Begini Anggaran Pembuatan TPS, Sarana dan Gaji KPPS Pemilu 2024

Gaji KPPS viral Rp1 juta per hari, benar tidak ya?

Intinya Sih...

  • Gaji KPPS viral Rp1 juta per hari, banyak dibicarakan di media sosial oleh netizen.
  • Alokasi anggaran untuk kebutuhan pemungutan dan penghitungan suara di TPS terbagi menjadi enam bagian, termasuk honorarium untuk ketua KPPS, anggota KPPS, linmas, pembuatan TPS, alat penggandaan dokumen, operasional dan konsumsi.
  • Besaran honor untuk ketua KPPS per orang adalah Rp1.200.000, anggota KPPS Rp1.100.000, linmas Rp700.000 per orang.

Bandar Lampung, IDN Times - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) belakangan banyak dibicarakan di media sosial oleh netizen. Mereka membuat konten-konten lucu tentang jabatan sebagai KPPS hingga gaji diterima sebesar Rp1 juta per hari. Tak heran jika banyak netizen mempertanyakan kebenaran besaran gaji KPPS tersebut.

Lalu berapa sebenarnya besaran gaji diterima petugas KPPS serta anggaran digunakan untuk kebutuhan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada Pemilu 2024? Berikut IDN Times rangkum informasi selengkapnya.

Baca Juga: 320 Surat Suara Pemilu 2024 Rusak Dimusnahkan KPU Bandar Lampung

1. Honor dibayarkan setelah penghitungan suara

Begini Anggaran Pembuatan TPS, Sarana dan Gaji KPPS Pemilu 2024IDN Times/Sori Siregar

Alokasi anggaran untuk kebutuhan pemungutan dan penghitungan suara di TPS berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbagi menjadi enam bagian. Di antaranya honorarium untuk ketua KPPS, anggota KPPS, linmas, pembuatan TPS, alat penggandaan dokumen, operasional dan konsumsi.

Besaran honor untuk ketua KPPS per orang adalah Rp1.200.000. Sedangkan anggota Rp1.100.000 per orang, honor untuk Linmas Rp700.000 per orang. Honor tersebut dibayarkan setelah pemungutan dan penghitungan suara.

2. Ada anggaran untuk pembuatan TPS

Begini Anggaran Pembuatan TPS, Sarana dan Gaji KPPS Pemilu 2024Dekorasi TPS unik. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Kemudian, KPU juga menganggarkan untuk pembuatan TPS sebesar Rp2 juta per TPS. Anggaran tersebut digunakan untuk membiayai komponen kebutuhan tenda, kursi, meja, pembatas berupa tali atau sejenisnya, sound system, papan pengumuman dan lain-lainnya.

Lalu, anggaran senilai Rp500 ribu per TPS untuk ketersediaan alat penggandaan dokumen atau formulir. Berupa printer dengan fungsi pemindaian (scanner) dan fungsi penggandaan atau foto kopi sebanyak satu unit per TPS. Apabila berlaku mekanisme sewa untuk unit dimaksud, maka satuan biaya dimaksud telah termasuk pajak.

3. Petugas KPPS masih dapat paket data di luar honor

Begini Anggaran Pembuatan TPS, Sarana dan Gaji KPPS Pemilu 2024ilustrasi petugas KPPS pada simulasi pemungutan suara pemilu 2024 di Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selanjutnya, anggaran operasional KPPS senilai Rp1 juta per TPS digunakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Di antaranya, bantuan biaya paket data bagi KPPS untuk penggunaan aplikasi Sirekap sebesar Rp50.000.

Kemudian, pengadaan kertas, tinta printer, staples, lem, gunting atau alat pemotong (cutter), alat penghapus tulisan cair (correction pen), dukungan penyediaan makanan suplemen penambah daya tahan tubuh bagi KPPS, bantuan transport bagi KPPS yang melakukan perjalanan dinas dan lain-lainnya untuk mendukung kegiatan tersebut.

Namun, untuk anggaran konsumsi selama pelaksanaan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, telah tersedia pada masing masing DIPA Satker KPU/KIP kabupaten/kota dengan besaran yang berbeda-beda sesuai Standar Biaya Masukan Tahun 2024.

Baca Juga: Perjalanan Panjang Persiapan Pemilu 2024 KPU Kota Bandar Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya