Tips dan Trik Memahami Digital Marketing Kedai Kopi 

Mengenali keunggulan produk untuk menentukan target pasar

Bandar Lampung, IDN Times - Di tengah pandemik COVID-19, banyak pelaku usaha yang harus memutar otak untuk membuat usahanya tetap berjalan. Dibutuhkan tips dan trik yang lebih menarik dan tentunya menyesuaikan dengan kondisi saat ini yang membatasi orang-orang untuk bertatap muka secara langsung.

Kondisi tersebut tentu sangat dirasakan bagi para pemilik kedai kopi. Sebab biasanya para penikmat kopi lebih mementingkan suasana kedai dibandingkan rasa pada kopi itu sendiri. Katanya sih kalau minum kopi di kedainya langsung sensasinya akan berbeda.

Nah pada kesempaan kali ini, akademisi dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA)  berkolaborasi dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan berbagi tips untuk salah pelaku usaha kedai kopi di Lampung dalam menarik para konsumennya.

1. Pentingnya mengenali keunggulan produk

Tips dan Trik Memahami Digital Marketing Kedai Kopi Google Images

Pelatihan bertajuk digital marketing tersebut diperuntukan bagi para karyawan Warkop Waw salah satu kedai kopi di Lampung yang berlokasi di Tanjung Senang Bandar Lampung. Mulai dari lingkup pemasaran digital,  pentingnya pemasaran digital, tips dan trik, cara membuat poster dan video, hingga membuat copy writing untuk meningkatkan rating di mesin pencarian media sosial.

Zunanik Mufidah salah satu dosen ITERA yang menjadi narasumber pada pelatihan tersebut menyampaikan tentang pentingnya digital marketing. Menurutnya, sebagai seorang pebisnis, harus mampu mengenali keunggulan produk untuk menentukan target pasar. Seperti keunggulan yang dimiliki oleh produk Kopi Warkop Waw adalah kopi kesehatan.

“Para peserta diharapkan dapat meningkatkan soft skill karyawan Warkop Waw dalam memahami target pasar menggunakan media sosial dan dapat memanfaatkan aplikasi sederhana dalam membuat postingan yang lebih menarik didukung dengan kemampuan dalam membuat caption yang menarik agar dapat menarik minat konsumen,” ujarnya, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: UIN Raden Intan Luncurkan Alqur'an Terjemahan Bahasa Lampung

2. Kejujuran dan kepercayaan konsumen hal penting jalani usaha

Tips dan Trik Memahami Digital Marketing Kedai Kopi IDN Times/Sidratul Muntaha

Sementara pemateri kedua yaitu Wellia menyampaikan tips dan trik marketing dalam sebuat usaha. Hal utama yang menurutnya penting dalam sebuah usaha adalah membangun kejujuran dan kepercayaan kepada konsumen untuk memiliki konsumen yang loyal.

Para peserta juga diajak belajar mengelola media sosial yang disampaikan oleh Rudi Setiawan. Rudi menyebut, media sosial saat ini sangat penting bagi pengelolah usaha. Pentingnya desain dan pemilihan warna desain dalam postingan di media sosial disebut mampu meningkatkan ketertarikan followers sebagai target pasar.

Dalam sesi ini juga peserta belajar bagaimana membuat postingan yang menarik dengan menggunakan beberapa aplikasi digital.

3. Belajar tentang SEO

Tips dan Trik Memahami Digital Marketing Kedai Kopi Foto oleh Burst dari Pexels

Di akhir sesi, peserta memperoleh pemateri pentingnya copy writing yang disampaikan La Ode Arham dan cara memanfaatkan search engine optimization (SEO) untuk membuat video produk agar dapat muncul dikolom teratas pencarian oleh Sabar.

Melalui materi tersebut, diharapkan karyawan Warkop Waw mampu memahami gambaran umum terkait pentingnya digital marketing dan penjaringan target pasar yang yang lebih luas.

Owner kedai kopi Warkop Waw, Ismail Komar, menyambut baik kegiatan pelatihan yang diadakan oleh para dosen ITERA. Komar berharap ke depan akan dapat terus menjalin kerja sama yang baik dengan ITERA, sehingga dapat meningkatkan kompetensi karyawan.

Baca Juga: Cerita Dosen Itera Bikin Masker Organik Berbahan Beras dan Daun Kelor

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya