Duh! UMKM Tak Tahu Cara Pinjam Modal Tanpa Bunga ke Pemkot Balam

Pengelolaan UMKM di Bandar Lampung belum terorganisasi

Bandar Lampung, IDN Times - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bandar Lampung masih belum tahu cara melakukan peminjaman modal tanpa bunga yang digemborkan Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Hal ini disampaikan oleh Neng, salah satu pedagang makanan di UMKM Bung Karno Bandar Lampung ketika dihubungi IDN Times, Senin (14/2/2022).

Meski Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana sudah mengatakan akan melakukan peminjaman modal tanpa bunga, nyatanya mekanisme dan pengorganisasian sistem ini belum sampai ke telingan Neng.

“Gimana cara untuk minjam saya juga belum tahu. Padahal saya ingin sekali ajukan kalau bisa, mungkin sekitar 10-20 juta untuk modal," katanya.

1. Penataan UMKM

Duh! UMKM Tak Tahu Cara Pinjam Modal Tanpa Bunga ke Pemkot BalamUMKM Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Anggota DPRD Kota Bandar Lampung yang menjadi salah satu Panitia Khusus Raperda Pengelolaan Usaha Mikro, Rakhmad Nafindra mengatakan masih banyak masyarakat yang mengajukan masukan terkait pengelolaan UMKM oleh pemkot.

“Saya juga melihat selama ini pengelolaan UMKM oleh pemkot masih belum terorganisasi. Banyak masukan-masukan terkait hal itu dari UMKM ke kami,” kata Rakhmad

Ia mengatakan keluhan-keluhan dari UMKM tersebut di antaranya tentang bantuan modal dari pemerintah, dan syarat-syarat perizinan usaha.

Baca Juga: 13 Jajanan Dijual di Taman UMKM Bung Karno, Pengin Borong! 

2. Raperda Pengelolaan Usaha Mikro

Duh! UMKM Tak Tahu Cara Pinjam Modal Tanpa Bunga ke Pemkot BalamPenandatanganan 5 raperda Kota Bandar Lampung hari ini, 14 Maret 2022. (IDN Times/Istimewa).

Hari ini (14/2/2022) juga telah dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Bandar Lampung bersama Pemkot Bandar Lampung tentang agenda Pembicaraan Tingkat II Penyampaian Laporan Pansus dan Pengambilan Keputusan terhadap 2 raperda inisiatif Pemkot dan 3 raperda inisiatif DPRD.

Salah satu raperda insisiatif DPRD adalah Raperda Pengelolaan Usaha Mikro. Rakhmad mengatakan di dalam raperda tersebut mengatur mengenai perizinan UMKM agar lebih mudah.

“Selama ini kan, untuk mengurus izin UMKM susah, dan dalam perda ini nanti kami atur agar perizinan tersebut lebih memudahkan,” ungkapnya.

3. Jumlah UMKM Bandar Lampung

Duh! UMKM Tak Tahu Cara Pinjam Modal Tanpa Bunga ke Pemkot BalamUMKM Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Terkait pendataan UMKM di Bandar Lampung juga masih belum terintegrasi dalam satu wadah. Seperti ada UMKM yang terdata melalui dinas UMKM dan koperasi, ada juga yang terdata di dinas perindustrian.

Dari data yang diberikan kedua dinas tersebut, sampai akhir Desember 2021, jumlah UMKM di Dinas UMKM dan Koperasi Kota Bandar Lampung terdata sekitar 31.345 UMKM, sedangkan di Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung terdata sebanyak 612 UMKM.

Dari kedua dinas ini juga mengatakan bahwa pihaknya belum secara penuh melakukan pendataan terhadap UMKM di Bandar Lampung.

4. Pinjaman tanpa bunga

Duh! UMKM Tak Tahu Cara Pinjam Modal Tanpa Bunga ke Pemkot BalamWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menanggapi, pemkot saat ini juga masih mendata perihal UMKM yang akan didaftarkan pada program pinjaman tanpa bunga tersebut.

“Iya kita lagi data. Insya Allah respon Bank Mandiri baik, semoga ini cepat terealisasi dan kedepannya sudah bisa kita laksanakan,” kata Eva.

Ia juga mengatakan dalam program tersebut, pegiat UMKM dapat melakukan pinjaman tanpa bunga hingga Rp50 juta tergantung besar usahanya. Untuk usaha angkringan bisa meminjam Rp15-20 juta, dan pedagang gorengan Rp2-5 juta.

Baca Juga: PTM 100 Persen SD dan SMP Bandar Lampung Digelar Pekan Depan?

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya