Wali Kota Eva Akan Salat Id di Masjid Agung Al-Furqon, Shaf Berjarak

Shaf kembali berjarak karena PPKM Level 2

Bandar Lampung, IDN Times - Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana akan melaksanakan Salat Idul Fitri 1433 Hijriah di Masjid Al-Furqon.

Hal ini disampaikan Sekretaris Umum Masjid Al-Furqon Bandar Lampung, Hery Darso ketika dihubungi, Sabtu (30/4/2022). Ia mengatakan, untuk pelaksanaan Idul Fitri tahun ini Pemerintah Kota Bandar Lampung akan bergabung dengan Masjid Al-Furqon.

“Karena pada lebaran-lebaran sebelumnya kan wali kota salat id di Pahoman, tapi tahun ini di Masjid Al-Furqon. Untuk persiapannya tentu kami akan lakukan lebih ekstra karena kegiatan ini kan jamaahnya lebih banyak dari biasanya,” kata Hery.

Baca Juga: Bandara Radin Inten II Sudah Lewati Puncak Mudik, tapi Penumpang Sepi

1. Shaf salat akan berjarak

Wali Kota Eva Akan Salat Id di Masjid Agung Al-Furqon, Shaf BerjarakMasjid Agung Al-Furqon. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Persiapan yang dimaksud di antaranya adalah protokol kesehatan seperti memberi tanda jarak pada shaf sholat dan menyiapkan masker dan handsanitizer.

“Sesuai arahan wali kota, kita salat id ini berjarak. Hal itu dilakukan karena saat ini Bandar Lampung berada di PPKM level 2. Sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Selain itu pihak masjid juga akan melakukan imbauan kepada masyarakat setempat yang hendak salat di Masjid Al-Furqon untuk memakai masker baik pada saat kedatangan maupun setelah salat.

2. Kemungkinan wali kota Eva akan salat di balkon Al-Furqon

Wali Kota Eva Akan Salat Id di Masjid Agung Al-Furqon, Shaf BerjarakMasjid Agung Al-Furqon (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Untuk sementara, Hery mengatakan kemungkinan wali kota Bandar Lampung akan salat di lantai tiga (balkon) ditempat shaf perempuan.

“Bunda Eva rencananya akan diarahkan di balkon lantai 3, tapi kita tidak tahu pastinya, karena disesuaikan kembali kepada Bunda Eva mau salat dimana. Kalaupun mau di lantai 2. Nanti kita buat shaf jamaah di lantai dua diberi sekat, dibagi shaf perempuan dan laki-laki,” paparnya.

Hery juga menyampaikan, selain Eva Dwiana, kemungkinan Wakil Wali Kota Deddy Amrullah dan istri, serta kepala dinas juga akan salat di Al-Furqon, dengan menyiapkan beberapa pengamanan di luar masjid bersama Pol PP dan dinas perhubungan.

3. Pintu masuk Al-Furqon untuk salat id

Wali Kota Eva Akan Salat Id di Masjid Agung Al-Furqon, Shaf BerjarakMasjid Agung Al-Furqon. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Pintu masuk salat juga dibagi menjadi dua. Perempuan nantinya akan lewat tangga di depan masjid, sedangkan laki-laki akan lewat tangga sebelah kanan dekat Galeri Al-Furqon.

“Menuju lantai tiganya bisa dari tangga sebelah kanan dan kiri. Kemudian untuk lantai 1, itu kita pakai jika jamaah di dalam tidak muat. Jadi untuk antisipasi kalau tidak mencukupi,” imbuhnya.

Kapasitas lantai 2 dan 3 Masjid Al-Furqon adalah 6.000 jamaah, sehingga karena diberlakukan shaf berjarak kapasitas salat id nanti menjadi 3.000 jamaah saja. Hal serupa untuk lantai 1 yang kapasitasnya 600-700 menjadi 300-350 jamaah.

“Insya Allah nanti kita salatnya akan diimami oleh Ketua Umum Takmir Masjid Al-Furqon, Dr. Ahmad Bukhori Muslim,” tambahnya.

Baca Juga: 10 Potret Aktivitas Mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Bakauheni

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya