Siger Milenial, Dipilih jadi Nama JPO Aestetik Bandar Lampung

Nama tersebut diberikan langsung Wali Kota Eva Dwiana

Bandar Lampung, IDN Times - Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Aestetik pertama Bandar Lampung penghubung kantor Pemerintahan Kota Bandar Lampung dan Masjid Agung Al Furqon akhirnya punya nama.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menamai sendiri JPO tersebut dengan nama Jembatan Siger Milenial. Bukan asal memberi nama, Eva mengatakan ada filosofi tersendiri dari pembuatan nama tesebut.

“Namanya Jembatan Siger Milenial. Bunda sendiri yang namain. Insya Allah nanti kita akan resmikan dengan nama ini,” kata Eva Dwiana, Senin (20/11/2023).

Baca Juga: Terjun ke Jurang, 4 Warga Lamsel Berkendara Satu Motor Meninggal

1. Arti nama Siger Milenial

Siger Milenial, Dipilih jadi Nama JPO Aestetik Bandar LampungDesain JPO dari Pemkot Bandar Lampung ke Masjid Al Furqon. (Dinas PU Bandar Lampung)

Eva mengatakan, kata Siger pada nama jembatan tersebut tentu saja diambil dari nama ikon Siger Lampung yakni mahkota khas Lampung terbuat dari logam, memiliki lengkungan khas berjumlah tujuh atau sembilan, dan terkadang dihiasi oleh batu permata.

Sementara itu, kata Milenial diambil karena Eva menginginkan JPO tersebut nantinya bisa menjadi tempat hype anak muda saat ini yakni kaum milenial dan gen Z. Sehingga ia berharap pemuda di Lampung bisa ikut mempromosikannya. 

“Bunda pengin nanti banyak anak Milenial, atau anak muda yang datang kesini. Jadi tempat yang populer di Bandar Lampung, jadi ikon Kota Bandar Lampung,” ujarnya.

2. Eva berencana untuk minta pihak masjid suarakan lantunan ayat suci Al Quran disekitar jembatan

Siger Milenial, Dipilih jadi Nama JPO Aestetik Bandar LampungDesain JPO dari Pemkot Bandar Lampung ke Masjid Al Furqon. (Dinas PU Bandar Lampung)

Istri Walikota ke 10 Bandar Lampung itu juga optimis jembatan tersebut nantinya bakal menjadi salah satu destinasi unggulan kota. Pasalnya, desainnya mewah dan juga memiliki fasilitas menarik.

"Nanti kan kita akan buat disitu ada space fotonya, jadi bisa melihat keindahan Kota Bandar Lampung, foto-foto juga gak akan jelek karena jembatannya mewah kan,” imbuhnya.

Selain itu, Eva juga berencana untuk meminta pihak Masjid Al Furqon untuk memperdengarkan lantunan ayat suci Alquran dan suara azan saat waktu salat tiba di sekitar jembatan.

3. JPO Siger Milenial adalah wisata umum dan bisa didatangi siapa saja

Siger Milenial, Dipilih jadi Nama JPO Aestetik Bandar LampungTiang JPO Pemkot menuju Masjid Al Furqon. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Meski begitu, Eva menambahkan JPO Siger Milenial ini bukan berarti hanya diperuntukan bagi muslim saja tapi juga terbuka untuk semua orang. Sebab ia mengatakan spot wisata ini juga bakal didukung dengan UMKM kuliner dan cenderamata.

"Ini spot wisata ya, jadi bukan cuma untuk muslim saja. Nanti yang nonmuslim juga bisa ke sini. Karena ini tempat umum, bisa foto-foto dan lihat pemandangan dari sini,” jelasnya.

Diketahui, JPO penghubung kantor Pemkot dan Masjid Al Furqon tersebut hendak dibangun sebagai tempat wisata kota. Pembangunannya dilakukan dalam dua tahapan dengan total anggaran mencapai Rp12 miliar.

Baca Juga: Alasan Unila Disebut Kampus Terbaik di Indonesia bagi Mahasiswa Asing

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya