Dear Pemudik, Melintas di Tol Lampung Periode Nataru Simak Hal Ini Ya

Tidak dianjurkan mengisi saldo di gerbang tol

Bandar Lampung, IDN Times - Antisipasi lonjakan pengendara pada saat perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kepala PT Hutama Karya Cabang Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu, (HK Terpeka) Yoni Satyo mengimbau kepada seluruh pengguna Jalan Tol Trans Sumatera untuk tetap berhati-hati saat berkendara.

Selain itu, tidak melebihi batas maksimal. Berikut IDN Times rangkum imbauan yang disampaikan HK Terpeka Tol Lampung.

1. Kecepatan tidak boleh melebihi batas maksimal

Dear Pemudik, Melintas di Tol Lampung Periode Nataru Simak Hal Ini YaIlustrasi. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Yoni menyampaikan, para pengendara di jalan tol harus ekstra hati-hati dan tidak melebihi batas maksimal kecepatan yang telah ditentukan. Para pengendara juga wajib memperhatikan rambu-rambu yang telah dipasang sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera.

“Batas maksimal yang dibolehkan yaitu 100 kilometer per jam dan batas minimal 60 kilometer/jam. Bila melampaui batas yang telah ditetapkan dapat membahayakan pengendaranya,” ujarnya, Kamis (24/12/2020).

Menurutnya dengan adanya peraturan batas kecepatan ini, pengendara bisa memahami. Karena seringkali pengendara mengabaikan keselamatannya. Selain itu pihaknya juga mengimbau agar pengendara memperhatikan kondisi kendaraan yang dikemudikan. Seperti tekanan angin, mesin, kondisi ban dan lainnya.

Baca Juga: Ada 47 Titik Rawan Lakalantas di Lampung Periode Natal-Tahun Baru 

2. Antisipasi terjadinya kerumunan di rest area tol

Dear Pemudik, Melintas di Tol Lampung Periode Nataru Simak Hal Ini YaRencana pembangunan rest area. (Dok. Kementerian PUPR)

Yoni juga memaparkan, untuk mengantisipasi kerumunan di rest area  petugas tol sudah memberikan tanda silang di masing-masing kursi tempat makan, dan batas duduk untuk makan.

Kemudian, ada tim kesehatan yang bertugas memberikan imbauan kepada pengendara yang istirahat di rest area untuk tidak berkerumun. Sedangkan untuk masjid juga sudah diberi tanda untuk tidak saling berdekatan.  

“Rest area juga selalu dibersihkan dengan di semprot disinfektan, dan wajib masker setiap orang yang akan istirahat di rest area,” paparnya.

3. Siapkan saldo yang cukup saat bepergian

Dear Pemudik, Melintas di Tol Lampung Periode Nataru Simak Hal Ini YaIDN Times/Istimewa

Lebih lanjut Yoni menjelaskan bagi para pengendara yang masuk gerbang tol wajib memiliki saldo minimal Rp20 ribu. Untuk mengantisipasi pengendara yang kehabisan saldo, pihak tol juga sudah menyediakan gardu khusus di setiap gerbang tol agar bisa mengisi atau top up saldo terlebih dahulu.

Tetapi pengisian saldo di gerbang tol tersebut tidak dianjurkan oleh Yoni. Menurutnya pengendara harus memiliki saldo yang cukup sehingga bisa menghindari adanya penyebaran covid-19.

“Tetapi ini sangat tidak di anjurkan karena guna memutus rantai penyebaran COVID-19 pengendara sudah harus bisa menyiapkan isi saldo yang cukup saat berpegian,” ujarnya.

Baca Juga: Pecah Ban Picu Kecelakaan di Tol Lampung, Ini Sorotan Ditlantas Polda 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya