Hari Buku Internasional, Tim Ahli Cagar Budaya Metro Terbitkan Buku Sejarah 

Pernah buat film dokumenter dan buku sejarah rumah dokter

Bandar Lampung, IDN Times - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Metro bekerjasama dengan Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya LIPI menerbitkan buku bertema sejarah lokal dan Cagar Budaya. Kolaborasi tersebut bertepatan dengan Hari Buku Internasional diperingati setiap 23 April.

Peneliti PMB LIPI, Hidayatullah Rabani menjelaskan, kerjasama ini merupakan upaya kolaborasi antara para peneliti dengan berbagai komunitas.

"Kami ingin memberi ruang kepada para penulis atau peneliti muda untuk bersama-sama menggali sejarah lokal dan cagar budaya yang ada di Lampung," kata Hidayatullah.

1. Sedang proses mengumpulkan tulisan

Hari Buku Internasional, Tim Ahli Cagar Budaya Metro Terbitkan Buku Sejarah pinterst

Kian Amboro mewakili TACB Metro mengatakan kerjasama ini dalam rangka mengembangkan sejarah publik sekaligus memperkenalkan cagar budaya khususnya yang ada di Lampung.

"Didalamnya terlibat berbagai pihak mulai dari dosen dari berbagai universitas di Lampung, peneliti, pegiat komunitas sejarah, guru, dosen hingga mahasiswa pasca sarjana dan lain sebagainya," jelas Sejarawan UM Metro itu.

Menurutnya saat ini sudah mulai mengumpulkan tulisan dari para penulis. Ada dari Metro, Pringsewu, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulangbawang dan lain daerah lainnya.

Baca Juga: Kamu Sudah Tahu? Ada Lima Pasar Kuliner Kreatif di Lampung 

2. Pernah terbitkan buku sejarah rumah dokter

Hari Buku Internasional, Tim Ahli Cagar Budaya Metro Terbitkan Buku Sejarah Sejarah Rumah Dokter Kota Metro. (IDN Times/Istimewa).

Sebelumnya TACB Kota Metro bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro menerbitkan buku berjudul Dokterswoning: Sejarah Rumah Dokter Kota Metro.

Buku itu menceritakan perjalanan panjang sejarah rumah dokter yang dibangun pada1939 di era kolonial dan menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan Kota Metro.

3. Buat film dokumenter juga lho

Hari Buku Internasional, Tim Ahli Cagar Budaya Metro Terbitkan Buku Sejarah Pexels.com/Donald Tong

Bahkan pihaknya juga bergotong-royong memproduksi film dokumenter sejarah terkait keberadaan rumah dokter di daerah setempat.

Menurut, Seprita, pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Youtuber ternama Lampung, Ibaf Fabi turut memberikan masukan dan saran dokumenter video Rumah Dokter.

Dokumenter rencananya itu sudah dirilis pada 12 Januari 2021 lalu via akun YouTube TACB Kota Metro.

Baca Juga: Cagar Budaya Rumah Dokter Saksi Sejarah Perkembangan Kota Metro

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya