Proses Kaji Trayek dan Armada, BRT Bandar Lampung Segera 'Hidup' Lagi

Akan ada penambahan armada dari PO Puspa Jaya

Bandar Lampung, IDN Times - Bus Rapid Transit atau akrab disebut Trans Bandar Lampung rencananya akan dioperasikan kembali.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Socrat Pringgodanu di Gedung Pemerintahan Kota Bandar Lampung, Senin (6/6/2022).

“BRT Insya Allah, bu wali kota sudah memanggil kami dishub untuk bagaimana caranya menghidupkan kembali transportasi umum yang gunanya memang untuk membantu masyarakat ini,” kata Socrat.

1. Bus kota berhenti beroperasi sejak PPKM

Proses Kaji Trayek dan Armada, BRT Bandar Lampung Segera 'Hidup' LagiTrans Bandar Lampung. (Instagram.com/rnldy.jf)

Sejak PPKM diberlakukan, transportasi umum bus kota memang sudah jarang beroperasi alanan Kota Bandar Lampung. Beberapa armada bus sempat terlihat dijalan besar pada pertengahan 2021, namun berhenti total setelah PPKM ketat dilaksanakan.

Namun setelah PPKM ketat sudah dilepas, transportasi umum ini masih belum juga terlihat di jalanan kota. Angkutan umum satu-satunya yang beroperasi hanyalah angkutan kota (angkot).

Sehingga saat ini, pemerintah kota hendak mengaktifkan kembali transportasi murah meriah tersebut agar masyarakat lebih mudah melakukan perjalanan di dalam kota.

Baca Juga: Pemkot Bandar Lampung Janji Lunasi Gaji Tenaga Kebersihan DLH 30 Juni

2. Proses pengkajian trayek dan armada bus masih dilakukan

Proses Kaji Trayek dan Armada, BRT Bandar Lampung Segera 'Hidup' LagiTrans Bandar Lampung. (Instagram.com/corneliusgalang_)

Meski begitu, Socrat masih belum bisa memastikan waktu tepatnya bus-bus itu nantinya akan mulai beroperasi. Hal itu dikarenakan pihaknya masih melakukan pengkajian baik terhadap bus dan trayeknya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini. bu wali minta kita kembalikan trayek yang dulunya pernah ada baik bus maupun angkot. Penetapan tarif juga begitu. Nanti kita kaji dulu,” ujarnya.

Termasuk penambahan atau pengurangan trayek tersebut juga masih proses riset, dan Ia menyebutkan semua itu akan disesuaikan pada kebutuhan masyarakat.

Tak hanya bus saja, Socrat juga mengatakan trayek transportasi umum akan diberlakukan pada dua jenis kendaraan roda empat yaitu bus dan angkot.

“Untuk jumlahnya saya juga masih belum bisa memastikan. Tapi nanti kita lihat juga nih, baik bus dan angkot mana yang masih layak atau tidak. Kalau layak nanti bisa betoperasi, sedang yang tidak layak peremajaan lagi,” katanya.

3. PO Puspa Jaya akan sokong pelayanan transportasi umum

Proses Kaji Trayek dan Armada, BRT Bandar Lampung Segera 'Hidup' LagiBus Puspa Jaya. (Instagram.com/fetric_fandika).

Socrat mengatakan, armada bus dari PO. Puspa Jaya juga akan ikut beroperasi menambah trayek yang sudah ada. Bus-bus ini rencananya akan melayani jurusan Institut Teknologi Sumatera sampai Jalan Ahmad Yani.

“Bolak balik dari Itera ke Jalan Ahmad Yani. Lewat jalur tengah yaitu Jalan Ryacudu, Sultan Agung, Teuku Umar. Harapannya ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat disemua lini,” imbuhnya.

Rencananya 5 bus Puspa akan menambah armada Bus Kota Bandar Lampung. Ia juga menambahkan, aturan dan pengawasan transportasi umum juga sedang proses penyusunan.

4. Perbaikan rambu dan marka jalan

Proses Kaji Trayek dan Armada, BRT Bandar Lampung Segera 'Hidup' LagiKepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Socrat Pringgodanu. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Tak hanya teansportasi umum, Socrat mengatakan marka atau rambu-rambu lalu lintas di Bandar Lampung akan turut mendapat perbaikan.

“Perbaikan marka jalan juga ada, karena segala rambu-rambu lalu lintas itu kan harus bagus ya. Itu sudah diperintahkan oleh walikota juga untuk fokus ke arah situ. Jadi mungkin kedepan kita ke arah sana,” imbuhnya.

Ia mengatakan, kelengkapan rambu dan marka jalan tersebut nantinya diharapkan dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: PPPK Guru Belum Dapat SK dan Gaji Sejak Maret, Ini Kata Eva Dwiana

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya