Fakta Menarik 2 PTN Lampung Peraih Penghargaan Dikti 

Penghargaan untuk Humas kampus yang dihadiri 75 PTN

Bandar Lampung, IDN Times - Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) menggelar tahunan Anugerah Humas Dikti yang dibuka secara resmi oleh Dirjen Pendidikan, Prof.Ir. Nizam. Acara tersebut diikui oleh 75 orang pimpinan perguruan tinggi, 15 Kepala LLDIKTI Wilayah, dan Kepala Humas dari 75 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dari jumlah tersebut, dua PTN di Lampung berhasil menyabet juara dalam acara yang digelar secara virtual, yakni Universitas Lampung dan Institut Teknologi Sumatera (Itera). Berikut fakta-fakta yang membuat dua perguruan tinggi di Lampung itu menyabet juara.

1. ITERA borong empat penghargaan

Fakta Menarik 2 PTN Lampung Peraih Penghargaan Dikti IDN Times/Istimewa

Empat pernghargaan yang diraih ITERA adalah terbaik 1 kategori konferensi pers dan siaran pers, terbaik 1 kategori media sosial, juara harapan 1 kategori pengelolaan laman, dan anugerah insan humas terpopuler.

ITERA meraih empat penghargaan dalam kategori perguruan tinggi negeri satuan kerja (PTN Satker), dari total 75 PTN yang berpartisipasi. Penghargaan diserahkan langsung oleh Prof. Ir. Nizam, dan diterima oleh Rektor ITERA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Mitra Djamal.

Sebelum meraih empat penghargaan Anugerah Humas Dikti tahun 2020, ITERA juga meraih dua penghargaan dalam Anugerah Humas Dikti tahun lalu, yaitu terbaik 1 pengelolaan media sosial dan terbaik 1 hubungan media.

Baca Juga: Catat! Itera Amati Fenomena Langka Konjungsi Agung Jupiter Nanti Malam

2. Itera berkomitmen membangun kolaborasi dengan stakeholder

Fakta Menarik 2 PTN Lampung Peraih Penghargaan Dikti IDN Times/Istimewa

Terpisah, Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas capaian kampusnya di penghujung 2020. Ofyar menegaskan, pihaknya berkomitmen sebagai PTN yang baru genap berusia enam tahun bakal terus berupaya mengenalkan diri kepada masyarakat luas dengan berbagai prestasi, dan terus membangun kolaborasi dengan media massa.

Menurutnya, selama ini ITERA terus menjalin hubungan baik dengan media dan aktif memberi informasi kepada civitas akademika, serta masyarakat melalui berbagai saluran media, seperti website, media sosial dan siaran pers yang diterbitkan media lokal hingga nasional.

“Semoga capaian ITERA dalam bidang humas dapat mendorong kemajuan ITERA dan dapat semakin mengenalkan program kepada masyarakat luas. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan media yang selalu mendukung ITERA,” ujar Ofyar.

3. Unila raih kategori pelayanan pengaduan publik

Fakta Menarik 2 PTN Lampung Peraih Penghargaan Dikti IDN Times/Istimewa

Selain ITERA, PTN lain yang mendapat penghargaan dalam ajang tersebut adalah Universitas Lampung (Unila). Sebagai PTN tertua di Lampung, Unila meraih anugerah humas Dikti kategori Pengelolaan Pelayanan Pengaduan Publik Lapor Terbaik untuk Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) 2020.

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Prof. Ir. Nizam menjelaskan, Anugerah Humas dikti merupakan wujud apresiasi bagi humas perguruan tinggi yang telah semangat menjalankan tugas menyampaikan informasi, khususnya terkait program pendidikan tinggi kepada masyarakat luas.

“Selain menyampaikan berita kepada masyarakat, humas menjadi mata air di masyarakat, mencerahkan kehidupan bangsa dan memberi pengetahuan kepada masyarakat luas,” ujar Prof. Nizam.

Topik:

  • Martin Tobing
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya