Ops Zebra Krakatau Digelar di Lampung, Ini Tips Biar Gak Ditilang

Operasi dilaksanakan 2 minggu mulai 4 September 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung beserta jajarannya akan melaksanakan operasi lalu lintas dalam Operasi Zebra Krakatau 2023 mulai hari ini.

Kepala Kepolisian Resor Kota Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan operasi ini di wilayah hukum Kota Bandar Lampung.

“Kita tidak pungkiri kalau permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini memang semakin meningkat. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya pula jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk,” kata Ino, Senin (4/9/2023).

Meski begitu, ia juga tidak bisa menyalahkan hal tersebut karena alat transportasi memang dibutuhkan sebagai sarana mobilitas masyarakat saat ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Baca Juga: Pemkot Balam akan Tambah Armada dan 100 Personel Damkar? Cek Faktanya

1. Berikut tujuh prioritas pelanggaran dalam Operasi Zebra Krakatau 2023

Ops Zebra Krakatau Digelar di Lampung, Ini Tips Biar Gak DitilangPolresta Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Ini menyebutkan, Ops Zebra Krakatau kali ini ada tujuh buah prioritas pelanggaran untuk ditertibkan, yakni:

  1. Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan ponsel saat berkendara,
  2. Pengemudi di bawah umur,
  3. Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang,
  4. Tidak menggunakan helm SNI,
  5. Tidak menggunakan safety belt,
  6. Pengemudi dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, dan
  7. Melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menaati peraturan berkendaraan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

2. Operasi Zebra Krakatau 2023 akan dilaksanakan 2 minggu

Ops Zebra Krakatau Digelar di Lampung, Ini Tips Biar Gak DitilangOperasi Zebra Krakatau 2023. (IDN Times/Istimewa).

Ia juga menyinggung pelaksanaan Pemilu 2024 akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Menurut Ini, mendekati agenda besar nasional tersebut ia berharap angka pelanggaran dan kecelakaan di Lampung bisa berkurang.

“Harapannya operasi ini bisa menurunnya angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, angka fatalitas, sehingga meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas khususnya diwilayah hukum Polda Lampung dan Jajaran,” jelas kapolresta. 

Operasi Zebra Krakatau 2023 ini akan dilaksanakan selama dua minggu atau 14 hari terhitung mulai 4 sampai 17 September 2023.

"Lakukan tugas operasi ini dengan baik, dengan berpegang pada pedoman standar operasional prosedur yang ada dalam setiap melaksanakan tugas dan utamakan faktor keamanan dan keselamatan,” tambah Ino. 

3. Pengendara diminta untuk mendukung program ini saat diminta untuk menunjukan identitas dan surat bermotornya

Ops Zebra Krakatau Digelar di Lampung, Ini Tips Biar Gak DitilangSosialisasi ETLE di titik Nol Kilometer, Kota Yogyakarta, Rabu (12/8/2020). IDN Times/Tunggul Damarjati

Wakil Kepala Polda Lampung, Brigjen Umar Efendi mengatakan, secara keseluruhan operasi ini melibatkan sekitar 686 personel. Ia berharap meski melakukan penertiban tapi - nantinya juga bisa melakukan tugas secara humanis.

”Kita lakukan secara humanis jadi perlu ada penegakan hukum. Jadi penindakan lebih ke tulisan secarik kertas dan memberikan teguran, karena itu dinilai lebih mengena ke pengendara yang melanggar,” katanya.

Selain itu ia juga menyampaikan penindakan juga bisa dilakukan melalui tilang elektronik atau ETLE, namun jika tetap ditemukan di luar ETLE bisa diberi teguran.

“Harapannya masyarakat atau pengendara juga bisa bekerja sama dengan mendukung program ini. Jadi saat diminta untuk menyiapkan dan melengkapi identitas diri oleh petugas kami boleh tunjukan saja seperti KTP, SIM atau, STNKnya,” katanya.

Baca Juga: Bandar Lampung Kini Punya 5 Mobil Khusus Jenazah, Gratis?

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya