Fakta Unik Bendungan Way Sekampung Pringsewu Diresmikan Jokowi

Memiliki banyak fungsi lho

Bandar Lampung, IDN Times - Presiden Joko Widodo dijadwalkan ke Provinsi Lampung, Kamis (2/9/2021). Kunjungan itu sekaligus meresmikan Bendungan Way Sekampung yang ada di Desa Bumi Ratu, Kecamatan Pagelaran dan Desa Banjarejo Kecamatan Banyu Mas, Kabupaten Pringsewu, lho. 

Bendungan dibangun sejak 2016 ini menurut data Kementerian PUPR, anggaran pembangunannya Rp 2,07 triliun. Namun fungsinya sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama petani di Kabupaten Pringsewu.

Pembangunan Bendungan Way Sekampung dibagi menjadi empat paket pekerjaan dengan kontraktor masing-masing paket yang dikerjakan oleh kontraktor PT. PP-PT. Ashfri (KSO), paket dua oleh PT. Waskita Karya - PT. Adhi Karya (KSO), paket tiga PT. PP-PT. Ashfri (KSO), dan paket empat PT. Waskita Karya.

Penasaran seperti apa fakta unik yang ada di Bendungan Way Sekampung? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bisa untuk berwisata

Fakta Unik Bendungan Way Sekampung Pringsewu Diresmikan JokowiInstagram.com/bendungan_way_sekampung

Pembangunan Bendungan Way Sekampung merupakan bagian dari pengelolaan sumber daya air dan irigasi untuk mendukung produksi pertanian berkelanjutan.

Menariknya, tak hanya berpotensi sebagai air baku, energi, pengendalian banjir saja lho, tapi sekaligus tempat bisa menumbuhkan ekonomi lokal.

2. Desain khas Lampung

Fakta Unik Bendungan Way Sekampung Pringsewu Diresmikan Jokowi(Instagram.com/bendungan_way_sekampung)

Memasuki area bendungan, kamu akan disambut gapura pintu masuk dengan desain mirip seperti wayang. Namun polesannya sangat kental motif khas Lampung. Sepertinya ini adalah akulturasi budaya Jawa dan Lampung ya?.

Selain itu, mata kamu juga akan dimanjakan dengan ruang terbuka hijau serta bangunan-bangunan memiliki desain arsitek simbol Lampung seperti kopiah dan siger.

Baca Juga: Joko Widodo ke Lampung, TNI-Polri Siapkan Pengamanan VVIP

3. Sebagai penyedia air irigasi petani

Fakta Unik Bendungan Way Sekampung Pringsewu Diresmikan JokowiBendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu Lampung (Instagram.com/sscilampung)

Nantinya bendungan ini akan dimanfaatkan sebagai penyediaan air irigasi di Sekampung seluas 55.373 hektare dan menambah areal irigasi di Rumbia Extension seluas 17.334 hektar.

Harapannya jaringan irigasi tersebut dapat membantu petani meningkatkan intensitas tanam 270 persen jika dibandingkan dengan metode tadah hujan yang hanya satu kali dalam setahun.

4. Penyedia air baku untuk tiga kabupaten/kota

Fakta Unik Bendungan Way Sekampung Pringsewu Diresmikan Jokowi(Instagram.com/bendungan_way_sekampung)

Selain mendukung kebutuhan irigasi air di Provinsi Lampung, Bendungan Way Sekampung juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku untuk Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan.

Besarnya air baku 2.482 liter/detik, potensi tenaga listrik sebesar 5,4 MW dan mereduksi banjir sebesar 185 m3/detik. 

5. Upaya pengendalian banjir

Fakta Unik Bendungan Way Sekampung Pringsewu Diresmikan Jokowi(Instagram.com/bendungan_way_sekampung)

Kementerian PUPR mengklaim bendungan seluas 800 hektare dengan kapasitas tampung 68,06 juta m3 ini merupakan bagian dari upaya pengendalian banjir di Provinsi Lampung yang terhubung dengan Bendungan Batutegi dan Margatiga.

Sehingga kapasitas tampung 68 juta m3, hujan yang turun akan ditampung dulu. Sebelumnya juga telah ditampung di Batutegi, lalu turun ke Way Sekampung, dan turun lagi ke Margatiga yang targetnya selesai Desember 2021. Ini upaya pengendalian dari hulu hingga hilir untuk mengurangi risiko banjir.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Pesawaran, Bupati Minta Warga Saksikan Secara Virtual

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya