Comscore Tracker

Dua Rektor PTN Lampung Tercatat Positif COVID-19

Dunia pendidikan kembali berduka

Bandar Lampung, IDN times - Kasus pasien terkonfirmasi positifnCOVID-19 di Provinsi Lampung menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung per, Jumat (18/12/2020) mencapai angka 5.220. Bahkan, dari total tersebut, ada duabrektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Lampung ikut terkena dampak pandemik ini. 

Pertama, Karomani selalu Rektor Universitas Lampung dinyatakan positif COVID-19 November lalu. Teranyar, Rektor InstitutTeknologi Sumatera  (Itera) Ofyar Z Tamin dinyatakan positif COVID-19, Jumat (18/12/2020).

Ofyar dalam pernyataan resmi disampaikan melalui akun YouTube Institut Teknologi Sumatera, Sabtu hari ini menyatakan, merasa tidak enak badan sejak Kamis lalu. Dia berinisiatif untuk langsung melakukan rapid test antigen dan dinyatakan hasilnya reaktif.

1. Rektor menjalani isolasi di RSUDAM

Dua Rektor PTN Lampung Tercatat Positif COVID-19Ofyar Z Tamin, Rektor ITERA. (IDN Times/Silviana)

Ofyar menyampaikan, usai rapid test reaktif, saat itu juga dokter langsung menyarankan untuk melakukan test swab PCR. Sore harinya Ofyar menerima hasil test swab tersebut dan dinyatakan positif COVID-19.

“Sekitar jam 15.00 saya menerima hasil bahwa tes PCR saya positif atau reaktif terhadap Corona. Oleh sebab itu malam hari ini saya menuju rumah sakit dan dirawat,” ujarnya.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Rektor Unila dan Istri Positif COVID-19

2. Kegiatan kampus tetap berjalan secara daring

Dua Rektor PTN Lampung Tercatat Positif COVID-19Kegiatan daring kampus Itera

Pada saat menyampaikan keterangan resmi, Ofyar duduk di sebuah sofa mengenakan kemeja berwarna hitam kotak-kotak dipadu  jaket berwarna putih tulang serta mengenakan masker. 

Dia  menegaskan, akan tetap memimpin Itera dalam jaringan (daring) selama menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandar Lampungm. Dia memohon doa untuk segera pulih kembali. “Saya memohon doa kepada bapak ibu sekalian bisa kembali ke kondisi semula,” pintanya.  

3. Rektor Itera dalam keadaan baik

Dua Rektor PTN Lampung Tercatat Positif COVID-19Rektor Itera saat menyampaikan dirinya positif covid-19 melalui instagram Itera (IDN Times/Istimewa)

Humas Itera, Rudiansyah saat dihubungi IDN Times menyampaikan bahwa Rektor Itera dalam keadaan baik dan sedang menjalani isolasi di RSUDAM. 

“Insyaallah bapak dalam kondisi baik, dan sedang melakukan isolasi di RSUAM sejak semalam. Mohon doa teman-teman semua agar kondisi bapak rektor segera kembali semula,” ujarnya.

4. Rektor Unila positif COVID-19

Dua Rektor PTN Lampung Tercatat Positif COVID-19Prof.Karomani saat menyampaikan kondisinya saat ini melalui video (IDN Times/Silviana)

Sebelumnya pada 20 November 2020 lalu, Rektor Universitas Lampung Karomani, dinyatakan COVID-19. Setelah dinyatakan positif lulus, mantan wakil rektor 3 itu juga langsung dirawat di RSUDAM dan saat ini sudah dinyatakan sembuh dari covid-19.

Selama menjalani perawatan Aom sapaan akrabnya kondisinya dalam keadaan stabil. Asep Sukohar Satgas COVID-19 unila pada waktu itu juga menjelaskan kondisi kesehatan rektor memang sudah cukup baik dengan saluran saturasi oksigen berada di angka 98 persen. Menurutnya normalnya saturasi oksigen adalah 98 persen ke atas.

Baca Juga: [BREAKING] Rektor Itera Prof Ofyar Tamin Positif COVID-19 

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya