Data Pribadi 5 Pejabat & Publik Figur Ini Diretas Bjorka, Ini Pesannya

Bjorka sampaikan pesan menyentil!

Bandar Lampung, IDN Times - Hingga kini (11/9/2022), sudah ada 5 nama pejabat hingga publik figur yang identitasnya di retas oleh hacker kontroversial Bjorka.

Dunia maya sempat heboh dengan kemunculan seorang hacker yang menyebut dirinya bernama Bjorka. Hal itu lantaran Bjorka mengklaim telah meretas dan mendapatkan 150 juta data penduduk Indonesia yang berasal dari data KPU RI.

Tak hanya itu, Bjorka juga ternyata memang sudah pernah melakukan hal serupa yakni terkait kebocoran data IndiHome. Sehingga ia telah memiliki 26 juta histori browsing pelanggan IndiHome. Data itu mencakup keyword, email, nama, jenis kelamin, hingga Nomor Induk Kependudukan.

Selain itu ua juga pernah mengklaim memiliki 1,3 miliar data berukuran 87GB dari data registrasi Simcard Prabayar di Indonesia. Di sana terdapat NIK, nomor telepon, operator seluler, hingga tanggal registrasi.

Baru-baru ini, Bjorka kembali melancarkan aksinya dengan mengekspos data pribadi milik beberapa pejabat hingga publik figur beserta pernyataan menyindir kepada orang-orang tersebut. Inilah 5 pejabat dan publik figur tersebut.

1. Menkominfo Johnny Gerard Plate

Data Pribadi 5 Pejabat & Publik Figur Ini Diretas Bjorka, Ini PesannyaMenkominfo Johnny G Plate (ANTARA News/Wahyu Putro A)

Pertama Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Johnny Gerard Plate. Bjorka sempat memposting tulisan “Stop Being An Idiot” usai Menkominfo melarang Bjorka untuk melakukan peretasan di Indonesai melalui media.

Namun dua hari berselang setelah postingan itu tepatnya pada 10 September 2022, Bjorka langsung memposting data pribadi milik Johnny lengkap mulai dari nomor handphone, nama lengkap, jenis kelamin, NIK, Nomor KK, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, pendidikan terakhir, agama, golongan darah, status dalam keluarga, nama orang tua, nama istri, hingga status vaksin.

Bersama dengan postingan itu Ia mengatakan “Happy Birthday Johnny Johnny Yes Papa,” tulisnya dalam akun twitternya @bjorkanism.

2. Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan

Data Pribadi 5 Pejabat & Publik Figur Ini Diretas Bjorka, Ini PesannyaCth: Instagram

Setelah Johnny, Pada 11 September 2022 pukul 09.47 WIB data pribadi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi, Semuel Abrijani Pangerapan juga berhasil diretas oleh Bjorka.

Sama seperti sebelumnya, Bjorka juga memposting nomor handphone, nama lengkap, jenis kelamin, NIK, Nomor KK, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, pendidikan terakhir, agama, golongan darah, status dalam keluarga, nama orang tua, nama istri, hingga status vaksin milik Semuel.

Ia hanya menuliskan tulisan pendek pada postingannya kali ini yaitu “gm sir (Pak GM)”.

Baca Juga: 7 Brand Kaus Distro Asli Lampung Paling Populer!

3. Ketua DPR RI, Puan Maharani

Data Pribadi 5 Pejabat & Publik Figur Ini Diretas Bjorka, Ini Pesannyagoogle

Tak berselang lama, hanya beberapa menit dari postingan sebelumnya, Bjorka juga berhasil meretas informasi pribadi Ketua DPR RI Puan Maharani. Tak hanya itu, Bjorka juga menyindir putri dari Presiden RI ke-5 RI tersebut.

“How are you madam? How does it feel to celebrate a birthday when many people are protesting about the price of fuel right in front of your office?” tulisnya yang artinya: Apa kabarmu Bu? Bagaimana rasanya merayakan hari ulang tahun ketika banyak orang sedang protes tentang kenaikan BBM di depan kantormu?

4. Menteri BUMN, Erick Thohir

Data Pribadi 5 Pejabat & Publik Figur Ini Diretas Bjorka, Ini PesannyaMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Setelah itu, Erick Thohir juga tak lepas dari sasaran Bjorka untuk disebarkan identitas pribadinya. Sama seperti sebelumnya, Bjorka memampang mulai dari nomor handphone hingga status vaksin pria asal Lampung ini.

Bjorka kemudian menulis beberapa kalimat menyentil untuk Erick Thohir dengan bahasa Inggris terkait rencana Menteri BUMN itu untuk mencalonkan diri pada Pilpres 2024.

“How are you sir? You should work instead of going around doing unimportant things. Trust me, you will never be president, don’t waste your time. Don’t you care about the current price of fuel?” katanya.

Yang artinya: Apa kabarmu Pak? Kamu seharusnya bekerja saja, ketimbang berkeliling-keliling melakukan hal tak penting. Percaya padaku, kamu tidak akan jadi presiden, jangan buang waktumu. Tidak kah kamu peduli dengan harga BBM sekarang?

5. Penulis dan Influencer, Denny Zulfikar Siregar

Data Pribadi 5 Pejabat & Publik Figur Ini Diretas Bjorka, Ini PesannyaDenny Zulfikar Siregar. (Google)

Terakhir ada Denny Zulfikar Siregar. Ia merupakan seorang penulis, pegiat media sosial sekaligus publik figur yang aktif mendukung Joko “Jokowi” Widodo baik sebelum maupun setelah menjabat presiden.

“How does it feel to live using tax money from Indonesian people but instead you use the internet to polarize people,” tulis Bjorka bersamaan dengan postingan data pribadi Denny Siregar.

Tulisan itu ditujukan oleh Bjorka untuk sang pemilik data yakni Denny yang artinya: Bagaimana rasanya hidup menggunakan uang pajak dari orang Indonesia tapi kamu malah menggunakan internet untuk polarisasi (memecah masyarakat dalam menyikapi isu politik) orang?

Itulah 5 pejabat dan publik figur yang identitas pribadinya disebarkan oleh Bjorka disertai kalimat-kalimat menyindir khasnya. Saat ini akun twitter Bjorka yakni @bjorkanism telah diblokir oleh Twitter.

Baca Juga: Kisah Penarik Bentor Terimbas Harga BBM, Ongkos Naik, Pelanggan Kabur

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya