Jembatan Gantung Penghubung Selesai Dibangun, Warga Gelar Syukuran

Berpotensi jadi objek wisata

Bandar Lampung, IDN Times - Jembatan menjadi insfratruktur yang sangat penting dalam menghubungkan antar satu daerah dengan daerah lain. Namun pembangunan jembatan saat ini tak hanya bermanfaat sebagai akses bagi warga sekitar dalam melakukan aktivitas sehar-hari. Jembatan juga bisa dimanfataan sebagai tempat rekreasi yang bisa menambah postingan media sosial kamu semakin menarik.

Salah satunya yang dilakukan oleh dua warga desa di Bandar Lampung ini yakni, Warga Kampung Sukarame dua dan warga Batu Putuk, Kelurahan Batu Putuk, Kecamatan Telukbetung Barat, Bandar Lampung.

1. Gotong royong membangun jembatan gantung

Jembatan Gantung Penghubung Selesai Dibangun, Warga Gelar SyukuranVertical Rescue Indonesia membangun jembatan gantung penghubung Kampung Kihung dan Kampung Batu Putuk, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung, Senin (28/12/2020). (IDN Times/Martin Lumban Tobing).

Dibantu oleh Relawan Lampung dan Vertical Rescue Indonesia, warga Kampung Kihung dan Batu Putuk akhirnya bisa merealisasikan jembatan gantung panjang 70 meter dan lebar 1,20 meter dibangun mulai 22 Desember 2020 lalu.

Pembangunan tersebut juga mendapat bantuan dana Coorporate Social Responsibility CSR dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang sebesar Rp103.820.000.

2. Berpotensi menjadi obyek wisata

Jembatan Gantung Penghubung Selesai Dibangun, Warga Gelar SyukuranVertical Rescue Indonesia membangun jembatan gantung penghubung Kampung Kihung dan Kampung Batu Putuk, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung, Senin (28/12/2020). (IDN Times/Martin Lumban Tobing).

Menurut Jakarsih, Kepala Humas PT KAI Devisi Regional IV Tanjung Karang, jembatan gantung rintisan yang membentang melintasi sungai Way Betung dan Sungai Way Kuripan ini tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan sebagai obyek wisata. Mengingat, lokasinya memang masih bersih dan asri serta tidak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung.

“Bisa jadi objek lokasi alternatif, misal wisata sungai. Tapi warga juga harus menjaga dan ikut merawat jembatan yang ada sekarang ini supaya jembatan rintisan yang sudah dibangun bisa bermanfaat,” ujarnya.

3. Peresmian jembatan gantung diwarnai potong tumpeng

Jembatan Gantung Penghubung Selesai Dibangun, Warga Gelar SyukuranPeresmian jembatan gantung Warga Kampung Sukarame dua dan warga desa Batu Putuk, Kelurahan Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung Barat, Bandarlampung bersama PT KAI Tanjungkarang

Ratusan warga Kampung Kihung Kelurahan Sukarame Dua dan warga Kampung Batu Putuk, antusias berdatangan ke lokasi jembatan gantung yang terbentang melintasi sungai Way Betung dan sungai Kuripan, Minggu (10/1/2021). Acara peresmian jembatan baru tersebut diwarnai dengan potong tumpeng, makan dan doa bersama.

Tidak hanya orang dewasa, pemuda pemudi, anak anak serta para ibu ibu pun turut hadir ke acara tersebut. Tak hanya merayakan peresmian, mereka juga sibuk mengabadikan moment di jembatan yang baru saja diresmikan itu.

“Jembatan ini sudah sebenarnya sudah selesai sejak akhir tahun 31 Desember 2020 kemarin, sudah bisa digunakan untuk melintas. Mamun jarang dipakai warga karena belum diresmikan dan baru hari minggu secara simbolis.” ujar Suparno ketua RT 08 Kampung Kihung.

Baca Juga: Asa Itu Masih Ada, Impian Pelajar Ada Jembatan Gantung Terwujud

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya