Comscore Tracker

Jelang Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Hutama Karya Lakukan Ini

Kapan tarif baru berlaku?

Bandar Lampung, IDN Times - PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter) saat ini sedang melakukan sosialisasi masif kepada pengguna jalan. Itu terkait penyesuaian tarif baru yang akan ditetapkan.

Menurut Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya, J. Aries Dewantoro, penyesuaian tarif tol ruas Bakter dilakukan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 Pasal 48 Ayat (3) tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah (PP) Pasal 68 Ayat (1) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Itu sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

1. Penyesuaian tarif tol Bakter dapat dilakukan setelah penuhi SPM

Jelang Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Hutama Karya Lakukan IniFoto hanya ilustrasi. Kendaraan yang membawa pekerja memasuki pintu gerbang tol Indrapuri di Aceh Besar, Aceh, Senin (6/7/2020) (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

Aries Dewantoro menjelaskan, penyesuaian tarif di Tol Bakter baru dapat dilakukan setelah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang berlaku sesuai ketentuan.

“Saat ini kami dalam tahapan pemenuhan (SPM) pada Tol Bakter, demi memberikan pelayanan yang optimal," kata Aries.

Pihaknya memastikan nantinya penyesuaian tarif tersebut diikuti dengan peningkatan SPM dan fasilitas sesuai standar dan monitor dari Kementerian PUPR dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) selaku regulator.

2. Jalan tol merupakan investasi dikeluarkan BUJT

Jelang Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Hutama Karya Lakukan IniIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Aries mengatakan, penyesuaian tarif juga bertujuan dalam rangka menjamin Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menjaga kepercayaan investor dalam investasi sesuai rencana bisnis.

Karena Jalan tol merupakan investasi yang dikeluarkan oleh BUJT sehingga perlu adanya dana yang diperoleh dari pendapatan tersebut.

"Apabila tidak sesuai dengan rencana bisnis yang sudah disepakati dapat berdampak pada jalan tol tersebut," jelas Aries.

Baca Juga: Tarif Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Lampung Naik? Ini Kata Hutama Karya

3. Tingkatkan pelayanan

Jelang Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Hutama Karya Lakukan IniJalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) (IDN Times/Istimewa)

Selain itu Aris juga memaparkan peningkatan pelayanan pada ruas Tol Bakter yang saat ini telah dilakukan oleh Hutama Karya. Di antaranya peningkatan pelayanan transaksi, peningkatan pelayanan lalu lintas, serta peningkatan pelayanan pemeliharaan.

Aries mengatakan dari sisi pelayanan transaksi, pihaknya telah menambah beberapa gardu tol yakni dua gardu tol di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan yang semula lima gardu menjadi tujuh gardu serta dua gardu tol di GT Kotabaru dari empat gardu menjadi enam gardu.

"Kami juga melakukan penambahan enam unit Mobile Reader di GT Bakauheni Selatan dan dua unit Mobile Reader di GT Terbanggi Besar," terang Aries.

4. Pasang 289 unit CCTV jalur dapat dilihat melalui aplikasi

Jelang Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Hutama Karya Lakukan Iniifsecglobal.com

Sedangkan dari sisi peningkatan pelayanan lalu lintas, Hutama Karya juga konsisten dalam melaksanakan giat penertiban kendaraan ODOL.

Bahkan sudah melakukan pemasangan Variable Message Sign (VMS) di sepanjang Tol Bakter, penambahan dua unit VMS Mobile pada kendaraan patroli, pemasangan 289 unit CCTV jalur yang dapat dilihat melalui aplikasi HK Toll Apps, serta optimasi sentral komunikasi.

"Dari sisi pelayanan pemeliharaan, kami telah melakukan penambahan rambu-rambu, pengecatan marka dan peremajaan rambu-rambu keselamatan," paparnya.

Selain itu ada penambahan rumble strip dan rumble dot pada lokasi yang rawan mengantuk, pemasangan warning light, serta pemeliharaan fisik jalan tol secara periodik dan melakukan perbaikan dengan rekonstruksi beton rigid.

5. Lakukan kegiatan penghijauan

Jelang Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Hutama Karya Lakukan Ini(IDN Times/Istimewa)

Menurut Aries, perusahaan juga aktif melakukan kegiatan penghijauan seperti penanaman pohon sengon dan trambesi sepanjang Tol Bakter sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup dan peningkatan estetika ruas.

"Selain meningkatkan berbagai pelayanan tersebut, di Tol Bakter juga telah dilakukan berbagai kegiatan demi mengantisipasi kecelakaan yang diakibatkan pengemudi mengantuk," ungkapnya.

6. Gelar patroli mengantuk bagi pengendara

Jelang Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Hutama Karya Lakukan IniIlustrasi Mengantuk. IDN Times/Mardya Shakti

Selain memberikan perlengkapan antisipasi tersebut Aris juga menyampaikan pernah melakukan patroli mengantuk di mana kendaraan diminta berhenti oleh petugas. Jika terindentifikasi mengalami kantuk akan diminta berhenti untuk beristirahat terlebih dahulu.

"Selain itu, kami juga pernah melakukan Operasi Simpatik dimana petugas tol membagikan kopi dan permen gratis kepada pengguna jalan pada malam
hari agar pengguna jalan tetap terjaga saat berkendara di malam hari," terangnya.

Operasi Mengantuk Microsleep yang digelar akhir-akhir ini menurutnya, jika petugas mendapati pengemudi mengantuk atau kondisinya kurang fit akan diminta untuk beristirahat terlebih dahulu di Rest Area sekitar 1-2 jam.

"Pengemudi diberikan snack serta kopi agar tetap terjaga. Sambil beristirahat, dilakukan juga pengecekan kondisi kendaraan pengemudi guna memastikan bahwa kendaraan pengemudi sudah layak untuk dikendarai.” jelas Aries.

7. Lakukan langkah-langkah ini saat berkendara

Jelang Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Hutama Karya Lakukan IniIlustrasi tol. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Aries menambahkan, Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Pihaknya meminta pengemudi berkendara dalam kondisi prima, mengecek kondisi kendaraan, memastikan kecukupan saldo sebelum melintas di jalan tol.

"Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya," ujarnya.

Menurutnya dalam aplikasi terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE, melaporkan ke Call Centre masing-masing Cabang Tol apabila terjadi tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area.

"Serta mematuhi menerapkan protokol COVID-19 seperti menggunakan masker dan selalu mencuci tangan pada saat bepergian. Tidak perlu keluar rumah apabila tidak ada keperluan mendesak," kata Aries.

Baca Juga: Peneliti ITERA Ungkap Jalan Lambat di Tol Justru Picu Kecelakaan 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya