KPU Bandar Lampung Anggarkan Rp53 Miliar untuk Pilkada 2024

Wali Kota siap penuhi anggaran?

Bandar Lampung, IDN Times - KPU Kota Bandar Lampung mulai merencanakan kebutuhan anggaran Pilkada Kota Bandar Lampung 2024. Hal itu dibahas bersama Wali Kota Eva Dwiana dan Jajaran pemerintah kota setempat, Selasa (7/6/2022).

Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Dedy Triyadi mengatakan, kebutuhan anggaran Pilkada 2024 sebesar Rp53 miliar. Menurutnya, keseluruhan anggaran tersebut dipergunakan untuk membiayai honor penyelenggara adhoc (PPK, PPS dan KPPS), Pelaksanaan tahapan pilkada, dan penyediaan logistik.

"Honor panitia adhoc mencapai 46 persen dari total anggaran pilkada. Namun demikian, nantinya akan ada sharing dana dengan pemerintah provinsi," jelasnya, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: KPU: Ada 5.973.779 Pemilih di Lampung, 64 Personel TNI-Polri Masuk TMS 

1. KPU kota berharap kolaborasi dengan Disdukcapil lebih baik lagi

KPU Bandar Lampung Anggarkan Rp53 Miliar untuk Pilkada 2024KPU Bandar Lampung bahas anggaran Pilkada 2024 bersama Wali Kota Bandar Lampung (IDN Times/Istimewa)

Selain anggaran, pertemuan tersebut juga membahas persiapan lain seperti pemutahiran data pemilih, mekanisme pencairan anggaran, sosialisasi dan pendidikan pemilih.

"KPU kota berharap, pemerintah kota melalui dinas kependudukan dan catatan sipil dapat berkolaborasi lebih baik dalam pendataan penduduk," terang Dedy.

Menurutnya, pendataan pemilih pemula dan pemilih telah meninggal dunia akan lebih mudah dan akurat jika berkolaborasi dengan Disdukcapil.

2. Eva Dwiana siap penuhi kebutuhan anggaran Pilkada

KPU Bandar Lampung Anggarkan Rp53 Miliar untuk Pilkada 2024Ilustrasi. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Menanggapi keseluruhan hal terkait persiapan pilkada itu, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan anggaran dan segala keperluan lainnya.

"Pemerintah kota siap memenuhi kebutuhan anggaran yang telah disusun KPU. Kita akan bekerjasama dengan lebih baik dalam rangka persiapan dan pelaksanaan Pilkada," kata Eva Dwiana.

3. KPU diminta dampingi perekaman KTP elektronik

KPU Bandar Lampung Anggarkan Rp53 Miliar untuk Pilkada 2024Ilustrasi perekaman KTP elektronik (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Eva Dwiana juga meminta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk bisa bekerjasama dengan KPU terkait keperluan pemutahiran data pemilih.

"KPU bisa turut mendampingi pelaksanan perekaman KTP-Elektronik yang dilakukan dinas di sekolah, mall ataupun kecamatan," ujar Eva.

Baca Juga: KPU Lampung Rilis Jumlah Proyeksi TPS Pemilu dan Pilkada 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya