Hore! Koperasi Bandar Lampung Kini Bisa Pinjam Modal Bunga Nol Persen

Batas pinjaman maksimal Rp50 juta

Bandar Lampung, IDN Times - Setelah Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Pemerintah Kota Bandar Lampung kini berencana memberikan pinjaman modal usaha dengan bunga nol persen kepada anggota koperasi.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan itu dikarenakan koperasi merupakan salah satu badan usaha terdekat dengan masyarakat. Di Bandar Lampung sendiri ada sekitar 176 koperasi aktif dan masih memiliki anggota.

“Jadi yang anggota-anggota koperasi mau bikin usaha bisa pinjam ke koperasi. Supaya UMKM kita juga semakin banyak perlu dikembangkan juga maka kita coba bantu semua,” katanya, Senin (6/2/2023).

1. Koperasi bisa meminjamkan modal usaha hingga Rp50 juta

Hore! Koperasi Bandar Lampung Kini Bisa Pinjam Modal Bunga Nol PersenIlustrasi Modal. (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk pinjaman modal usaha dari koperasi ini, Eva Dwiana mengatakan pelaku usaha bisa meminjam hingga Rp50 juta. Menurutnya angka ini sudah cukup besar untuk UMKM yang memang hendak membangun usahanya.

“Kita berikan mulai dari 25 sampai 50 juta. Ini tanpa bunga tanpa agunan. Jadi sama kayak yang minjem di bank. Ya bunda berharap bisa membantu membesarkan usahanya," jelasnya.

2. Syarat meminjam modal usaha di koperasi

Hore! Koperasi Bandar Lampung Kini Bisa Pinjam Modal Bunga Nol PersenWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Syarat untuk melakukan pinjaman yakni pelaku harus bebas dari pinjaman manapun. Sehingga pelaku usaha tidak boleh terdaftar sebagai peminjam di bank manapun.

“Terus harus tanggung jawab. Makanya nanti ketua koperasinya mesti selektif nih. Mana-mana yang dipinjami yang tanggung jawab aja, karena pertanggung jawaban koperasinya ya ketuanya,” katanya.

Eva menjelaskan, pinjaman modal dengan bunga nol persen ini sebenarnya tidak ada. Namun bisa dilakukan karena bunga pada pinjaman modalnya disubsidi oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung.

3. Ada koperasi belum berkoordinasi dengan pemkot

Hore! Koperasi Bandar Lampung Kini Bisa Pinjam Modal Bunga Nol PersenKantor Pemerintahan Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

“Bunda yakin kalau ini berjalan dengan baik semua berjalan baik pemasukan koperasi juga bisa meningkat bisa maju dan sejahtera. Karena selain UMKM, Koperasi juga bisa meningkatkan ekonomi kita,” kata Eva.

Ia juga berharap, koperasi-koperasi nonaktif atau belum berkoordinasi dengan pemkot bisa segera melakukan pencatatan koperasinya ke Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandar Lampung di Gedung Pemkot Satu Atap.

"Karena masih ada nih yang belum koordinasi sama kita. Makanya bunda minta tolong agar koperasi-koperasi ini semua bisa koordinasi dengan baik karena kami selalu menerima masukan dan saran," imbuhnya.

4. Peminjam masih kurang, UMKM silakan datang ke dinas perindustrian kota

Hore! Koperasi Bandar Lampung Kini Bisa Pinjam Modal Bunga Nol PersenIlustrasi UMKM di Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Diketahui, Pemkot Bandar Lampung telah mencanangkan bantuan modal tanpa bunga kepada pemilik usaha atau UMKM di Bandar Lampung. Sebelumnya pemkot bekerja sama dengan Bank Mandiri, namun karena terkendala SDM dan sebagainya maka pemkot beralih ke Bank BNI.

Targetkan pemkot untuk memberikan pinjaman bunga nol persen adalah untuk di berikan kepada 1000 peminjam. Namun hingga kini masih terdapat tak lebih dari 100 peminjam yang terdaftar. 

"Semua bisa pinjam ini UMKM, pedagang gorengan, siapa saja boleh. Cuma ya syaratnya dia gak boleh punya pinjaman lain. Kalau mau tanya langsung saja ke dinas perindustrian kota,” katanya.

Baca Juga: Baru Soft Opening Angel's Wings Langsung Disegel Pemkot Bandar Lampung

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya