Mengenal Kebun Buah Itera 10 Hektare, Ternyata Ada Tiga Fungsi Utama

Diharapkan dapat mendukung perkembangan keilmuan

Bandar Lampung, IDN Times -  Institut Teknologi Sumatera (ITERA) memiliki Kebun Buah seluas 10 hektare. Saat ini kebun buah itu sebagian telah ditanami berbagai pohon buah, mulai dari jambu, mangga, kelengkeng, pisang, nanas, durian, jeruk dan buah naga.

Bibit buah tersebut merupakan bantuan dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI. Penanaman tahap dua akan dilakukan untuk bibit buah lainnya seperti anggur, kelengkeng, alpukat dan pepaya.

Yuk kita kenal lebih dekat apa saja hal menarik dari kebun buah tersebut.

1. Bahan riset dosen dan mahasiswa

Mengenal Kebun Buah Itera 10 Hektare, Ternyata Ada Tiga Fungsi UtamaInstitut Teknologi Sumatera (itera) memiliki Kebun Buah seluas 10 hektare. (IDN Times/Istimewa).

Rektor ITERA Ofyar Z Tamin mengatakan, ke depan kebun buah tersebut akan memiliki tiga fungsi utama. Pertama, sebagai laboratorium alam tempat mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi seperti Prodi Teknologi Pangan, Rekayasa Kehutanan, Teknik Biosistem, Teknik Industri Pertanian, dan lainnya melakukan praktikum.

Kedua, sebagai pendukung program penghijauan kampus, dan ketiga menjadi lokasi agrowisata bagi masyarakat. "Diharapkan dapat mendukung perkembangan keilmuan dan teknologi di bidang pertanian dan perkebunan,” ujarnya, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Cerita Dosen Itera Riset Prediksi Tinggi Gelombang Tsunami Pesisir Lampung

2. DPR RI dukung pembangunan kebun buah melibatkan lembaga lain

Mengenal Kebun Buah Itera 10 Hektare, Ternyata Ada Tiga Fungsi UtamaInstitut Teknologi Sumatera (itera) memiliki Kebun Buah seluas 10 hektare. (IDN Times/Istimewa).

Kebun buah Itera mematik penasaran anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Ketua Komisi IV  Sudin beserta tim Kementerian Pertanian yang diwakili Dirjen Hortikultura Prihasto dan jajaran, meninjau lokasi pembangunan Kebun Buah ITERA, Kamis, (4/3/2021).

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, menyampaikan, pihaknya membidangi pertanian, kehutanan, maritim, perikanan dan pangan, dan Kementan berkomitmen mendukung pembangunan kebun buah yang saat ini sedang dilakukan ITERA.

Dukungan berupa akan melibatkan lembaga lain untuk turut serta seperti Kementan, PT Pupuk Sriwijaya, Dinas Pertanian Provinsi Lampung, BPPT Lampung, serta BPDAS HL Way Seputih Sekampung Lampung.

3. Selain buah DPR RI akan memberi bibit ikan

Mengenal Kebun Buah Itera 10 Hektare, Ternyata Ada Tiga Fungsi UtamaInstitut Teknologi Sumatera (itera) memiliki Kebun Buah seluas 10 hektare. (IDN Times/Istimewa).

Menurut Sudin, adanya Kebun Buah Itera,  selain akan menghijaukan kampus juga akan menghasilkan buah sehingga lebih bermanfaat. Pihaknya juga akan memberikan bantuan bibit ikan yang akan ditebar di embung yang ada di kampus tersebut.

“Provinsi Lampung harus senang karena memiliki ITERA, untuk itu saya juga memiliki tanggungjawab untuk turut membangun kampus ITERA,” ujar Sudin.

4. Kementan dukung pembangunan irigasi di kebun buah

Mengenal Kebun Buah Itera 10 Hektare, Ternyata Ada Tiga Fungsi UtamaSaluran irigasi tersier dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang selesai dibangun. IDN Times/Daruwaskita

Dirjen Hortikultura Kementan, Prihasto menyampaikan sebagai bentuk dukungan pembangunan Kebun Buah ITERA, pihaknya telah memberikan kebutuhan bibit buah pada penanaman tahap 1 tahun 2020.

Tahun ini Kementan akan kembali memberikan bantuan bibit buah, dan beberapa pendukung kebutuhan kebun buah. Termasuk pembangunan saluran irigasi untuk mengontrol pengairan di lokasi kebun buah.

Baca Juga: Keren! Dosen dan Mahasiswa Itera Kembali Raih Dua Prestasi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya