Ternyata 1 Flyover Belum Dimural, Yuk Kepoin Tema Semua Flyover Balam

Flyover terakhir akan dimural awal 2024, bisa tebak dimana?

Bandar Lampung, IDN Times - Pelukisan flyover di Bandar Lampung sudah hampir selesai. Dari 10 flyover dan 1 underpass, tinggal satu flyover saja belum dimural oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan ketika diwawancara IDN Times di kantornya, Kamis (19/10/2023).

“Yang belum tergambar oleh mural tinggal satu. Yakni flyover Kemiling di Jalan Teuku Cik Ditiro. Insya Allah kita akan rencanakan mural flyover itu di awal 2024,” kata Iwan.

Baca Juga: Segera Diadili, Eks Kasatnarkoba Jaringan Fredy Pratama Diancam Mati

1. Pemkot akan menganggarkan Rp200 juta untuk mural flyover Kemiling

Ternyata 1 Flyover Belum Dimural, Yuk Kepoin Tema Semua Flyover BalamFlyover MBK ZA Pagar Alam. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Iwan menyampaikan, untuk menggambar mural di flyover Kemiling rencananya Pemkot Bandar Lampung akan menganggarkan Rp200 juta dengan dana APBD.

Sayangnya, ia mengatakan pemkot belum bisa memutuskan tema apa untuk flyover satu ini. Diketahui hampir semua tema pada flyover di Bandar Lampung memang diinisiasi sendiri oleh Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana.

“Temanya lagi kita rencanakan, jadi belum tahu. Nanti mungkin di rapat berikutnya kita akan diskusikan untuk tema flyover ini juga,” ujarnya.

2. Sejarah singkat flyover di Bandar Lampung

Ternyata 1 Flyover Belum Dimural, Yuk Kepoin Tema Semua Flyover BalamFlyover Sultan Agung Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Bandar Lampung pada kepemimpinan eks wali kota Herman HN memiliki fokus utama pembangunan infrastruktur berupa flyover untuk mengurangi kemacetan. Herman HN menjabat sebagai Wali Kota Bandar Lampung selama dua periode yakni 2010-2015 dan 2016-2021.

Selama menjabat, Herman HN berhasil membangun sebanyak 10 flyover dan 1 underpass di Bandar Lampung. Lokasi flyover dan underpass tersebut berlokasi di titik rawan kemacetan seperti perempatan atau sebrangan jalur kereta api.

Setelah sang istri, Eva Dwiana menggantikannya sebagai Wali Kota Bandar Lampung periode 2021-2024, Eva mengatakan tak akan ada lagi pembangunan flyover di Bandar Lampung. Namun, ia akan berfokus mempercantik Kota Bandar Lampung salah satunya dengan melukis mural semua flyover di Bandar Lampung.

3. Seluruh flyover di Bandar Lampung dan temanya

Ternyata 1 Flyover Belum Dimural, Yuk Kepoin Tema Semua Flyover BalamFlyover MBK. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Berikut lokasi seluruh flyover dan underpass di Bandar Lampung sekaligus tema muralnya:

  1. Flyover Pramuka terletak di persimpangan Jalan ZA Pagar Alam dan Jalan Pramuka, memiliki mural bertema Selamat Datang Bandar Lampung dengan tulisan “Bandar Lampung” dan gambar ciri khas budaya Lampung seperti tapis dan siger.
  2. Flyover Gajah Mada ada di Jalan Gajah Mada dan Jalan Haji Djuanda dengan tema Wali Kota Bandar Lampung dari masa ke masa.
  3. Flyover MBK atau Mall Boemi Kedaton di persimpangan Jalan Sultan Agung dan ZA Pagar Alam bertema pahlawan nasional.
  4. Flyover Sultan Agung di Jalan Sultan Agung bertema floral
  5. Flyover Ryacudu sebagai penghubung Jalan Ryacudu dan Jalan Sultan Agung bertema fauna
  6. Flyover Antasari di Jalan Antasari bertema ornamen atau sulaman pada tapis Lampung
  7. Flyover Way Halim di Jalan Kimaja Ratudibalau bertema kemerdekaan Indonesia
  8. Flyover Untung Suropati di Jalan Untung Suropati bertema kehidupan masyarakat Lampung, digambarkan dengan kegiatan ekonominya, hasil pertaniannya, dan sebagainya
  9. Flyover Kali Balok menghubungkan Jalan Antasari dan Jalan Tirtayasa bertema perempuan Lampung dengan Siger
  10. Flyover Kemiling berada di Jalan Teuku Cik Ditiro belum dimural
  11. Underpass Unila di Jalan ZA Pagar Alam bertema dunia bawah laut

Baca Juga: Gegara Puntung Rokok, Gedung Pramuka SMA di Pesibar Terbakar

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya