Comscore Tracker

Pendaftaran CASN-PPPK Bandar Lampung Diperpanjang, Formasi tak Berubah

Simak jadwal seleksi agar tak salah ya

Bandar Lampung, IDN Times -Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 diperpanjang hingga 26 Juli 2021. Itu tertuang dalam surat kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang penyesuaian jadwal tahapan pelaksanaan seleksi calon ASN 2021. Ketentuan tersebut juga berlaku bagi calon peserta CASN dan PPPK Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Sehingga ada beberapa tahapan yang mengalami perubahan waktu. Berikut IDN Times rangkum selengkapnya.

1. Jadwal disesuaikan tapi formasi tidak berubah

Pendaftaran CASN-PPPK Bandar Lampung Diperpanjang, Formasi tak BerubahIlustrasi CPNS (IDN Times/Arief Rahmat)

Menyesuaikan dengan perpanjangan masa pendaftaran maka jadwal tahapan seleksi berikutnya mengalami perubahan, di antaranya, pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan menjadi 2-3 Agustus 2021.

Kemudian, masa sanggah selama tiga hari yakni pada 4-6 Agustus, masa jawab sanggah dari Instansi pada 4-13 Agustus dan pengumuman pasca-sanggah pada 15 Agustus.

Meski ada perpanjangan waktu pendaftaran, formasi CPNS dan PPPK di Kota Bandar Lampung tidak mengalami perubahan.

Pemerintah Kota Bandar Lampung membuka 1.716 formasi, terdiri dari, 1.667 formasi PPPK Tenaga Pendidik, dan 49 formasi CPNS Tenaga Kesehatan.

2. Usia pendaftaran CPNS

Pendaftaran CASN-PPPK Bandar Lampung Diperpanjang, Formasi tak BerubahIlustrasi CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Buat kamu yang mau daftar harus memenuhi ketentuan berikut ini ya. Batasan usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.

Tapi jika usia sudah 40 tahun masih bisa daftar CASN kualifikasi pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis. Kemudian dokter pendidik klinis, dosen, peneliti dan perekayasa dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor).

Ketentuan lainnya, pelamar tidak pernah di pidana penjara 2 tahun atau lebih, tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Kepolisian Negara RI, atau pegawai swasta.

3. Bersedia ditempatkan di seluruu wilayah NKRI

Pendaftaran CASN-PPPK Bandar Lampung Diperpanjang, Formasi tak BerubahSejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemprov DKI Jakarta berjalan memasuki ruang dinasnya saat hari pertama masuk kerja usai libur lebaran di Balai Kota, Jakarta, Senin (17/5/2021) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Selanjutnya, pelamar tidak berkedudukan sebagai CASN, ASN, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI. Tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibat politik praktis.

Kemudian, pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan. Kamu juga harus sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

Pelamar bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah. Terakhir calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan.

4. Ketentuan daftar PPPK

Pendaftaran CASN-PPPK Bandar Lampung Diperpanjang, Formasi tak BerubahIDN Times/Musthofa Aldo

Untuk daftar PPPK ketentuan usia pelamar paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

Ketentuan lainnya sama dengan CPNS, hanya saja, untuk PPPK kamu harus memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku.

Baca Juga: Kabar Baik! Pemprov Lampung Sediakan 429 Formasi CASN dan PPPK 2021

5. Kamu harus punya pengalaman tiga tahun

Pendaftaran CASN-PPPK Bandar Lampung Diperpanjang, Formasi tak Berubahpexels/rawpixel.com

Syarat lain PPPK, minimal tiga tahun berpengalaman di bidang kerja yang relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar.

Itu dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani minimal Jabatan Tinggi Pratama untuk yang bekerja di instansi pemerintah dan minimal Direktur/Kepala Divisi yang membidangi SDM/HRD di perusahaan swasta / Lembaga swadaya nonPemerintah / Yayasan.

Terakhir, tidak boleh bertentangan dengan Sistem Merit.

6. Ini cara daftarnya

Pendaftaran CASN-PPPK Bandar Lampung Diperpanjang, Formasi tak BerubahIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah mengetahui ketentuan umum, jika ingin mendaftar kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Caranya mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id.

Kemudian, login ke akun SSCASN yang telah dibuat dan melengkapi biodata serta mengunggah swafoto.

Setelah selesai membuat akun, kamu bisa langsung mendaftar formasi CPNS 2021. Caranya, pilih Jenis seleksi dan pilih formasi. Lalu unggah dokumen sesuai syarat ditentukan setiap instansi.

7. Sampai pada tahap seleksi

Pendaftaran CASN-PPPK Bandar Lampung Diperpanjang, Formasi tak Berubah(Warga mencoba menjawab soal saat mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam sosialisasi seleksi CPNS 2019 pada hari bebas kendaraan, di Denpasar, Bali, Minggu (3/11/2019) ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Selanjutnya, cek resume dan akhiri pendaftaran. Jangan lupa cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun. Lalu kamu sampai pada tahap seleksi administrasi, panitia akan memverifikasi data pengajuan dan mengumumkan hasil seleksi administrasi.

Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyeleksi hasil seleksi administrasi. Lalu
panitia mengumumkan hasil sanggah.

Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan cetak Kartu Ujian dan malaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), ujian SKD sampai pengumuman hasil SKD.

Jika tidak lulus SKD dapat menyanggah hasilnya dan tunggu tunggunya.

8. Pengumuman tahap akhir

Pendaftaran CASN-PPPK Bandar Lampung Diperpanjang, Formasi tak BerubahIlustrasi CPNS (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Selanjutnya, pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan. mengumumkan hasil SKB pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil SKB dan tunggu hasilnya.

Pengumuman kelulusan CPNS 2021 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan pemberkasan.

Baca Juga: Pendaftaran CASN 2021 Pemprov Lampung Diperpanjang hingga 26 Juli

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya