Pemkot Bandar Lampung Buka Layanan Kesehatan di 7 Pasar Tradisional

Layanan kesehatan sampai 30 September 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung membuka pelayanan kesehatan di tujuh pasar tradisional selama satu minggu.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana di Kantor Pemkot setempat, Rabu (27/9/2023). Ia mengatakan, pelayanan ini telah berjalan sejak Senin (25/9/2023) lalu dan terus berlangsung hingga Sabtu (30/9/2023).

“Layanan kesehatan di pasar-pasar sudah mulai berjalan. Jadi bisa ngecek kolesterol, darah tinggi, semua penyakit boleh diperiksakan. Kalau memang warga kita ada penyakit yang memang harus dirujuk ya akan kita rujuk,” kata Eva.

Ia menambahkan, pihaknya masih terus melakukan pemantauan kegiatan tersebut, jika memang lancar mendapat animo tinggi, ada kemungkinan pemanjangan masa pelayanan.

Baca Juga: Ini Desain JPO Aestetik Pemkot Bandar Lampung ke Masjid Al Furqon!

1. Daftar 7 pasar tradisional buka layanan kesehatan pemkot

Pemkot Bandar Lampung Buka Layanan Kesehatan di 7 Pasar TradisionalIlustrasi pasar trasional. Pasar Tani Kemiling Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri menyebutkan ada 7 puskesmas menyediakan layanan kesehatan kepada masyarakat termasuk pedagang dan pembeli.

“Ada tujuh itu di Pasar Way Halim, Pasar Tamin, Bambu Kuning, Pasar Tugu, Cimeng, Kangkung, dan Pasar Panjang,” terangnya.

Ia mengatakan, pelayanan ini berlangsung dari 25-30 September 2023 namun khusus 28 September 2023 tidak menyediakan layanan karena tanggal merah Maulid Nabi Muhammad.

2. Selama dua hari sebanyak 1.800 orang diberikan pelayanan kesehatan

Pemkot Bandar Lampung Buka Layanan Kesehatan di 7 Pasar TradisionalPlt Dinas Kesehatan Bandar Lampung, Desti Mega Putri. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Desti mengatakan, untuk pemeriksaan dan pengobatan gratis di tujuh pasar ini, setiap pasarnya dikerahkan sebanyak dua tim dari puskesmas terdekat. Tentunya dengan beberapa nakes yang kompeten dibidangnya.

“Kita melakukan pengobatan dan pemeriksan selama dua hari ini sudah sekitar 1.800 orang lebih yang kita beri pelayanan,” katanya.

Untuk waktu pelayanan tentu dibatasi, Desti mengatakan masyarakat bisa datang ke pasar untuk mendapatkan layanan kesehatan mulai pukul 07.30 sampai 11.30 WIB.

3. Bukan warga Bandar Lampung juga bisa mendaftar

Pemkot Bandar Lampung Buka Layanan Kesehatan di 7 Pasar TradisionalIlustrasi sedang memeriksakan diri ke dokter

Selain itu Desti mengatakan, pelayanan ini tak hanya bagi masyarakat Bandar Lampung saja. Masyarakat luar Bandar Lampung yang sedang berada di pasar dan ingin memeriksakan kesehatan juga bisa mendaftar.

“Semua pemeriksaan umum boleh, warga luar Bandar Lampung juga boleh. Cek gula darah semuanya gratis. Tapi kalau memang ada penyakit yang butuh pemeriksaan lebih lanjut ya ke puskesmas,” katanya.

Untuk persyaratan mendaftar, Desti menyampaikan hanya membutuhkan fotokopi KTP saja. Tapi jika memang masyarakat tak membawanya masyarakat akan tetap dilayani.

Baca Juga: Ini Desain GOR Baru di Way Halim Bandar Lampung!

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya