Lokasi Rapid Test Antigen di Lampung Berikut Harganya

Wajib menunjukkan keterangan hasil non reaktif rapid antigen

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djuanidi mengeluarkan surat edaran terkait antisipasi penularan COVID-19 momen saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dalam surat edaran berlaku sejak 18 Desember 2020 ini, Arinal mengimbau masyarakat yang tidak dapat menunda perjalanan harus membawa surat keterangan rapid  test antigen.

“Bagi pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang akan memasuki wilayah Lampung dengan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil non reaktif rapid antigen paling lama 2x24 jam sebelum keberangkatan dan mengisi e-HAC Indonesia,” ujarnya. 

Gubernur menambahkan, menunjukkan surat keterangan rapid test antigen juga berlaku bagi yang melakukan perjalanan memakai kendaraan pribadi melalui transportasi darat dan laut. Selain itu Arinal juga melakukan monitoring dan evaluasi terkait kegiatan Nataru yang berpotensi terjadi kerumunan dan pelanggaran porotokol kesehatan.

Berikut IDN Times rangkum beberapa lokasi di Kota Bandar Lampung atau di Luar kota yang melayani rapid test antigen secara mandiri.

1. Bandar Lampung

Lokasi Rapid Test Antigen di Lampung Berikut HarganyaIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Beberapa rumah sakit yang membuka layanan rapid test antigen mandiri di Kota Bandar Lampung di antaranya,  Rumah Sakit (RS) Hermina, Bumi Waras, Advent dan Graha Husada. RS Bumi Waras berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 235 Pengajaran Bumi Waras, Kota Bandar Lampung, mematok tarif rapid test antigen Rp250 ribu.

Di RS Hermina berlokasi di Jalan Tulang Bawang Nomor 21-23, Enggal Bandar Lampung tarif rapid test antigen Rp275 ribu. RS Graha Husada berlokasi di Jalan Gajah Mada Nomot 6 GH, Tanjung Agung Raya, Kedamaian tarif rapid test antigen Rp225 ribu.

Sedangkan RS Advent berlokasi di Jalan Teuku Umar Nomor 48, Sidodadi, Kecamatan Kedaton tarifnya Rp250 ribu.

2. Bandara Radin Inten II

Lokasi Rapid Test Antigen di Lampung Berikut HarganyaSituasi Bandara Raden Inten II Bandar Lampung sebelum melakukan pembatasan operasional penerbangan penumpang - ANTARA/HO-Kepala Bandara

Masyarakat akan melakukan perjalanan melalui transportasi udara, di Bandar Udara Radin Inten II, Natar, Lampung Selatan juga sudah menyiapkan rapid test antigen. Biayanya lebih rendah dibandingkan rumah sakit.

Pengelola bandara menetapkan tarif Rp200 ribu.

Baca Juga: Hotel di Bandar Lampung Batalkan Perayaan Tahun Baru 

3. Rapid test antigen di luar Bandar Lampung

Lokasi Rapid Test Antigen di Lampung Berikut HarganyaRapid tes pekerja media di LKBN Antara (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Di RS Harapan Bunda berlokasi di Jalan Proklamator Raya, Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah tarif rapid test antigen Rp250 ribu.

Sedangkan RS Mutiara Bunda berlokasi di Jalan Lintas Timur Unit II No.1147 Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang tarifnya sebesar 250 ribu. Terkait tarif rapid test antigen, ditanggapi warga Lampung. 

Sherly salah satu warga Kota Metro yang pernah melakukan rapid test antigen di Klinik Unyai Metro 16 November 2020 lalu mengatakan, pernah mengeluarkan kocek Rp650 ribu. Pada 13 Desember 2020, harganya turun menjadi Rp550 ribu.

"Ini terakhir hari ini 22 Desember, harga rapid antigen turun menjadi 275 ribu. Terbantu banget tarifnya kini lebih terjangkau," jelasnya. 

4. Rapid test antigen memang lebih mahal

Lokasi Rapid Test Antigen di Lampung Berikut HarganyaIDN Times/Reza Iqbal

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli menyampaikan, sampai saat ini masyarakat baru bisa melakukan rapid test antigen di rumah sakit swasta. Sebab di puskemas tidak dibuka untuk umum.

"Hanya diperuntukkan bagi orang yang rapid test antibodinya dinyatakan reaktif," ujarnya.

Edwin menambahkan, harga rapid test antigen memang lebih mahal dibanding rapid test biasa. Di rumah sakit swasta harganya berkisar Rp200 ribu-Rp300 ribu untuk rapid test antigen. Sedangkan untuk rapid test biasa atau antibody harganya Rp150 ribu.

Baca Juga: 5 Paslon di Pilkada Lampung Ajukan Gugatan ke MK

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya