Polisi Gerebek Aksi Balap Liar di Pringsewu, 103 Pemuda Diamankan

63 motor ditahan di Mapolres Pringsewu sebagai efek jera

Pringsewu, IDN Times - Aksi balap liar masih menjadi aktivitas meresahkan bagi masyarakat. Alhasil, Minggu (5/3/2023) sekitar pukul 00.10 WIB, Polda Lampung menggerebek arena balap liar di Gadingrejo, Pringsewu.

Hasilnya, petugas menyita 63 sepeda motor dan mengamankan 103 pemuda yang didominasi anak dibawah umur. Penggerebekan dipimpin Wakapolres Pringsewu Kompol Doni Dunggio itu melibatkan puluhan polisi berseragam maupun berpakaian preman.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Pringsewu, Ibu dan Anak Tewas Ditabrak Dump Truk

1. Masyarakat resah aktivitas balap liar

Polisi Gerebek Aksi Balap Liar di Pringsewu, 103 Pemuda DiamankanPolda Lampung grebek aksi balap liar di Pringsewu, Minggu (5/3/2023)

Dalam penggrebekan tersebut, petugas lebih dulu memblokade akses keluar masuk sepanjang jalur dua menuju Pemda Pringsewu dipergunakan sebagai arena balap liar. Sehingga saat penggerebekan berlangsung, para pembalap liar maupun penontonnya tidak bisa kabur.      

Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi melalui Kasatlantas AKP Khoirul Bahri mengatakan, penggerebekan arena balap liar ini merupakan salah satu upaya Polres Pringsewu dalam menjaga harkamtibmas di bumi jejama secancanan.

"Selain itu, kegiatan ini juga menindaklanjuti keresahan masyarakat yang diadukan kepada kami saat menggelar program Jumat beberapa hari yang lalu," ujar kasatlantas

2. Barang bukti sepeda motor untuk sementara ditahan di Mapolres Pringsewu

Polisi Gerebek Aksi Balap Liar di Pringsewu, 103 Pemuda DiamankanPetugas menyita 63 sepeda motor pebalap liar di Pringsewu (IDN Times/Istimewa)

Khoirul mengatakan, akan terus konsisten melakukan penindakan terhadap aksi balap liar atau kegiatan lain dapat mengganggu arus lalu lintas maupun kebisingan. Dalam penggerebekan tersebut, sebagai efek jera barang bukti sepeda motor untuk sementara ditahan di Mapolres Pringsewu.

“Sementara itu para pemuda yang terjaring dalam razia tersebut baru diperbolehkan pulang setelah didata dan menjalani pemeriksaan polisi,” ujarnya.

3. Berharap bisa memberi efek jera pada pelaku

Polisi Gerebek Aksi Balap Liar di Pringsewu, 103 Pemuda DiamankanIlustrasi balap liar (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan informasi adanya aksi balap liar tersebut dan berharap bisa menjadikan efek jera bagi pelaku-pelaku balap liar.

"Sehingga ke depan tidak ada lagi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban jiwa atau fatalitas korban lakalantas,” tandasnya.

Baca Juga: Strategi Pemkab Pringsewu Turunkan Stunting jadi Kabupaten Pertama ODF

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya