Ini Desain GOR Baru di Way Halim Bandar Lampung!

Luas 4.788 meter persegi dengan tiga lapangan olah raga

Bandar Lampung, IDN Times - Selain Mall Satu Atap Kota Bandar Lampung dan jembatan penyeberangan orang, fokus pembangunan Pemerintah Kota Bandar Lampung tahun ini adalah Gedung Olahraga (GOR) Wayhalim.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkot Bandar Lampung, Dedi mengatakan GOR digadang sebagai GOR terbesar di Lampung ini berukuran 4.788 meter persegi dengan kapasitas ribuan penonton.

Saat ini progres pembangunan GOR Way Halim sudah mencapai 60 persen dengan target selesai akhir 2023 dan anggaran Rp20 miliar. Sedangkan tahap duanya akan dimulai pada awal 2024.

1. GOR Way Halim dibangun secara megah dengan ornamen khas Lampung

Ini Desain GOR Baru di Way Halim Bandar Lampung!Desain resmi GOR Wayhalim Bandar Lampung. (Dinas PU Kota Bandar Lampung)

Dedi mengatakan l, secara rinci GOR Way Halim memiliki panjang 76 meter dan lebar 63 meter. Untuk mendukung itu, nantinya juga akan dibuat lahan parkir mobil di samping gedung dan parkir sepeda motor di depan gedung.

“Desain bangunannya kita buat dengan megah namun tak lupa menambahkan ornamen khas Lampung di pintu utama GOR. Sehingga akan sangat berciri khas Lampung,” ujarnya, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga: Pembangunan GOR Way Halim 4.788 Meter Persegi Selesai Oktober 2023? 

2. Memiliki enam pintu masuk

Ini Desain GOR Baru di Way Halim Bandar Lampung!Desain resmi GOR Wayhalim Bandar Lampung. (Dinas PU Kota Bandar Lampung)

Dedi melanjutkan, pintu masuk GOR tak hanya di depan saja tapi secara keseluruhan ada enam pintu masuk GOR yakni pintu masuk utama (untuk umum) ada 3 pintu, lalu ada 2 pintu masuk pemain dan 1 pintu masuk staff.

Ia menjelaskan, letak pintu utamanya akan terletak di depan (atau menghadap Jalan Kimaja, sedangkan dua pintu utama lainnya ada di sebelah kanan dan kiri gedung.

3. Letak kantor KONI Bandar Lampung

Ini Desain GOR Baru di Way Halim Bandar Lampung!Desain resmi GOR Wayhalim Bandar Lampung. (Dinas PU Kota Bandar Lampung)

Untuk bagian-bagian GOR, ia menyebutkan terdapat tribun penonton dapat menampung ribuan penonton. Kemudian ada kantor KONI Bandar Lampung di bagian depan dekat pintu masuk.

“Untuk kantor KONI ini ada berbagai macam bagian seperti ruang rapat, ruang kepala, ruang administarsi, ruang display souvenir, dan lobi diapit oleh ruang tiket 1 dan ruang tiket 2,” terangnya.

Sedangkan di area lantai dua terdapat tujuh kios untuk pedagang. Kios ini juga rencananya akan diisi oleh UMKM dari Bandar Lampung.

4. Terdapat tiga lapangan GOR

Ini Desain GOR Baru di Way Halim Bandar Lampung!GOR Wayhalim. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Kemudian untuk fasilitas umum, GOR menyediakan tiga lapangan olah raga yakni satu lapangan basket dan dua lapangan voli. Meski begitu, kemungkinan akan ada perubahan fungsional lapangan karena ini baru sebatas desain saja.

“Karena fungsi lapangannya diserahkan kepada KONI peruntukannya untuk apa. Tapi kalau dari desain kami lapangannya bisa muat untuk satu lapangan basket dan dua lapangan voli,” jelasnya.

Untuk fasilitas lainnya terdapat 53 bilik toilet, aula, ruang staff, ruang sekretariat, empat ruang pemain, dua ruang ganti pemain, dua ruang pelatih, ruang pertemuan.

Baca Juga: Ini Desain JPO Aestetik Pemkot Bandar Lampung ke Masjid Al Furqon!

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya