Disdik Bandar Lampung: Siswa Kelas 4 dan 5 Tidak Belajar di Sekolah

Khawatir ada gelombang ketiga COVID-19

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung mengimbau Kepala Sekolah Dasar (SD) yang sudah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untum kelas IV dan V agar kembali melaksanakan pembelajaran dari rumah (BDR) dengan sistem daring terhitung mulai, Senin (22/11/2021).

Imbauan itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Eka Afriana melalui keterangan tertulis.

Eka mengatakan, imbauan itu sebagai tindak lanujut arahan Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandar Lampung untuk kesehatan dan keselamatan warga sekolah dan masyarakat serta untuk menghindari terjadinya penyebaran COVID-19 gelombang ketiga.

Baca Juga: Eva Dwiana Berencana Buka Semua Kelas PTM Bandar Lampung Tahun Depan

1. Ada sekolah buka belajar tatap muka di kelas tanpa izin

Disdik Bandar Lampung: Siswa Kelas 4 dan 5 Tidak Belajar di SekolahIlustrasi sekolah tatap muka di tengah pandemik (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan Disdikbud Bandar Lampung, Mulyadi, menyampaikan Pemerintah Kota Bandar Lampung sejak awal belum mengizinkan PTM terbatas bagi siswa kelas 4 SD.

"Kalau kelas 4 SD selama ini memang belum. Cuma ada beberapa sekolah coba-coba buka tanpa seizin kita awalnya. Tapi kalau kelas 5 sudah ada instruksi kita untuk masuk," kata Mulyadi, Senin (22/11/2021).

2. Semua sekolah SD buka hanya untuk kelas 6

Disdik Bandar Lampung: Siswa Kelas 4 dan 5 Tidak Belajar di SekolahHari pertama sekolah tatap muka di sekolah Bandar Lampung (IDN Times/Silviana)

Namun dengan adanya instruksi menghindari penyebaran virus gelombang ke tiga, menurut Mulyadi untuk sementara PTM kelas 5 SD juga diberhentikan. Kini semua sekolah SD di Bandar Lampung sudah buka semua namun hanya untuk kelas 6 kecuali SD BPK Penabur yang memang pihak yayasan atau orang tua belum berkenan melaksanakan PTM.

"Nanti kalau tidak terjadi lonjakan pada Januari atau Februari 2022 kita buka secara penuh dari kelas satu sampai enam mulai PTM sistem 50 persen per kelas," terangnya.

3. Beberapa sekolah sudah capai vaksinasi hampir 100 persen

Disdik Bandar Lampung: Siswa Kelas 4 dan 5 Tidak Belajar di SekolahIlustrasi vaksinasi pelajar ANTARA FOTO/Arnas Padda

Terkait vaksinasi untuk pelajar menurut Mulyadi sudah ada beberapa sekolah hampir 100 persen. Kecuali untuk pelajar kelas 1 SMP, menurutnya ada yang usianya belum sampai 12 tahun sehingga belum bisa mendapat vaksinasi.

"Tapi kita data anak SD ada yang usianya di atas 12 tahun sekitar 2.700. Beberapa ada yang sudah divaksinasi nanti sisanya yang belum rencananya akan kita laksanakan per kecamatan penyutikan vaksin untuk anak SD. Mudah-mudahan nanti bulan Desember," paparnya.

Baca Juga: Vaksinasi Baru 50 Persen, Eva Dwiana Blusukan ke Pasar Tradisional

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya