Permudah Pelayanan Publik Kota Metro Ada 246 Layanan di Satu Gedung 

Hemat biaya dan waktu

Metro, IDN Times - Pelayanan publik menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat untuk mengurus dokumen, perizinan atau administrasi kependudukan. Namun, masyarakat sering merasa kesulitan karena pelayanan publik di sejumlah kabupaten atau kota jaraknya cukup jauh dan lokasinya berbeda-beda. Selain membutuhkan waktu lama juga memakan biaya tak sedikit.

Kabar baiknya, Pemerintah Kota Metro kini mempermudah masyarakatnya dalam mengakses pelayanan publik dengan cara menghadirkan 246 layanan dalam satu lokasi dan satu gedung.

Gedung diberi nama Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Metro itu dinilai menghemat biaya dan menghemat waktu bagi masyarakat.

Baca Juga: [WANSUS] Wali Kota Wahdi, Gagas Metro Creative Hub Sasar Milenial-Gen Z

1. Dilengkapi fasilitas nyaman

Permudah Pelayanan Publik Kota Metro Ada 246 Layanan di Satu Gedung Kota Metro akan meluncurkan Mall Pelayanan Publik (MPP) di lantai 1 dan lantai 2 Gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai awal Desember 2022. (Dok DPMPTSP Metro).

Dalam mengenalkan MPP kepada masyarakat luas, Pemerintah Kota Metro melakukan soft launching kemarin dan langsung melakukan uji coba pelayanan serta fasilitas gedung.

MPP berada di Gedung Sessat Bumi Sai Wawai ini memiliki berbagai fasilitas utama dan fasilitas pendukung. Mulai dari meja pelayanan, ruang tunggu nyaman, ruang baca, ruang bermain anak, ruang menyusui, dan lain-lain yang tentunya ramah disabilitas.

2. Mempermudah masyarakat dan beri layanan terbaik

Permudah Pelayanan Publik Kota Metro Ada 246 Layanan di Satu Gedung Ilustrasi pelayanan publik. ANTARA FOTO/Feny Selly

Wahdi selaku Wali Kota Metro mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari DPRD Metro, Forkopimda, instansi vertikal, BUMN, BUMD, pihak swasta dan seluruh elemen masyarakat yang bersama-sama bersatu dalam mewujudkan MPP untuk Bumi Sai Wawai.

Pihaknya menginginkan hadirnya MPP di tengah masyarakat, dapat memberi kemudahan dan kepuasan dalam mengurus dokumen maupun perijinan.

“Masyarakat tentunya ingin mendapat kemudahan dalam mengakses berbagai jenis pelayanan. Sebab itu, tersedianya layanan terintegrasi dalam satu lokasi dan saling sinergi antar pelayanan yang ada menjadi solusi terbaik. Itulah yang mendorong Pemerintah Kota Metro menyediakan layanan terintegrasi melalui Mal Pelayanan Publik,” terangnya, Selasa (29/11/2022).

3. Layanan tersedia di MPP

Permudah Pelayanan Publik Kota Metro Ada 246 Layanan di Satu Gedung Kota Metro akan meluncurkan Mall Pelayanan Publik (MPP) di lantai 1 dan lantai 2 Gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai awal Desember 2022. (Dok DPMPTSP Metro).

Berbagai pelayanan dihadirkan dalam MPP tersebut. Mulai dari pelayanan dokumen kesehatan, perizinan, pendidikan, dokumen pribadi, dokumen perjalanan, dokumen usaha, dengan instansi pengampunya masing-masing.

Palen (27) warga Margorejo, Metro Selatan l mengatakan, senang akan kehadiran MPP tersebut, baginya pelayanan dalam satu lokasi gedung menghemat biaya dan waktu.

“Ya kalau pelayanan dalam satu titik gitu enak. Misal mau bayar pajak motor sekalian bikin ATM apa bikin KTP, KK gak perlu pindah-pindah lokasi lagi. Jadi hemat bensi. Terus waktu juga cepat, kalo saya mau ngelanjutin kerjaan kan bisa abis ke MPP ini,” kata karyawan swasta itu.

Baca Juga: MPP Metro, Era Baru Pelayanan Publik dan Pertumbuhan Iklim Investasi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya