Yey! Bandar Lampung PPKM Level 1, Bagaimana Resepsi dan PTM?

Tak usah izin keramaian periode wafat Isa Al-Masih

Bandar Lampung, IDN Times - Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2022 tentang PPKM Level 3, 2, dan 1 Di Wilayah Luar Pulau Jawa dan Bali tertanggal 12 -25 April 2022, tiga kabupaten/kota di Lampung yaitu Bandar Lampung, Lampung Selatan, dan Metro naik status dari PPKM level 2 menjadi level 1.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengapresiasi kerja sama semua pihak atas pencapaian yang di dapatkan oleh Bandar Lampung saat ini. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan protokol kesehatan khususnya masker meski level PPKM sudah makin membaik.

“Alhamdulillah, ini berkat kerjasama seluruh masyarakat, media, tokoh-tokoh desa, pemda, forkopimda, semuanya luar biasa. Meski sudah level satu, harus tetap pakai prokes ya supaya kita bisa terus di level ini bahkan lebih baik,” kata Eva Dwiana, Kamis (14/4/2022).

Berikut kebijakan baru Wali Kota Eva pada PPKM Level 1.

Baca Juga: Puluhan Pelajar Sempat Diamankan saat Aksi Demo Bandar Lampung

1. Resepsi pernikahan

Yey! Bandar Lampung PPKM Level 1, Bagaimana Resepsi dan PTM?Ilustrasi Resepsi Pernikahan di tengah Pandemik COVID-19 (Instagram.com/bangariza)

Pada PPKM Level 1, masyarakat boleh melaksanakan resepsi pernikahan di Kota Bandar Lampung dengan kapasitas 75 persen setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Tapi tetap pakai masker, pakai protokol kesehatan, silaturahim juga boleh, apalagi resepsi sudah boleh ya akhir lebaran ini nanti,” katanya.

Namun ia belum bisa menjelaskan secara rinci peraturan resepsi pada PPKM Level 1 ini dan meminta masyarakat untuk menunggu sampai instruksi wali kota terkait PPKM Level 1 ini dikeluarkan.

2. PTM 100 Persen setelah lebaran

Yey! Bandar Lampung PPKM Level 1, Bagaimana Resepsi dan PTM?PTM di SDN 2 Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Kemudian untuk pembelajaran tatap muka jenjang TK, SD, dan SMP sederajat, Eva Dwiana mengatakan pihaknya akan melakukan PTM 100 persen untuk semua jenjang setelah Lebaran Idul Fitri nanti.

“Insya Allah kalau kita masuk level 1 terus, lalu kita bisa masuk zona aman, sehingga semua aktivitas terutama anak-anak sekolah bisa kembali normal,” katanya.

Ia juga mengatakan, kegiatan PTM selama bulan puasa akan terus dipantau. Jika memang hasil evaluasinya baik, maka setelah libur lebaran, PTM bisa dilaksanakan 100 persen.

“Dan sampaikan juga pada tetangga dan saudaranya, jangan takut buat anak sekolah, karena bunda jamin semua naik kelas dan lulus sekolah,” imbuhnya.

3. Ibadah memeringati Kenaikan Isa Al-Masih

Yey! Bandar Lampung PPKM Level 1, Bagaimana Resepsi dan PTM?Ilustrasi Hari Kenaikan Isa Al-Masih. (Google.com)

Pada 15 April 2022 besok, umat Kristiani memeringati Wafat Yesus Kristus. Wali kota perempuan Bandar Lampung mengatakan dalam peringatan hari raya tersebut, asal tidak menimbulkan keramaian, masyarakat tidak perlu melakukan perizinan keramaian.

“Kalau peringatannya seperti ibadah biasa, tidak jadi masalah karena kita kan sekarang level 1. Tapi kita lihat dulu keramaiannya seperti apa,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada umat Kristiani yang hendak melakukan ibadah nanti harus tetap menerapkan protokol kesehatan, baik memakai masker, memakai handsanitizer, dan pengecekan suhu di tempat ibadah.

Baca Juga: Yuk Intip Menu Wajib Buka Puasa Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya