Jumlah Pengguna Ambulans Gratis Sepanjang 2022 Menurun, Kok Bisa?

Ini kontak call center ambulans gratis Bandar Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Sejak 2016 Pemerintah Kota Bandar Lampung memiliki program inovatif pelayanan kesehatan berupa ambulans gratis untuk jemput antar pasien darurat ke seluruh tempat pelayanan kesehatan di kota setempat.

Plt. Dinas Kesehatan Bandar Lampung, Desti Mega Putri mengatakan, ambulans gratis ini juga siap melayani 24 jam jika masyarakat Kota Bandar Lampung membutuhkan pelayanan kesehatan secepatnya.

“Memang tujuannya itu, melayani pasien gawat darurat yang memerlukan penanganan cepat sehingga bisa mengurangi kasus kematian dan kecacatan pada pasien,” katanya, Minggu (5/3/2023).

1. Jumlah pengguna ambulans di Bandar Lampung

Jumlah Pengguna Ambulans Gratis Sepanjang 2022 Menurun, Kok Bisa?Ambulance gratis Bandar Lampung. (Instagram/dinkeskotabandarlampung)

Desti menyebutkan, sepanjang 2022 pengguna layanan ambulans gratis Pemkot Bandar Lampung ini mencapai 5.006 orang. Namun ternyata angka ini lebih rendah dari tahun sebelumnya yakni hingga 5.760 orang.

“Banyak ya yang pakai, ada yang karena mau melahirkan, kecelakaan lalu lintas juga kadang pakai ambulance ini, antar jenazah, dan pasien lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, pasien sakit merupakan pengguna tertinggi ambulans gratis sepanjang 2022 yakni sebanyak 3.509 pasien. Kemudian pasien lakalantas sebanyak 1.435 pasien, jenazah 44 mayat, dan 18 pasien melahirkan.

Baca Juga: Pemkot Bandar Lampung Minta Warga Beralih Bayar Pajak secara Cashless

2. Jumlah kunjungan pelayanan kesehatan 2022 meningkat

Jumlah Pengguna Ambulans Gratis Sepanjang 2022 Menurun, Kok Bisa?ilustrasi pasien di rumah sakit (IDN Times/Mardya Shakti)

Bertolak belakang dengan turunnya angka pengguna ambulans gratis, ternyata jumlah kunjungan tempat pelayanan kesehatan di Bandar Lampung meningkat dari 2021 ke 2022.

“Karena tidak semua pasien kan meminta bantuan ambulans gratis setiap sakit. Ada yang ke rumah sakit atau puskesmas menggunakan kendaraan pribadi atau ojol,” imbuhnya.

Kunjungan pasien ke rumah sakit selama 2022 di Bandar Lampung mencapai 28.953 orang. Meningkat sekitar 9.000 pasien dari 2021 yakni hanya 19.882 orang.

Begitupun untuk kunjungan pasien ke puskesmas di Bandar Lampung di 2022 mencapai 182.117 orang sedangkan pada 2021 hanya 158.755 orang.

3. NIK jadi syarat wajib berobat dan ambulans gratis

Jumlah Pengguna Ambulans Gratis Sepanjang 2022 Menurun, Kok Bisa?ilustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Hingga kini, Desti menyampaikan ada sebanyak 94 tempat pelayanan kesehatan di Bandar Lampung terdiri dari 13 rumah sakit, 31 puskesmas, dan 50 puskesmas pembantu tersebar di 20 kecamatan.

“Sekarang kan berobat sudah gratis ya di puskesmas maupan di rumah sakit baik rawat jalan maupun rawat inap. Tapi ya itu syaratnya harus ada KTP dan domisilinya Bandar Lampung untuk ambulance gratis juga butuh KTP,” imbuhnya.

Maka Desti menyayangkan beberapa masyarakat ternyata masih ada yang datang ke tempat pelayanan kesehatan tanpa membawa KTP karena belum memiliki NIK. Oleh karenanya ia mengimbau masyarakat untuk segera mengurus dokumen kependudukannya baik KK maupun KTP.

4. Call center ambulans gratis

Jumlah Pengguna Ambulans Gratis Sepanjang 2022 Menurun, Kok Bisa?Pixabay

Saat ini Pemkot Bandar Lampung memiliki 12 ambulans gratis siap operasional. Ia mengatakan ambulans ini bisa menjemput dan mengantar pasien dari rumah ke tempat pelayanan kesehatan maupun pasien yang memerlukan layanan rujukan lebih lanjut.

Kontaki call center ambulans gratis Bandar Lampung adalah 0822-788-1400. Sedangkan lokasi mobil ambulans ada di Bundaran Tugu Adipura, Kecamatan Enggal, Bandar Lampung.

Baca Juga: Yes! Bandar Lampung Tuan Rumah TTG Nusantara Digelar Juni 2023

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya