Siap-Siap, UMKM Bandar Lampung Dapat Bantuan Pinjaman Tanpa Bunga

Tak ada syarat khusus

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung menerima kunjungan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Rabu (8/9/2021). Dalam kunjungannya Teten mengatakan ingin memastikan bantuan presiden terkait pemulihan ekonomi nasional untuk UMKM berjalan lancar.

Menurut Teten, saat ini UMKM memiliki banyak masalah keuangan karena banyak modal dikeluarkan tapi minim pemasukan. Sehingga pihaknya ingin bekerjasama dengan Pemkot Bandar Lampung mendukung UMKM, terutama yang memiliki daya saing.

"Kita mempekerjakan ahli-ahli untuk jadi teman konsultasi UMKM supaya mengembangkan usahanya. Kita juga kerjasama dengan e-commerce untuk menyiapkan UMKM Go digital," jelas Teten.

Baca Juga: Bandar Lampung PPKM Level 3, Eva Dwiana Minta Warga Jangan Lengah

1. KUR tanpa jaminan naik jadi Rp100 juta

Siap-Siap, UMKM Bandar Lampung Dapat Bantuan Pinjaman Tanpa BungaMata uang uang Indonesia (Shutterstock/Maciej Matlak)

Menurut Teten, upaya pemerintah pusat dalam mengembangkan UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang memiliki tingkat bunga rendah. Bahkan, Teten menyebut, pemerintah telah menaikkan KUR tanpa jaminan dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta.

"Subsidi juga kita perpanjang dengan bunga 3 persen sampai Desember 2021. Anggaran KUR 2021 ini Rp253 triliun, sebelumnya Rp220 triliun," terangnya.

2. Pinjaman tanpa bunga untuk UMKM

Siap-Siap, UMKM Bandar Lampung Dapat Bantuan Pinjaman Tanpa BungaANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Terkait jumlah UMKM yang akan mendapat peminjaman tanpa bunga menurut Teten diserahkan pada kebijakan Pemkot Bandar Lampung.

"Kita suport berapa pun data yang diberikan bunda. Nanti kita seleksi dan sesuai kesepakatan akan kita salurkan. Syaratnya mudah, warga Bandar Lampung dan rekomendasi Pemkot," ujarnya.

3. Bangun rest area untuk UMKM

Siap-Siap, UMKM Bandar Lampung Dapat Bantuan Pinjaman Tanpa BungaFoto hanya ilustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Menanggapi kedatangan Menkop, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengaku semakin antusias membangkitkan kembali UMKM di Bandar Lampung. Bahkan ia berniat membangun rest UMKM sepanjang parkiran Pemkot hingga gedung siaran RRI.

"Banyak bantuan yang akan digulirkan. Banyak yang UMKM yang kita catat, tidak ada syarat khusus yang penting Bandar Lampung," tandasnya.

Baca Juga: Bandar Lampung Zona Kuning, BOR Rumah Sakit Kini 19,1 Persen

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya