Pakai Masker Dilonggarkan Siswa Bandar Lampung Bisa Lepas Masker? 

Wali kota bilang ini

Bandar Lampung, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo melonggarkan kewajiban memakai masker di luar ruangan. Hal itu disampaikan dalam konferensi pers, Selasa (17/5/2022).

Menurutnya, kebijakan ini diberlakukan karena kasus COVID-19 di Indonesia semakin terkendali. Namun, orang nomor satu di Indonesia itu menekankan kewajiban penggunaan masker tetap diberlakukan bagi masyarakat berkegiatan di dalam ruangan tertutup dan transportasi publik.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," kata Jokowi.

Baca Juga: Pemkot Bandar Lampung Resmi Tutup dan Cabut Izin Usaha Tokyo Space

1. Masyarakat kategori rentan tetap pakai masker ya!

Pakai Masker Dilonggarkan Siswa Bandar Lampung Bisa Lepas Masker? Ilustrasi suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Jokowi juga menyampaikan, bagi masyarakat masuk kategori rentan, lansia atau memiliki komorbid tetap sarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Kemudian bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

"Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen," terangnya.

2. Warga Bandar Lampung sudah boleh buka masker?

Pakai Masker Dilonggarkan Siswa Bandar Lampung Bisa Lepas Masker? Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Terkait hal itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri menyarankan masyarakat di Kota Tapis Berseri ini tetap mengenakan masker saat berada di ruang terbuka yang ramai.

"Dari peringatan presiden jelas ya, di ruang terbuka dalam kondisi tidak ramai. Kalau ruang terbuka penuh gini ya bagusnya tetap pakai masker. Tapi kalau ruang terbuka masih berjarak ya gak papa gak pakai masker," ujarnya, Rabu (18/05/2022).

3. Anak sekolah wajib pakai masker

Pakai Masker Dilonggarkan Siswa Bandar Lampung Bisa Lepas Masker? Ilustrasi PTM (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Senada dengan Plt Dinas Kesehatan, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan tidak masalah melepas masker di ruang terbuka yang tidak ramai. Namun, ketika di ruangan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Pemerintah Kota Bandar Lampung berharap kesadaran dari kita. Kalau ruangan tertutup ya masih pakai masker, karena kita lihat beberapa negara lain masih lockdown. Kita jangan sampai seperti itu lagi. Jangan bangga hanya karena sudah vaksinasi," ujarnya.

Pihaknya menambahkan, bagi anak sekolah tetap wajib memakai masker. Mengingat, ada potensinpenyebaran hepatitis bisa melalui udara dan makanan.

Baca Juga: 19 Potret Gedung Satu Atap Pemerintah Kota Bandar Lampung, Ikonik!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya