4.000 PMR Bakal Hadir Jumbara di Kalianda, Ada dari Luar Negeri!

Jumbara IX digelar 2-10 Juli 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar Jumpa-Bakti-Gembira atau Jumbara ke IX di Kalianda, Lampung Selatan, Provinsi Lampung 2-10 Juli 2023. Ajang jumpa lima tahunan ribuan Palang Merah Remaja (PMR) perwakilan seluruh provinsi se-Indonesia ini digelar untuk meningkatkan keterampilan relawan muda PMI.

Jumbara 2023 merupakan edisi kesembilan pertemuan PMR seluruh Indonesia. Jumbara Nasional pertama kali digelar tahun 1978 di DKI Jakarta. Sementara kedelapan digelar di Pangkep, Sulawesi Selatan pada 2016.

Baca Juga: Penuh Toleransi, Pecalang Amankan Salat Idul Adha di Bandar Lampung

1. Diikuti 4000an relawan dan peserta dari luar negeri

4.000 PMR Bakal Hadir Jumbara di Kalianda, Ada dari Luar Negeri!Relawan PMI PPU tergabung dalam PMR saat memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran di Sepaku (IDN Times/Ervan)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI, AM Fachir mengatakan, sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas relawan muda ini terangkum dalam 'Jumpa', yakni berbagi pengetahuan, sikap, keterampilan serta menjalin persahabatan. Kemudian 'Bakti' untuk penerapan pengetahuan sikap dan keterampilan di masyarakat. Kegiatan lainnya yakni ‘Gembira’ yakni kegiatan yang dilakukan dengan menumbuhkan kegembiraan sesuai dengan karakter remaja.

Ssemua aktivitas tersebut dilakukan untuk membina relawan PMR menjadi relawan  profesional dan memiliki empati dalam berbakti kepada masyarakat. Ia menambahkan, Jumbara tahun ini akan diikuti 4.000 an relawan PMR perwakilan 34 provinsi.

Sejumlah peserta tersebut terdiri dari PMR Mula (SD/sederajat), PMR Madya (SMP/Sederajat), dan PMR Utama (SMA/Sederajat). "Selain itu, sejumlah negara sahabat juga hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Italia, Tiongkok, dan Timor Leste," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/6/2023).

2. Diharapkan menjadi relawan berwawasan global

4.000 PMR Bakal Hadir Jumbara di Kalianda, Ada dari Luar Negeri!actionsinc.org

Jumbara merupakan salah satu wujud mandat PMI sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018, yakni pembinaan relawan. Dengan tema 'Cerdas, Kreatif, Berkarakter' diharapkan para peserta Jumbara 2023 dapat menjadi relawan yang profesional dan berwawasan global.

"Para peserta yang terlibat nanti adalah calon profesional dan pemimpin bangsa. Jumbara adalah salah satu upaya PMI menyiapkan orang muda yang 'Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter," kata, Sasongko Tedjo Ketua Bidang Relawan PMI Pusat.

3. Persiapan hampir 100 persen selesai

4.000 PMR Bakal Hadir Jumbara di Kalianda, Ada dari Luar Negeri!Menara Siger di Kabupaten Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa).

Terkait persiapan Lampung selaku tuan rumah, Rudy Syawal Wakil Ketua PMI Provinsi Lampung menyatakan, hampir 100 persen selesai untuk sarana dan prasarana di lokasi Jumbara. Fasilitas kesehatan, keamanan pun sudah disiapkan untuk mengamankan lokasi jumbara dan juga mengagendakan kegiatan memperkenalkan destinasi wisata di Provinsi Lampung kepada peserta seluruh Indonesia dan peserta Internasional.

"Rencananya untuk mengunjungi objek wisata, kebudayaan dan industri guna meningkatkan kapasitas dan pengetahuan. Di antaranya Lamban Adat, Dekranasda, Museum Lampung dan lain-lain,” ujarnya.

Baca Juga: Yusuf Kalla dan Farel Prayoga Dijadwalkan Hadiri Jumbara PMR di Lamsel

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya