Jakcloth 2022 Bandar Lampung, Banjir Promo dan Festival Es Krim!

Tiket masuk gratis malah dapat makan, snack, dan souvenir!

Bandar Lampung, IDN Times - Tinggal dua hari lagi, Jakcloth 2022 Bandar Lampung bakal ada menu kreasi ice cream dengan harga serba Rp10.000!

Festival baju dan makanan lokal tahunan ini memang sedang berlangsung sejak 31 Agustus 2022 hingga 4 September 2022 di Lapangan Saburai, Enggal, Kota Bandar Lampung. Jakcloth mulai buka pada pukul 13.00 sampai 22.00 WIB.

Project Manager Jakcloth 2022 Bandar Lampung, Andri mengatakan Jakcloth memang sengaja memilih tema lokal untuk memamerkan sekaligus mempromosikan brand-brand lokal dari Lampung dan kota lain di Indonesia kepada khalayak ramai.

1. Tiket masuk gratis tapi dapat makan, snack, sampai souvenir!

Jakcloth 2022 Bandar Lampung, Banjir Promo dan Festival Es Krim!Jakcloth 2022 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Andri mengatakan untuk masuk ke Jakcloth 2022 Bandar Lampung, pengunjung tidak perlu membayar uang sepeserpun. Hanya berbekal diri dan handphone, kamu bisa masuk ke festival ini.

“Tiket masuknya gratis. Tapi untuk masuk itu pakai barcode. Nanti setelah discan barcodenya itu akan dialihkan ke Tokopedia. Jadi wajib punya aplikasi Tokopedia,” katanya, Jumat (2/9/2022).

Untuk yang belum mengerti, tidak usah khawatir. Karena kamu akan diarahkan oleh panitia di pintu masuk. Mereka akan dengan senang hati membantumu.

Setelah memindai barcode dan membeli tiket secara gratis. Kamu akan diberikan kupon makan dari bihunku sebanyak satu porsi, dan snack taro satu bungkus.

“Barcode yang di tiket itu nanti bisa ditukerin di booth souvenir. Kamu bisa pilih mau souvenir pin, pulpen, atau stiker,” katanya.

2. Ada 20 menu ice cream

Jakcloth 2022 Bandar Lampung, Banjir Promo dan Festival Es Krim!Jakcloth 2022 Bandar Lampung. (Instagram/Jakcloth).

Khusus pada akhir pekan atau 3-4 September 2022, Jakcloth 2022 Bandar Lampung akan menyediakan stand khusus kreasi ice cream harga serba Rp10.000.

“Support ice creamnya itu dari Walls. Jadi dijamin enak sih. Kita juga ada 20 menu ice cream yang kita kreasikan sendiri. Beberapanya itu ada ice kream ketan hitam, banana split, burger ice cream, dan coconut fiesta,” ujarnya.

Ia menjelaskan, festival es krim dilakukan hanya pada Sabtu dan Minggu dikarenakan ketersediaan es krim dari pihak sponsor hanya menyediakan untuk dua hari saja. Sehingga dipilihkan akhir pekan sekaligus hari penutup Jakcloth.

“Bagi yang sudah datang ke sini. Terus pas weekend mau datang lagi boleh banget. Pokoknya bisa datang berkali-kali ke Jakcloth Festival,” imbuhnya.

Baca Juga: 7 Merek Kopi Asli Lampung, Enak dan Terkenal!

3. Sebanyak 80 tenant bergabung ke Jakcloth 2022

Jakcloth 2022 Bandar Lampung, Banjir Promo dan Festival Es Krim!Jakcloth 2022 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Terkait jumlah tenant berpartisiapsi, Andri menyebutkan ada sekitar 80 brand dari berbagai kota bergabung di Lapangan Saburai. Kemudian dari puluhan merek dagang tersebut, 13 brand di antaranya berasal dari Lampung.

“Kalau brand dari kota lain itu ada dari Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, Solo, tapi paling banyak dari Bandung,” kata Andri.

Selain baju dan celana, Andri melanjutkan beberapa brand juga mengikutsertakan sepatu atau aksesori seperti tas bahu atau belt bag yang mendukung kegiatan fashion di acara ini.

4. Kalau sudah belanja, kamu bisa tebus murah

Jakcloth 2022 Bandar Lampung, Banjir Promo dan Festival Es Krim!Booth tebus murah di Jakcloth 2022 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Kemudian dari stand Tokopedia, kamu juga bisa tebus murah produk-produk fashion di sana lho! Tebus murah ini mulai dari Rp4.900 sampai Rp100 ribuan.

“Pertama pembeli harus transaksi dulu (membayar belanjaan) melalui aplikasi Tokopedia. Lalu nanti bisa ambil tebus murahnya di booth Tokopedia di Lapangan Saburai ini,” jelas Andri.

Sampai 1 September 2022 atau dua hari berjalan, Andri menyampaikan sudah ada sekitar 6.000 pengunjung yang tercatat datang ke Jakcloth 2022. Namun Ia tak bisa menampik angka itu masih jauh dari target karena Ia ingin sampai acara selesai jumlah pengunjung bisa berada di angka 20 ribu-30 ribu.

5. Siapkan uang parkir dan jajanan tenant makanan

Jakcloth 2022 Bandar Lampung, Banjir Promo dan Festival Es Krim!Jakcloth 2022 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Meski tiket masuk gratis, bagi kamu membawa kendaraan roda dua dan empat, tetap harus membayar ongkos parkir di area Lapangan Saburai ya! Tiket parkir ini Rp5.000 dan tidak dikenai charge untuk jam berikutnya.

Selain itu kamu juga bisa bawa uang lebih karena di dalam festival ini juga banyak tersedia tenant makanan seperti siomay, snack ayam taiwan ala Shihlin, takoyaki, bakso bakar, dan jasuke.

6. Kesan pengunjung dan penjual di Jakcloth Festival

Jakcloth 2022 Bandar Lampung, Banjir Promo dan Festival Es Krim!Stand Speakout di Jakcloth 2022 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Deden, salah satu pengunjung dari Bakauheni mengatakan dirinya memang sengaja jauh-jauh dari Lampung Selatan mampir ke Jakcloth di Bandar Lampung.

“Ini pertama kali ke sini, sengaja datang karena memang ada inceran barang sih, baju. Kalau ke sini kan biar bisa liat langsung barangnya dan sudah pasti original. Insya Allah mau kesini lagi,” katanya.

Sementara itu Wandi, salah satu kru brand Speakout dari Pringsewu, Lampung mengatakan, senang bisa bergabung di festival pakaian lokal ini. Ia mengaku semua produk Speakout semua original dan diproduksi sendiri.

Brand pakaian lokal ini mulai ada sejak 2017. Mereka sudah punya outlet sendiri di Sidoarjo Pringsewu, tapi mereka juga menjual secara online di Shopee ada WA. Nomor kontaknya bisa cek IG @speakout.store.

“Produk kita mulai dari 80 ribu sampai 250 ribu. Bedanya kita di sini tentu karena ada diskon. Kayak di depan ini produksi baru tapi kami banderol Rp150.000 per dua pieces. Kita juga ada topi harga normal 100, di sini l 70 ribu aja,” katanya.

Ia mengatakan standnya ini sifatnya menyewa. Untuk booth 3x3 meter, Wandi mengatakan biaya sewanya Rp6 juta untuk 5 hari. Sedangkan omzetnya selama dua hari kurang lebih sudah mencapai Rp7 juta.

Baca Juga: Ke Lampung, Jokowi Serahkan BLT dan Hadiri Pernikahan Anak Gubernur

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya