Bandara Radin Inten II Sudah Lewati Puncak Mudik, tapi Penumpang Sepi

Puncak arus balik diprediksi H+5 lebaran #MudikIDNTimes

Lampung Selatan, IDN Times - Sudah melewati puncak arus mudik, Bandara Raden Intan II diprediksi akan mengalami puncak arus balik pada hari kelima lebaran. Hal itu disampaikan Asisten Manajer Avsec dan ARFF Bandara Raden Intan II, Garry ketika diwawancarai di kantornya, Sabtu (30/4/2022).

Ia mengatakan puncak arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah ada pada H-3 lebaran atau Jumat, 29 April 2022.

“Kemarin itu untuk keberangkatan kita total ada 18 pesawat dengan jumlah penumpang 2.835 orang. Sedangkan untuk hari ini sekitar 2.300 penumpang dengan 10 pesawat dan 2 tambahan dari Lion Grup,” katanya, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga: Mudik Lebaran Bandara Radin Inten II Diprediksi Naik H-3 Lebaran

1. Meski terjadi kenaikan penumpang, namun masih terhitung sepi

Bandara Radin Inten II Sudah Lewati Puncak Mudik, tapi Penumpang SepiBandar Udara Radin Intan II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Garry mengatakan jika dibandingkan tahun lalu memang sudah ada kenaikan jumlah penumpang. Namun masih belum bisa menyamai jumlah saat sebelum adanya pandemik COVID-19.

“Kalau diperiode yang sama yaitu H-3 lebaran (2021), itu hanya ada 2 flight dengan 171 penumpang. Memang jauh dengan lebaran tahun ini yang mencapai 18 fight,” ujarnya.

Namun untuk mencapai penerbangan normal sebelum pandemik, biasanya pesawat yang melakukan penerbangan bisa mencapai 30 armada pesawat.

"Soalnya sebelum pandemik kan rutenya banyak, tidak hanya Jakarta. Ada Surabaya, Krui, Palembang, Bandung, Way Kanan. Bahkan kalau pas haji itu bisa sampai 50 lebih pesawat. Operator airline sekarang juga berkurang, hanya tinggal Lion, Citilink, dan Wings," jelasnya.

2. Pengamanan ekstra dan posko kesehatan di masa angkutan lebaran

Bandara Radin Inten II Sudah Lewati Puncak Mudik, tapi Penumpang SepiBandar Udara Radin Intan II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Garry melanjutkan, khusus untuk pengamanan di masa angkutan lebaran, ada tambahan personel yang dikerahkan. Pada hari biasanya terdapat sekitar 8 orang personel yang terdiri dari TNI Angkatan Udara sebanyak 7 orang dan kepolisian 1 orang.

“Nah ini kita dipertebal dengan penambahan personel dari kepolisian sebanyak 7 orang sehingga total ada sekitar 15 orang,” ujarnya.

Selain itu ada juga posko vaksinasi gratis disediakan untuk pemudik maupun masyarakat umum. Namun petugas akan memprioritaskan pemudik terlebih dahulu.

“Untuk tes rapid antigen juga kita ada. Di sini biayanya 65.000. Tapi kalau tes PCR kita belum ada,” tambahnya.

3. Kondisi Bandara Radin Intan II

Bandara Radin Inten II Sudah Lewati Puncak Mudik, tapi Penumpang SepiBandar Udara Radin Intan II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Menurut pantauan IDN Times, saat ini di area Keberangkatan maupun Kedatangan terlihat cukup lengang. Untuk keberangkatan pukul 12.00 WIB tidak ada antrean

Beberapa orang yang hendak berangkat dan menunggu kedatangan keluarganya juga terlihat sedang duduk di bangku-bangku tunggu yang tersedia.

Barisan taksi kemarin mengular sampai tiga jalur, hari ini hanya terlihat tak lebih dari 10 taksi saja dalam satu jalur.

“Kemarin itu mobil taksi dan mobil online berderet panjang sampai tiga jalur, ini mah termasuk sepi sih,” kata Yogi salah seorang pegawai yang ada di bandara.

Baca Juga: 29 April Puncak Arus Mudik Bandara Radin Inten II, Ada Posko Terpadu

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya