Jadi Penerima Vaksin Lansia Pertama, Ini Kata Gubernur Lampung 

Masa inkubasi vaksin lansia selama 28 hari

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menjadi orang pertama di Lampung yang menerima vaksinasi untuk kategori lanjut usia (lansia). Vaksinasi tersebut berlangsung di  Mahan Agung Rumah Dinas Gubernur Lampung Jalan Dr Susilo, Bandar Lampung pada Selasa (9/2/2021).

Vaksin yang diberikan kepada gubernur jenis Sinovac yang sudah mendapat izin dari BPOM RI.

1. Usai divaksin Arinal merasa baik-baik saja

Jadi Penerima Vaksin Lansia Pertama, Ini Kata Gubernur Lampung Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan pencanangan gerakan diversifikasi pangan dan ekspos Usaha, Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) Pangan Lokal, Rabu (19/8/2020). (IDN Times/Istimewa)

Diketahui saat vaksinasi tahap pertama di Lampung Januari lalu, Arinal tidak turut serta. Itu lantaran usianya sudah di atas 60 tahun. Terkait kesannya usai divaksinasi kategori lansia, Arinal merasa baik-baik saja.

"Alhamdulilah setelah divaksin malah lebih baik. Memang kita harus selalu berpikir positif," ujarnya usai menghadiri peringatan Hari Pers Nasional di sekretariat PWI Lampung.

Arinal berharap tenaga kesehatan lanjut usia yang akan menerima vaksin tak perlu takut dan khawatir.

Baca Juga: IDI Bandar Lampung: Vaksinasi Nakes Perlu Inovasi Baru agar Sesuai Target

2. Vaksinasi lansia membutuhkan dua kali inkubasi

Jadi Penerima Vaksin Lansia Pertama, Ini Kata Gubernur Lampung Klikdokter

Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana mengatakan,  vaksinasi yang diberikan kepada gubernur Lampung untuk tahapan vaksinasi keduanya menunggu sampai 28 hari. "Tapi kan yang untuk lansia dua kali masa inkubasi. Untuk jumlah tenaga medis lansia kan sudah didata semua kemarin termasuk waktu vaksinasi tahap pertama," kata dia.

Ia menambahkan,  tahapan vaksinasi kategori lansia selanjutnya di Lampung masih menunggu arahan dari pusat. Sebab sampai hari ini vaksinnya belum datang ke Provinsi Lampung.

"Selanjutnya ini lansia untuk nakes. Kemudian Maret baru untuk pelayanan publik dan lansia," jelasnya.

3. Dokter usia 60 tahun ke atas di Bandar Lampung nihil

Jadi Penerima Vaksin Lansia Pertama, Ini Kata Gubernur Lampung dr Aditya M Biomed Ketua IDI Bandar Lampung (IDN Times/Silviana)

Ketua IDI Bandar Lampung, Dr Aditya menambahkan, IDI Bandar Lampung tidak memiliki jumlah tenaga kesehatan berusia 60 tahun ke atas yang menjadi sasaran penerima vaksinasi.

Sedangkan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Bandar Lampung, Elya Eva, mengatakan ada lebih 60 orang bidan berusia lansia 60 tahun ke atas.

"Kalau bidan yang sudah 60 tahun ke atas sampai hari ini belum ada yang divaksinasi. Karena usia yang memang tidak prioritas," kata Eva dalam pesan singkatnya, Senin (7/2/2021).

4. Vaksinasi perlu libatkan Disdukcapil

Jadi Penerima Vaksin Lansia Pertama, Ini Kata Gubernur Lampung Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Wakil Ketua IDI Lampung dr Boy Zaghlul Zaini, menyampaikan ke depan vaksinasi kepada masyarakat memang lebih baik melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) seperti pelaksanaan pilkada. Pasalnya, Pemda tidak hanya dinkes saja untuk vaksinasi, Disdukcapil perlu dilibatkan.

"Jadi semua warga terdata berapa jumlah yang bisa terima vaksin namun setelah itu yang paling penting yakni pada proses screening ya kalau mereka ada kormobid kan tidak bisa divaksin," jelasnya.

Baca Juga: 116.899 Lansia 60 Tahun ke Atas Bandar Lampung Bisa Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya