Comscore Tracker

HUT APEKSI 2022 akan Gandeng Muli Mekhanai jadi Tour Guide Wali Kota

Persiapan APEKSI tinggal 25 persen lagi

Bandar Lampung, IDN Times - Sekitar 25 persen lagi Pemerintah Kota Bandar Lampung bakal merampungkan persiapan kegiatan nasional HUT APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia). Kegiatan ini digelar di Bandar Lampung pada 27-29 Mei 2022.

Guna menyuksesakan acara, pemkot akan gandeng Muli Mekhanai Lampung sebagai tour guide. Hal itu disampaikan oleh Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana, Jumat (13/5/2022).

Ia berencana akan mengikutsertakan seorang tour guide untuk mengenalkan Bandar Lampung kepada para wali kota selama perjalanan dari Bandara Radin Intan II menuju tempat menginap.

“Bunda ingin ada pendampingan agar tamu kita ini tahu keadaan Bandar Lampung. Jadi selama perjalanan dari bandara ke Bandar Lampung nanti ada tour guidenya yang akan menginformasikan, bisa dari Muli Mekhanai kita atau juga dari paskibraka,” kata Eva.

1. Wali kota minta pejabat OPD hingga kelurahan ingatkan RT soal hal sepele sering terlupakan

HUT APEKSI 2022 akan Gandeng Muli Mekhanai jadi Tour Guide Wali KotaIlustrasi sampah di Gudang Lelang, Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Menurut Eva, perihal sampah masih dianggap sepele oleh banyak masyarakat. Padahal dari sampah sekecil bungkus permen itulah wajah kota akan dinilai.

Menjelang APEKSI ini, Eva meminta para pejabat kota, camat, hingga lurah untuk segera melaporkan jika terdapat penumpukan sampah kepada dinas lingkungan hidup kota, baik di jalan lingkungan, saluran drainase, maupun tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

“Camat lurah ini tolong juga ingatkan RT nya soal sampah. Lingkungan kita harus bersih karena kita akan kedatangan walikota-walikota seluruh Indonesia,” kata Eva Dwiana.

Baca Juga: Ini Rencana Lokasi dan Kegiatan Rakernis APEKSI Bandar Lampung 2022

2. UMKM Bandar Lampung masih punya waktu untuk menyambut APEKSI

HUT APEKSI 2022 akan Gandeng Muli Mekhanai jadi Tour Guide Wali KotaUMKM di Taman Wisata Kuliner Bung Karno Gatot Subroto Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Selain itu, APEKSI di Bandar Lampung juga diharapkan menjadi event meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang memiliki UMKM. Eva mengatakan, UMKM akan diikutsertakan mengisi berbagai stand baik itu di hotel-hotel tempat menginap, Graha Wangsa, maupun Taman Wisata Kuliner Bung Karno di Jalan Gatot Bubroto.

“Tidak boleh mengeluh dan patah semangat, persiapkan kesempatan kali ini, mudahan-mudahan secara bertahap keadaan (perekonomian) kita mulai membaik, situasi juga membaik dan pendapatan UMKM meningkat,” ujarnya.

Ia juga pastikan semua hotel, penginapan sudah akan penuh. Sehingga event ini akan sama besarnya seperti Muktamar NU tahun lalu. Ia juga berharap, masyarakat khususnya UMKM bisa memberikan pelayanan terbaik seperti keramah tamahan.

3. Persiapan sudah 75 persen

HUT APEKSI 2022 akan Gandeng Muli Mekhanai jadi Tour Guide Wali KotaWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana di Gedung Semergou. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Eva menyampaikan persiapan dari pemkot sendiri sudah sekitar 75 persen. Hanya tinggal menggodok lagi teknis pelaksanaan acara.

“Kalau kegiatan apa saja, pakaian, itu semua sudah. Tinggal pelaksanaannya bagaimana caranya untuk penempatan-penempatannya saja. Semua hotel di Bandar Lampung juga sudah (dikoordinasikan), tapi nanti khusus 98 walikota Insya Allah nginapnya di Novotel,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung, Adiansyah menambahkan, persiapan khususnya untuk ekspo sudah tidak terlalu sulit karena hanya mengimprovisasi apa yang sudah dilakukan pada saat Muktamar NU.

“Kalau di Apeksi nanti ada ekspo di Graha Wangsa karena ada pertemuan mereka (wali kota) di sana. Mirip seperti saat (Muktamar) NU kemarin lah kita akan bangun stan. Tapi tak hanya diisi oleh kita saja tapi juga stan kota seluruh Indonesia,” katanya.

4. Jadwal APEKSI 2022

HUT APEKSI 2022 akan Gandeng Muli Mekhanai jadi Tour Guide Wali KotaLogo APEKSI. (apeksi.id)

Dilansir dari laman apeksi.id, kegiatan dimulai 26 Mei 2022 yang merupakan tanggal kedatangan peserta APEKSI dan tamu acara HUT APEKSI 2022 di Bandar Lampung. Pada tanggal tersebut belum ada kegiatan khusus karena alias cara bebas dan City Tour.

Hari pertama, Jumat, 27 Mei 2022

  • Dimulai pukul 09.00 - 11.30 WIB dengan agenda Seminar Nasional Pemberdayaan UMKM melalui transformasi digital.
  • Setelah itu ishoma dan salat Jumat.
  • Pukul 14.00 - 16.30 WIB akan ada pembukaan Expo APEKSI.
  • Pukul 19.00 - 22.00 WIB adalah puncak perayaan HUT APEKSI 2022.

Hari kedua, Sabtu, 28 Mei 2022

  • dimulai pukul 06.00 - 08.00 dengan agenda gowes santai para wali kota.
  • Dilanjutkan Workshop Nasional Kemasan Ramah Lingkungan di Industri Makanan dan Minuman hingga pukul 15.00 WIB.
  • Disela-sela workshop tersebut 09.00 - 12.00 WIB akan ada kunjungan ke destinasi wisata (Lembah Hijau dan Puncak Mas) dan sentra UMKM di Bandar Lampung (keripik dan galeri).

Hari ketiga, Minggu, 29 Mei 2022

  • Penutupan ekspo dan pada hari itu wali kota dan delegasi dijawalkan pulang ke daerah masing-masing.

Baca Juga: APEKSI Semakin Dekat, Wali Kota Eva Datang ke Bogor Bertemu Bima Arya

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya