Viral Video Warga Beli BBM Pakai Uang Baru Ditolak, SPBU Klarifikasi

Video penolakan uang baru viral di media sosial

Bandar Lampung, IDN Times - Pihak SPBU mengklarifikasi terkait video viral seorang pria di media sosial. Pria itu membeli bahan bakar minyak (BBM) menggunakan uang baru namun tidak diterima oleh petugas SPBU.

Diketahui dalam video tersebut, pria bernama Siswanto dengan akun Tiktok @sis130417gmail.com hendak membeli BBM di SPBU Pertamina Jalan ZA Pagar Alam, Kecamatan Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung. Ia memegang uang baru pecahan Rp50.000 yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia dengan tahun emisi 2022.

Ia mengungkapkan kekesalannya pada video tersebut dan mengatakan agar hal ini dapat didengar oleh pemerintah dan Bank Indonesia.

"Tolong rekan-rekan semua, bila perlu ini didengar oleh pemerintah atau Bank Indonesia khususnya. Saya membeli minyak (bensin) memakai uang baru ini tidak berlaku di Pertamina, di daerah Jalan Pagar Alam atau samping asrama," katanya. 

Video itu kini telah ditonton sebanyak 2,2 juta dan telah disukai sebanyak 71,4 ribu kali. Dari sekitar 3.520 komentar banyak yang menyayangkan hal tersebut dan memberi dukungan terhadap Siswato agar memaklumi karyawan yang belum tahu soal uang baru.

Baca Juga: Kasus Suap Unila, Empat Pejabat Fakultas Hukum Diperiksa KPK

1. Kurangnya sosialisasi ke petugas SPBU

Viral Video Warga Beli BBM Pakai Uang Baru Ditolak, SPBU KlarifikasiNur Aini, Perwakilan Supervisor SPBU. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Mengklarifiksi hal tersebut, perwakilan Supervisor SPBU Jalan ZA Pagar Alam, Nur Aini mengatakan pihaknya menyesal atas kejadian tersebut. Ia juga mengatakan hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dari pihaknya kepada karyawan operator SPBU.

“Kami mulai sosialisasikan bahwa (ada) uang baru beredar. Kami juga minta maaf kepada pihak yang bersangkutan jika memang tidak berkenan dengan pelayanan kami kemarin,” katanya, Rabu (24/8/2022).

Nur Aini mengatakan, karyawannya memang pada saat itu belum mengetahui adanya uang baru sehingga merasa perlu hati-hati. “Pas ada yang mau tuker gak dikasih sama dia, ya kita kan gak tahu juga modusnya apa,” katanya. 

2. Staf Operator SPBU belum tahu soal uang baru

Viral Video Warga Beli BBM Pakai Uang Baru Ditolak, SPBU KlarifikasiMaliyah, staf operator SPBU. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Petugas Operator SPBU bernama Maliyah Fulka menceritakan, saat pertama kali Siswanto datang dan hendak membayar dengan uang baru, ia memang menolak dan menyarankan untuk membayar pakai uang model lama saja.

“Terus dia ngeluarin uang 100 ribu yang lama. Tapi selesai itu dia malah marah-marah. Soalnya kan waktu itu hujan dan ramai, jadi gak saya peduliin waktu dia marah. Jadi saya nyuruh dia langsung ke pengawas,” katanya.

Maliyah juga mengatakan, saat itu BBM yang dibeli oleh Siswanto adalah jenis Pertalite. Ia juga mengaku memang saat itu belum tahu mengenai uang baru.

3. Siswanto hendak menguji coba uang baru

Viral Video Warga Beli BBM Pakai Uang Baru Ditolak, SPBU KlarifikasiSPBU ZA Pagar Alam. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Ketika dihubungi lewat telepon, Siswanto mengaku, memang sengaja hendak menguji coba apakah uang baru tersebut sudah bisa digunakan atau belum saat membeli BBM. 

“Uang saya di dompet itu ada uang 50 ribu baru dan 50 ribuan lama. Saya dapat pecahan baru itu setelah nuker (uang) di Lapangan Saburai. Kebetulan saya lewat pom bensin jadi saya coba pakai uang baru itu di SPBU terus di tolak,” katanya.

Ia mengatakan, alasan penolakan uang baru tersebut dan menjelaskan uang itu sudah resmi beredar di Indonesia, namun petugas operator SPBU tetap menolaknya.

Siswanto bahkan sampai dialihkan ke atasan dari karyawan operator tersebut, namun karena masih tidak diperbolehkan akhirnya dia membayar pakai uang model lama. Ia yang terlanjur emosi langsung membagikan pengalaman tersebut di media sosial.

“Saya udah terlanjur emosi jadi saya buat aja videonya. Saya dapat uang itu tanggal 18 (Agustus) di stand uang baru Lapangan Saburai. Saya tukar uang itu dan ada bukti-bukti penukarannya juga kok,” katanya.

Baca Juga: Festival Krakatau 2022 Siap Digelar, Ada Tour Gunung Anak Krakatau!

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya