Comscore Tracker

Kamu Sudah Tahu? Ada Lima Pasar Kuliner Kreatif di Lampung 

Mulai dari jajanan pasar tradisional hingga modern

Bandar Lampung, IDN Times - Di tengah pandemik COVID-19 ini antusias masyarakat Lampung membangun sektor pariwisata mulai meningkat.

Itu bisa dilihat dari banyaknya wisata baru yang bermunculan di setiap daerah. Namun tak hanya sekadar wisata yang menawarkan spot foto atau keunggulan daerah saja.

Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Lampung menggerakkan masyarakat untuk membuat pasar kreatif berbasis wisata. Tujuannya, bisa meningkatkan perekenomian masyrakat sekitar lebih luas lagi.

Berikut ini IDN Times rangkum lima pasar kreatif di Lampung wajib kamu kunjungi karena memiliki pemandangan estetik dan berbaur dengan alam.

1. Wisata Jamur Sawah

Kamu Sudah Tahu? Ada Lima Pasar Kuliner Kreatif di Lampung Instagram.com/wisata_jamursawah

Kota Metro masih memiliki lahan persawahan yang cukup luas. Sebab itu masyarakat memanfaatkannya sebagai lokasi pasar kuliner sekaligus berwisata di tengah sawah.

Pasar yang dikelola oleh masyarakat setempat ini menjual beragam jajanan yang menggiurkan. Mulai dari jajanan pedesaan seperti pecel, nasi urap, nasi tiwul, singkong rebus hingga jajanan modern seperti pudding, salad atau seafood bakar.

Berlokasi di Jalan Mawar, Mulyojati 16b, RW 01 Metro Barat, Kota Metro, pasar ini buka setiap Sabtu dan Minggu pukul 06.00 sampai 11.00 WIB.

Nah selain kuliner tentunya kamu bisa menikmati pemandangan sawah yang membentang luas lengkap dengan tempat duduk yang bisa jadi spot foto menarik di kamera kamu.

2. Pasar kuliner Karang Endah

Kamu Sudah Tahu? Ada Lima Pasar Kuliner Kreatif di Lampung Dide Hijau Daun meriahkan pembukaan pasar kreatif di Lampung(instagram.com/pakare_)

Dari Kota Metro kita bergeser ke Kabupaten Lampung Tengah. Tepatnya di Kampung Karang Endah, Kecamatan Terbanggi Besar.

Di sini juga berdiri sebuah pasar kuliner kreatif yang baru saja diresmikan pada 14 Maret 2020 lalu oleh bupati dan wakil bupati Lampung Tengah. Bahkan vokalis Hijau Daun Dide juga turut memeriahkan pembukaan pasar kreatif itu.

Tak kalah menarik, pasar kuliner Karang Endah yang disingkat Pakare ini juga menyediakan beragam kuliner dan spot foto menarik. Ada juga area flaying fok dan live akustik.

Warga setempat mempercantik area pasar begitu kreatif menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar area.

Seperti jembatan warna-warni yang terbuat dari bambu. Ban mobil yang di cat warna warni dan berbagai tulisan-tulisan di sebuah kayu yang menarik perhatian.

Tak hanya itu, mereka juga membuat tulisan sejarah Kampung Karang Endah yang dibingkai kayu serta mural bertuliskan Pakare yang begitu apik.

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Lampung Barat Wajib Kamu Kunjungi

3. Payungi Metro

Kamu Sudah Tahu? Ada Lima Pasar Kuliner Kreatif di Lampung Instagram.com/payungi_

Siapa yang tidak mengenal pasar kreatif Payungi? Pasar ini sudah cukup besar dan tak hanya sebagai sarana jual beli atau rekreasi. Tapi menjadi wadah kreativitas para milenial juga lho.

Ada co-working space, kampung kopi, pesantren wirausaha dan kampung bahasa. Berlokasi di Jalan Kedondong, Yosomulyo, Metro Pusat, pasar bernama lengkap Yosomulyo Pelangi ini buka setiap hari Minggu sejak pukul 06.00-11.00 WIB.

4. Pasar kreatif Tejoagung

Kamu Sudah Tahu? Ada Lima Pasar Kuliner Kreatif di Lampung Instagram.com/pasarkreatiftejoagung

Setiap pasar kreatif yang ada di Lampung ini memang memiliki daya tarik masing-masing. Di pasar kreatif Tejoagung kamu bisa mengunjungi beberapa area yang menarik seperti galeri ekraf, seni kayu, wisata kelinci, lukisan daun, panahan dan beragam kuliner tentunya.

Berlokasi di Jalan Raya Stadion, Tejoagung Kota Metro, pasar ini juga membuat wahana permainan zaman dulu seperti ingkling yang dicat warna-warni.

5. Sarung manggung

Kamu Sudah Tahu? Ada Lima Pasar Kuliner Kreatif di Lampung Instagram.com/sarungmanggung

Nah kalau yang satu ini harap bersabar dulu ya, karena baru coming soon. Tapi tenang, masyarakat di Dusun Sendang Agung, Batanghari, Kabupaten Lampung Timur ini sudah mempersiapkan konsep yang tak kalah menarik dari pasar kreatif lain.

Selain mengusung konsep pasar kuliner, di sini juga bakal ada pasar tanaman hias atau ikan hias. Kemudian bagi anak-anak akan ada sarana edukasi seperti lomba mewarnai. Dan yang paling menarik adalah arena hiburan berupa orkes, hadroh, live musik dan spot foto menarik untuk menunjang konten media sosial kamu.

Baca Juga: Lampung Potensial Kembangkan Pasar Kreatif Digital Gaet Millenials

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya