Petinggi Polri Punya Harta Miliaran, Berapa Harta Wakapolda Lampung? 

Presiden ingatkan petinggi Polri tak berpenampilan mewah

Bandar Lampung, IDN Times - Gaya hidup petinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kini menjadi sorotan masyarakat. Bahkan, Presiden Joko Widodo secara terang-terangan memperingatkan petinggi Polri untuk tidak berpenampilan serba mewah supaya tidak terjadi kecemburuan sosial.

Namun jika melihat laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) disampaikan kepada Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK), ada banyak petinggi Polri memiliki harta miliaran. Sementara itu penelusuran IDN Times, kekayaan Brigadir Jenderal Subiyanto sebagai Wakapolda Lampung sejak 2020 sampai 2022 belum ada laporan.

Baca Juga: Mutasi Polda Lampung, Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung Berganti 

1. Lulusan Akpol 1988

Petinggi Polri Punya Harta Miliaran, Berapa Harta Wakapolda Lampung? Brigjen Subiyanto Wakapolda Lampung (Dok Humas Polda Lampung)

Brigjen Subiyanto adalah seorang perwira tinggi Polri sejak 1 September 2020 menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Lampung. Pria kelahiran Jombang, Jawa Tengah 1964 itu lulusan Akpol 1988.

Pada 2008, Brigjen Subiyanto pernah menjabat sebagai Kapolres Nganjuk, Jawa Timur dan dimutasi ke Peneliti Tetap Organik Madya Set PPITK PTIK, Jakarta. Sempat beredar kabar isu mutasi tersebut karena Subiyanto dinilai tidak sopan saat menjawab telpon pimpinan tertinggi Polri.

2. Bantah terima telepon dari Polri

Petinggi Polri Punya Harta Miliaran, Berapa Harta Wakapolda Lampung? https://pixabay.com/id/users/terovesalainen-809550/

Namun, isu tersebut sudah dibantah oleh Subiyanto pemindahan tugasnya bukan karena bersikap tidak sopan pada petinggi Polri. Bahkan Subiyanto membantah menerima telpon dari Kapolri pada malam hari dan menjawab tidak sopan.

Sementara itu, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Abu Bakar Nataprawira pada masa itu membenarkan Kapolres Nganjuk berbicara kurang sopan kepada kapolri, dengan alasan tidak percaya bahwa menelepon benar-benar kapolri.

Namun pihaknya menegaskan, mutasi tersebut tidak langsung berasal dari kapolri. Menurut Abu Bakar, usulan pemindahan itu berasal dari kapolda Jatim yang beranggapan seorang perwira harus bersikap sopan kepada siapa pun.

3. Jabatan pernah diemban Subiyanto

Petinggi Polri Punya Harta Miliaran, Berapa Harta Wakapolda Lampung? Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Subiyanto sambutan operasi krakatau di Lapangan Saburai Bandar Lampung (IDN Times/Istimewa)

Jabtan pernah diemban Subiyanto selanjutnya, pada 2010 menjadi Karo SDM Polda Sumatra Selatan dan 2012 menjadi Karo SDM Polda Kalimantan Timur. Pernah juga menjadi Karo SDM Polda Jawa Tengah.

Kemudian, pada 2013 menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Jianstra SSDM Polri, Kabag Infopers Robinkar SSDM Polri serta Karojianstra SSDM Polri pada 2018.

Baca Juga: Profil Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus, Segini Hartanya

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya