UIN Raden Intan Luncurkan Alqur'an Terjemahan Bahasa Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya