Lagi! Lahan Seluas 4 Hektare di Bandar Lampung Terbakar

Penyebabnya masih belum diketahui

Bandar Lampung, IDN Times - Lahan seluas sekitar 4 hektare di Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Sultan Agung Kelurahan Way Halim Permai Kecamatan Way Halim Bandar Lampung terbakar, Jumat (20/10/2023).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan mengatakan, lahan terbakar di areal sekitar Mall Transmart Lampung tersebut cukup luas sehingga memakan waktu sekitar 7 jam untuk pemadaman.

“Benar, kebakaran lahan di sekitar Way Halim atau dekat Transmart Lampung. Kami mendapat laporan itu pukul 11.23 WIB dan petugas langsung ke TKP dan semua areal berhasil dipadamkan pada pukul 19.25,” katanya, Jumat (20/10/2023).

Baca Juga: Dikepung Asap Hitam, KMP Tranship 1 Terbakar di Pelabuhan Bakauheni

1. Penyebab masih belum diketahui

Lagi! Lahan Seluas 4 Hektare di Bandar Lampung TerbakarKebakaran lahan di dekat Transmart Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Anthoni mengatakan, kebakaran lahan ilalang tinggi dan semak belukar tersebut masih belum diketahui penyebabnya. Pihaknya juga tidak bisa memprediksi karena wilayah itu bukan wilayah biasa dilewati masyarakat.

“Pemilik lahannya adalah PT Sinar Laut dengan luas sekitar 4 hektare dan tidak ada korban jiwa. Untuk penyebabnya juga masih belum diketahui ya tapi kemungkinan lahan kering seperti ini memang sangat mudah terbakar jika terkena sedikit saja sumber api,” jelasnya.

Ia mengatakan, laporan ini dilakukan oleh warga setempat ketika melihat asap tebal mengepul di area tersebut. Diketahui Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Sultan Agung merupakan jalan protokol Bandar Lampung sehingga dipadadi pengendara.

2. Menghabiskan 35 tangki air

Lagi! Lahan Seluas 4 Hektare di Bandar Lampung TerbakarKebakaran lahan di dekat Transmart Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Dalam aksi pemadaman kebakaran lahan kali ini, Anthoni mengatakan pihaknya mengerahkan sebanyak 20 personel dan lima unit mobil pemadam kebakaran.

“Satu unit mobil 010/Banteng 1 Mako Tendean, empat lainnya mobil damkar dari pos kecamatan yakni mobil karba Pos Siaga Kecamatan Way Halim, Kecamatan Sukabumi, Kecamatan Sukarame, dan Kecamatan Langkapura,” jelasnya.

Untuk memadamkan 4 hektare lahan tersebut, ia mengatakan tim menggunakan sekitar 35 tangki air dipasok dari PDAM Way Rilau.

3. Warga diimbau untuk berhati-hati dengan sumber api

Lagi! Lahan Seluas 4 Hektare di Bandar Lampung TerbakarKepala Dinas Damkar Bandar Lampung, Anthoni Irawan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Anthoni menjelaskan, kebakaran lahan di musim seperti ini memang banyak sekali terjadi. Apalagi lahan kosong tersebut memiliki vegetasi semak belukar atau ilalang sehingga kondisinya cukup kering.

“Memang rawan sekali terbakar. Jangankan dari sumber api, dari bekas rokok saja bisa terbakar. Jadi sebaiknya memang hindari apapun yang menyebabkan kebakaran di lahan seperti ini,” katanya.

Selain pemadaman pada wilayah-wilayah di Kota Bandar Lampung. Saat ini dinas damkar juga masih fokus memadamkan bara api di TPA Bakung di mana delapan hari pasca kebakaran, TPA tersebut masih mengeluarkan asap tebal. 

Baca Juga: DPRD Minta Wali Kota Turunkan Ego, Naikkan Status Kebakaran TPA Bakung

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya