Farel Prayoga Meriahkan Pembukaan Jumbara PMR Nasional Lamsel 2023

Dibuka langsung oleh Ketua PMI pusat, Jusuf Kalla

Lampung Selatan, IDN Times - Kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) ke-IX tingkat nasional di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung berlangsung sangat meriah. Penyanyi cilik Farel Prayoga memeriahkan acara tersebut dengan lantunan lagu-lagu dangdut koplo membuat 2.200 orang hadir bersorak dan terhibur.

Acara dibuka langsung oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla ditandai pemukulan Cetik Pekhing, instrumen musik gamolan dari daerah Lampung. Jusuf Kalla menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya.

Mantan Wakil Presiden RI itu berharap, momentum Jumbara itu bisa jadi ajang untuk bersama-sama mengasah keberanian dan kemampuan dalam organisasi kemanusiaan PMR.

“Jumbara yang ke-IX tahun ini, di hari-hari libur anak-anak sekolah, harapannya anakku semua datang dengan semangat keberanian kemampuan dan juga untuk bersama-sama membahas dan belajar. Tentu bekerja untuk kemanusiaan remaja mulai dari tingkat pemula Madya dan Wira di SMP-SMA,” kata Jusuf Kalla.

Baca Juga: 4.000 PMR Bakal Hadir Jumbara di Kalianda, Ada dari Luar Negeri!

1. Harapan Jusuf Kalla untuk generasi muda

Farel Prayoga Meriahkan Pembukaan Jumbara PMR Nasional Lamsel 2023Pembukaan Jumbara PMR Nasional oleh Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla di Stadion Lampung Selatan (Instagram/nanangermantoo)

Jusuf Kalla menyampaikan, Jumbara Nasional PMR ke-IX merupakan momen penting bagi para relawan PMI untuk bertemu, berbagi pengalaman, dan memperkuat jalinan persaudaraan.

Dengan semangat menggelora, Ia mengatakan, Jumbara Nasional PMR ke-IX juga diharapkan dapat menjadi momentum penting memperkuat semangat gotong royong dan kepedulian sosial di Indonesia.

“Berbakti kepada masyarakat karena itu adalah modal kita semua. Bahwa generasi muda tentu mengabdi ke masyarakat sebaik-baiknya dan juga mempererat persahabatan. Harapan saya, kita menghasilkan generasi muda yang mengerti tentang upaya perdamaian kemanusiaan dan sebagainya,” ucap Kalla.

2. Rangkaian acara Jumbara selama sepekan

Farel Prayoga Meriahkan Pembukaan Jumbara PMR Nasional Lamsel 2023Jumbara PMR tingkat Nasional di Stadion Lampung Selatan (Instagram/nanangermantoo)

Ketua Bidang Relawan PMR PMI Pusat Sasongko Tedjo mengatakan, kegiatan Jumbara Nasional berlangsung mulai dari 3-9 Juli 2023 dan akan diisi berbagai kegiatan jumpa bhakti dan gembira.

“Jumbara Nasional sebagai ajang evaluasi pembinaan dan pengembangan PMR tingkat nasional yang dilaksanakan lima tahun sekali,” kata Sasongko Tedjo.

Menurutnya, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan melibatkan simulasi penanganan bencana, pertolongan pertama, dan pelatihan keterampilan lainnya. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah untuk bertukar pengalaman dan memperluas jejaring relawan PMI di seluruh Indonesia.

“Kegiatannya meliputi bimbingan teknis, jurnalistik remaja, kewirausahaan, pameran kontingen, remaja tangguh, bakti lingkungan, Youth Station, dan olahraga persahabatan,” jelasnya.

Selain itu, ada kegiatan parade budaya, Jumbara got talent, anjangsana, tukar hasil karya kontingen, bakti masyarakat, red talk corner, wahana kepalangmerahan, wisata edukasi dan kegiatan lainnya.

3. Bupati Lamsel bangga jadi tuan rumah

Farel Prayoga Meriahkan Pembukaan Jumbara PMR Nasional Lamsel 2023Jumbara PMR tingkat Nasional di Stadion Lampung Selatan (Instagram/nanangermantoo)

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangganya, karena Kabupaten Lampung Selatan menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

“Suatu kerhormatan tak terhingga bagi Kabupaten Lampung Selatan, karena tahun ini mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah event akbar Jumbara PMR ke-IX tingkat nasional,” ujarnya.

Nanang juga mengatakan, disamping menjadi kebanggaan perhelatan nasional, Jumbara juga menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Lampung Selatan untuk mempersiapkan diri dengan baik demi menyukseskan acara tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan dan masyarakat mengucapkan selamat datang di Kota Kalianda. Saya berharap Jumbara PMR ini akan berjalan dengan sukses dan lancar,” kata Nanang.

Baca Juga: Kemeriahan Parade Budaya Jumbara PMR di Lamsel, Indonesia Banget

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya