Meski ASN WFH, Pelayanan Publik Pemkot Bandar Lampung Tetap Normal

Pelayanan publik Dukcapil Balam buka hingga pukul 15.00 WIB

Bandar Lampung, IDN Times - Meski 50 persen Aparatur Sipil Negara (ASN) telah melaksanakan Work Form Home (WFH) Sesuai imbauan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kantor Pelayanan Satu Atap (Satap) Pemerintahan Kota Bandar Lampung kembali beroperasi normal. 

Plt. Sekretaris Kota Bandar Lampung, Sukarma Wijaya juga mengatakan meski saat ini sebagian ASN melaksanakan WFH, pelayanan pemkot akan tetap berjalan secara maksimal.

“Surat dari Menpan RB itu memang sudah turun ke kita, kita ikuti itu. Tapi jangan khawatir untuk layanan publik tetap berjalan normal, karena kalau pelayanan ini kan khusus ya. Cuti pertama saja kita terapkan piket kok, jadi tidak ada masalah,” kata Sukarma, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Momen Idul Fitri, Ini Pesan Wali Kota Eva Dwiana kepada Warga

1. Antrean kantor pelayanan tidak terlalu padat

Meski ASN WFH, Pelayanan Publik Pemkot Bandar Lampung Tetap NormalKantor Pelayanan Dukcapil Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Dian, warga Kecamatan Panjang Bandar Lampung sedang berada di Kantor Pelayanan Satu Atap Pemkot Bandar Lampung mengatakan, sedang mengurus surat izin riset sebelum lebaran Idul Fitri 2022.

“Jadi hari ini tinggal ngambil (suratnya). Alhamdulillah lancar aja sih tadi ga terlalu ngantre juga. Soalnya saya udah dari lama juga kan naruh berkasnya," katanya.

Tidak hanya Dian, menurut pantauan IDN Times saat ini, pascaarus balik Lebaran, kantor pdlayanan publik di gedung satu atap sudah dipenuhi oleh masyarakat Kota Bandar Lampung yang hendak mengurus KTP, KIA, dan dokumen kependudukan lainnya. Terlihat kursi tunggu penuh dengan warga yang mengantre. 

2. Masyarakat lebih suka mengurus surat secara langsung

Meski ASN WFH, Pelayanan Publik Pemkot Bandar Lampung Tetap NormalKantor Pelayanan Dukcapil Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Dian juga menyampaikan, lebih menyukai mengurus dokumen kependudukan atau perizinan secara langsung ketimbang lewat online. Meski mengurus secara langsung ada waktu operasionalnya, berbeda dengan layanan online yang tak terbatas waktu.

“Lebih enak ngurus sendiri kayaknya, lebih sreg. Tapi sebenarnya saya belum tahu sih kalau capil sini ada layanan onlinenya,” katanya.

Ia juga mengatakan, meski sudah tahu ada layanan online melalui website resmi dukcapil atau bahkan aplikasi Permen Manis Dukcapil Kota Bandar Lampung, Dian tetap memilih pelayanan publik secara langsung.

3. Kantor pelayanan tetap buka sampai pukul 16.00 WIB

Meski ASN WFH, Pelayanan Publik Pemkot Bandar Lampung Tetap NormalKantor Pelayanan Dukcapil Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Diketahui menurut SE Nomor 440/2420/SJ tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Selama Masa Arus Balik Idul Fitri 1443 H, menetapkan 50 persen ASN harus melakukan WFH dan sisanya WFO.

Kemudian pegawai yang melaksanakan WFO juga harus diprioritaskan ASN yang telah mendapatkan booster atau vaksin COVID-19 dosis ketiga.

“Untuk kantor pelayanan satap sini, seperti biasa ya beroperasinya dari jam 8 pagi sampai sekitar jam 3 atau 4 sore. Tapi kan kita sudah ada online ya, masyarakat harapannya juga bisa kesana,” tambah Sukarma.

Baca Juga: Belum Ada Vaksin dan Obat Hepatitis Akut, Dinkes Hanya Imbau Prokes

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya